Bali Gaya Hidup

Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Bali Ini?

fakta unik tentang bali - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : ebalitour

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagi kalian mungkin Bali bukan lagi tempat yang rahasia untuk dikunjungi. Pulau surga yang satu ini sudah beberapa kali dinobatkan sebagai tempat liburan terbaik di dunia versi majalah manapun. Keindahan Bali memang tidak hanya terletak pada pantai dan bawah lautnya, namun juga budaya dan kuliner yang luar biasa tentunya. Tidak sedikit juga sahabat explorer, orang yang awalnya hanya berlibur ke Bali, pada akhirnya jatuh cinta dan mau menetap di sana. Entah mengapa Bali begitu menyenangkan bagi siapapun yang sudah pernah mengunjunginya. Mulai dari banyaknya upacara-upacara agama yang menjadi tontonan para turis, tarian, dan juga festival adat lainnya yang sangat meriah. Namun, apakah kalian tahu beberapa fakta unik tentang Bali yang akan kami bahas ini?

Fakta Unik Tentang Bali

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai fakta unik tentang Bali yang mungkin belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Sebagai pulau yang memang bisa dibilang tempatnya para turis, maka banyak hal yang terpendam. Maksudnya, kebanyakan orang hanya tahu Bali sebagai tempat wisata saja, namun ada beberapa fakta yang unik dibalik itu semua. Baik berkaitan dengan pariwisata, atau dalam hal lainnya. Bagi kalian yang belum tahu, mungkin ini bisa menjadi informasi yang baik untuk kalian sahabat explorer. Mari langsung kita simak ulasannya yuk!

Baca Juga : Apa Sih Kira-Kira Yang Bisa Menyebabkan Komodo Itu Punah?

1. Pulau Dengan Populasi Anjing Terbesar di Indonesia

Fakta unik tentang Bali yang pertama adalah Bali sebagai pulau dengan populasi anjing paling besar di Indonesia. Mengapa? Wajar saja, hampir setiap orang di Bali memelihara anjing di rumahnya. Tujuannya adalah sebagai anjing penjaga sahabat explorer.

Jika kalian jalan-jalan ke Bali pasti sering deh melihat anjing berkeliaran, jadi wajar saja jika Bali disebut sebagai pulau dengan populasi anjing terbesar di Indonesia tersebut. Bahkan ada satu ras dari Bali yang sangat terkenal sahabat explorer, yaitu anjing Kintamani. Siapa nih dari kalian yang pecinta anjing pernah memelihara jenis anjing yang satu ini?

2. Sistem Subak Bali Menjadi Situs Warisan UNESCO

Fakta unik tentang Bali yang selanjutnya adalah sistem subak di Bali yang menjadi situs warisan UNESCO. Subak merupakan sebuah organisasi pengelolaan sawah di Bali yang menggabungkan harmonisasi antara hubungan Tuhan, manusia dan juga alam sekitar. Sistem sawah ini sudah sangat umum di Bali sahabat explorer, jika kalian melihat sawah berundak ya itulah yang disebut dengan sistem subak. Ternyata, sistem subak ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO loh sahabat explorer. Keren banget kan? Sistem ini dianggap menjadi warisan penting untuk keberlangsungan hidup umat manusia dari sisi teknologi pertanian dan juga penyediaan bahan pangan. Wah, salut banget deh buat Bali! Setuju gak sahabat explorer?

3. Pulau Dengan Hari Libur Terbanyak di Indonesia

Fakta unik tentang Bali yang selanjutnya adalah, bahwa pulau ini menjadi pulau dengan hari libur yang terbanyak di Indonesia. Wah, kayaknya kalau kerja atau kuliah di Bali bakalan banyak dapat libur nih! Mau pindah gak sahabat explorer?

Tentunya ini dikarenakan Bali memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang banyak sahabat explorer. Total ada 21 hari libur di Bali bila ada kegiatan upacara agama dan upacara adat lainnya. Hari raya itu meliputi Pagerwesi, Saraswati, Siwaratri, Tawur Kesanga-Nyepi-Ngembak Geni serta Galungan dan Kuningan. Tuh kan banyak banget! Siapa yang minat menjadi warga Bali? 😀

4. Patung Garuda Wisnu Kencana Menjadi Yang Tertinggi Kedua di Dunia

Fakta unik tentang Bali yang selanjutnya adalah patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana yang belum lama ini diresmikan, menjadi patung tertinggi di Indonesia. Bukan hanya itu saja sahabat explorer, patung ini bahkan menjadi kedua tertinggi di dunia dan mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat loh!
Patung ini dibuat oleh seniman Bali yaitu Nyoman Nuarta yang sudah sangat terkenal, dan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada bulan September 2018 yang lalu. Siapa nih yang belum mengunjungi tempat ini? Instagramable banget loh!

Keunikan lainnya adalah, bahwa pembuatan patung ini memakan kurang lebih 28 tahun loh sahabat explorer! Luar biasa banget kan ya!

Nikmati Bali Bersama YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa fakta unik tentang Bali yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar