Gaya Hidup

Ingin Serius Menjadi Diver? Kalian Membutuhkan Gear-Gear Ini!

gear untuk diving - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : theadventurejunkies

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang dikelilingi oleh lautan yang luas dan juga indah. Tidak heran jika 25% atau sekitar 4.000 spesies ikan ditemukan di perairan kita. Tentunya, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri atas kekayaan alam yang kita miliki. Indonesia tidak hanya dinikmati di bagian daratnya saja, bagian bawah lautnya juga tidak kalah menakjubkan. Bagi kalian yang pernah snorkeling atau berenang di tepi pantai, tidak ada salahnya untuk mencoba yang namanya diving. Kalian tidak usah takut, diving tidak seseram yang ada di bayangan kalian kok. Justru ini lebih menyenangkan lagi daripada snorkeling. Bawah laut itu banyak menyimpan rahasia yang tentunya sangat indah dan belum pernah kalian lihat sebelumnya. Seperti spesies ikan yang langka, atau berbagai jenis terumbu karang yang unik. Gear untuk diving memang terlihat sangat kompleks, namun itu semua demi keamanan kalian saat menyelam. Dijamin, kalian tidak akan menyesal setelah melakukan kegiatan yang satu ini.

Gear Untuk Diving

Biasanya, kegiatan yang satu ini digemari oleh wisatawan asing yang memang sudah profesional dalam bidangnya. Namun, sekarang-sekarang wisatawan domestik juga sudah mulai menyukai kegiatan diving ini sendiri. Keindahan bawah laut Indonesia sudah terkenal cantik sahabat explorer, apalagi di Raja Ampat, yang memang mendapat julukan The Last Paradise on Earth. Jika kalian ingin menggeluti hobi yang satu ini, maka Raja Ampat dan Bunaken merupakan spot wajib yang harus kalian kunjungi. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai Gear untuk Diving yang harus kalian miliki dan pahami sebelum benar-benar menyelam. Gear ini memiliki kegunaannya masing-masing agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kalian di bawah laut sana. Langsung simak ulasannya ya!

Baca Juga : Liburan Ke Pantai Bersama Keluarga? Wajib Packing Barang Ini Ya!

1. Sertifikat

gear untuk diving - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : scubamania

Gear untuk diving yang pertama ini memang bukan dalam bentuk alat nih sahabat explorer. Namun kalian membutuhkan yang namanya sebuah sertifikat diving. Karena ada beberapa tempat yang memang membutuhkan benda yang satu ini agar kalian bisa diving. Seperti di Taman Nasional Komodo, dan Raja Ampat.

Cara mendapatkannya adalah dengan mengikuti sebuah kursus selama 3-4 hari. Kalian akan diberikan teori dasar di kolam renang atau laut dangkal, lalu orientasi alat, dan satu kali pengalaman diving ditemani oleh profesional.

Kalian akan di tes kemampuan dasar seperti melepas masker di dalam air dan juga mouthpiece. Memang terdengar sulit dan juga menyeramkan ya sahabat explorer. Namun, setelah kalian mendapatkan sertifikat ini, maka kalian sudah bisa melakukan diving dimanapun bahkan di luar negeri misalnya di Karibia.

Penting sekali untuk memiliki sertifikat ini sahabat explorer. Manfaat lainnya adalah kalian juga mempelajari hal-hal dasar mengenai diving, dengan demikian itu menjadi hal yang sangat penting bagi kalian yang belum profesional. Banyak kok tempat kursus dan sertifikasi diving ini, terutama di wilayah Bali, karena memang sudah terkenal banyak spot diving di sana.

2. Buoyancy Control Device (BCD)

gear untuk diving - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : scubadivingearth

Gear untuk diving yang selanjutnya adalah memiliki Buoyancy Control Device. BCD adalah sebuah jaket yang biasa dipakai oleh para penyelam. Selang inflator, menyambungkan BCD dengan tangki oksigen. Lalu, terdapat dua tombol inflate dan deflate pada BCD supaya para penyelam bisa mengatur tekanan udara yang tepat, sehingga tubuh bisa lebih seimbang saat berada di dalam air.

Semakin banyak udara di dalam jaket, maka badan kalian akan naik. Sedangkan semakin sedikit udara yang ada di dalam jaket, maka badan kalian akan turun. Oleh karena itu, kalian harus menemukan titik netral dimana kalian dapat bergerak bebas layaknya astronot di luar angkasa. Tentunya, alat yang satu ini sangat penting untuk dimiliki setiap penyelam nih sahabat explorer. Fungsinya banyak banget, dan kalian bisa mempelajari lagi lebih lanjut saat membelinya.

3. Depth – Pressure Gauge – Watch

gear untuk diving - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : beuchat

Gear untuk diving yang selanjutnya adalah Depth Pressure Gauge dan Watch. Depth Gauge membantu para penyelam untuk mengetahui level kedalaman mereka saat berada di bawah air. Pada saat kelas sertifikasi, kalian juga akan belajar bahwa pada saat kedalaman tertentu, kalian hanya punya waktu yang singkat. Itu semua dikarenakan kadar nitrogen, oleh karena itu penting sekali untuk selalu memiliki perencanaan yang mencakup seberapa jauh kalian akan menyelam.

Depth Gauge sepaket dengan Pressure Gauge, yang akan membaca berapa sisa oksigen dalam tangki. Demi alasan keamanan, kalian jangan pernah menghabiskan isi tangki tersebut. Dan bukan berarti jika kalian memiliki sisa oksigen kalian bisa lebih lama di bawah air.

Yang terakhir adalah jam anti air yang bisa tahan hingga kedalaman 150 kaki. Ini sebenarnya jam biasa yang hanya mengatur waktu kalian sudah berapa lama di dalam air. Karena pada saat semakin dalam, maka akan sulit membaca waktu dengan sinar matahari yang semakin menipis karena semakin dalam.

4. Pemberat

gear untuk diving - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : scubadivingsurabaya

Gear untuk diving yang selanjutnya adalah pemberat. Tentunya benda yang satu ini sangat penting sahabat explorer. Sejatinya, jika tidak ada pemberat, maka kalian tidak akan bisa menyelam, alias mengapung di permukaan.

Pemberat terbagi menjadi beberapa macam, ada yang berupa ikat pinggang seperti di gambar dan ada juga yang sudah terintegrasi di dalam BCD.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemberat, seperti jenis kelamin, tempat menyelam apakah air asin atau air payau, dan juga ketebalan pakaian selam. Jadi, sebelum membelinya, kalian perhatikan terlebih dahulu faktor-faktor yang disebut ya sahabat explorer.

Penting Untuk Memiliki Alat Tersebut Untuk Menjadi Diver!

Sahabat explorer, itulah beberapa Gear untuk diving yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian untuk dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar