Gaya Hidup

Apa Sih Yang Disukai Turis Asing di Indonesia?

hal yang disukai turis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : phinemo

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sekarang-sekarang ini pariwisata Indonesia sedang gila-gilanya diminati oleh turis asing. Mulai dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Laos, hingga ke benua Amerika dan juga Eropa. Banyak masyarakat dari seluruh negara di dunia, tertarik untuk mengunjungi Indonesia. Mereka ingin menikmati liburan panjang di negara yang memiliki iklim tropis ini, terutama di Bali. Sekarang, kalau kalian berkunjung ke Bali, sudah tidak ada lagi yang namanya musim libur atau bukan musim libur. Kapanpun, kalian akan selalu melihat turis asing di Bali. Hal ini tentu berdampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat Bali dan juga Indonesia. Sektor pariwisata memang menjadi salah satu kekuatan ekonomi utama di Indonesia. Ada banyak hal yang disukai turis di Indonesia yang membuat mereka rela datang jauh-jauh ke sini.

Hal Yang Disukai Turis di Indonesia

Tidak hanya di Bali saja, destinasi wisata seperti Raja Ampat, Labuan Bajo, Mentawai, Yogyakarta dan lainnya, juga tidak kalah menarik. Banyak turis-turis mancanegara yang lebih memilih mengunjungi tempat tersebut dibandingkan Bali. Karena apa? Tentu saja karena keindahan panorama pantai dan gunung yang dimiliki. Keunikan budaya juga tidak kalah menarik untuk menjadi alasan mereka berkunjung ke Indonesia. Mereka saja rela bayar mahal-mahal untuk mempelajari budaya mereka, lalu kenapa kita malu dengan budaya sendiri? Itu yang menjadi pertanyaan terbesar dikalangan masyarakat Indonesia khususnya anak-anak muda zaman ini. Mereka justru terpengaruh budaya barat, dimana ironisnya orang-orang barat sendiri sedang gemar-gemarnya mempelajari budaya kita. Namun, kira-kira apa sih hal yang disukai turis di Indonesia tersebut? Mari langsung kita simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh tentang Kampung Warna-Warni di Malang

1. Cuaca

hal yang disukai turis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Hal yang disukai turis di Indonesia yang pertama tentu adalah cuaca. Menikmati liburan musim panas, mereka tentu akan memilih negara yang memiliki iklim cuaca tropis. Indonesia adalah pilihan yang paling tepat bagi mereka untuk menghabiskan waktu liburan. Indonesia selalu dihiasi dengan cuaca yang panas dan serpuan angin yang bikin betah.

Tidak heran jika Bali selalu ramai dikunjungi, karena Pulau Dewata memiliki kriteria yang sangat cocok untuk disinggahi para turis. Selain itu, mereka juga gemar untuk menggelapkan warna kulit, jadi tidak heran jika banyak bule yang berjemur di pinggir pantai pada saat sore hari. Mungkin karena mereka ingin terlihat lebih eksotis, maka dari itu mereka berjemur di pantai. Sebenarnya, di wilayah manapun di Indonesia memang memiliki iklim tropis, namun banyak dari mereka yang memilih Raja Ampat atau Bali dikarenakan memiliki berbagai macam pantai dan aktivitas bahari yang sangat menarik.

Kira-kira kalian sendiri sebagai warga lokal bagaimana nih? Bosan dengan iklim tropis atau engga? 😀

2. Budaya dan Kesenian

hal yang disukai turis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gnfi

Hal yang disukai turis di Indonesia yang selanjutnya adalah Budaya dan juga keseniannya. Salah satu hal yang memang menarik perhatian mereka adalah keunikan budaya tersebut. Tidak heran jika galeri-galeri atau panggung kesenian di daerah tersebut ramai dikunjungi oleh para turis. Dengan tujuan belajar, mereka tidak segan-segan untuk terjun langsung dan berinteraksi dengan para ahlinya.

Seperti pengalaman penulis saat berkunjung ke Bali, dan mengunjungi salah satu sanggar tari di Batuan, Sukawati. Kagetnya, kebanyakan murid di sanggar tersebut adalah bule-bule atau turis mancanegara yang berasal dari luar Indonesia. Bahkan, sanggar tersebut tidak pernah kehabisan murid loh, selalu ada saja yang datang dan latihan. Hal ini sungguh membanggakan penulis, karena budaya Indonesia terbukti banyak diminati dan juga menarik perhatian dunia.

Sanggar tari tersebut juga sudah sering mentas di luar negeri, mungkin salah satu faktor pendukung bagi para turis ialah kegiatan seperti itu. Jadi, jangan malu dengan budaya kita sendiri ya sahabat explorer!

3. Kuliner

hal yang disukai turis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : cashbac

Hal yang disukai turis di Indonesia yang selanjutnya adalah kuliner. Tentu saja rasa makanan kita ini sangat berbeda dengan mereka yang ada di luar Asia. Terutama bagi mereka orang Eropa, pasti akan keheranan dengan sajian kuliner Indonesia yang memiliki banyak varian. Rasa makanan yang gurih, pedas, dan juga asam menjadi keunikan sendiri bagi turis mancanegara.

Belum lagi, sajian-sajian khas seperti Sate, Ayam Geprek, dan juga Mie Instan yang sudah melegenda. Semua jenis kuliner ini tentu sangat bikin mereka ketagihan, apalagi bagi mereka yang menyukai makanan pedas. Saat berkunjung ke Bali, pasti mereka akan sangat suka mencicipi yang namanya Ayam Betutu khas Bali. Apalagi jika mencicipinya di restoran tertua dan bahkan yang pertama menyajikan Ayam Betutu di Bali. Simak videonya di bawah ya sahabat explorer!

4. Kopi

hal yang disukai turis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gnfi

Hal yang disukai turis di Indonesia yang selanjutnya adalah ini nih, sudah jelas kan? Kopi! Tentu saja, penulis sangat setuju dengan hal ini. Kenapa? Indonesia merupakan salah satu dari 5 negara penghasil kopi terbaik di dunia. Tidak heran, jika kopi Indonesia ini sering menang kontes kejuaraan cita rasa kopi internasional. Tahun 2017 yang lalu, Kopi Gayo khas Aceh lagi-lagi memenangkan kontes kopi tersebut. Oleh karena itu, banyak sekali turis mancanegara yang berkunjung untuk mencicipi sajian nikmat dari minuman yang satu ini.

Kopi Indonesia memang beragam, beda daerah beda juga rasa kopinya. Oleh karena itu, banyak turis yang berkunjung hanya untuk sekedar coffee tour, dan berwisata sejenak. Mereka aja suka kopi kita, kenapa kita enggak?!

Kenali Budaya Indonesia Lebih Dalam

Sahabat explorer, itulah kira-kira hal yang disukai turis di Indonesia yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman unik kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar