Gaya Hidup

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id
image source : upstation.id

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, banyak dari kita yang pastinya hobi untuk makan, atau bahkan menyukai kegiatan food travel, alias kulineran. Kegiatan ini memang mengasyikkan nih sahabat explorer. Kita menjadi lebih tahu lagi beragam makanan nikmat dan unik yang ada di sekitar kita. Belum lagi, pastinya kegiatan ini akan membuat penuh perut kita. Jadi, setelah jalan-jalan kulineran ya enaknya langsung tidur di rumah. Tapi kalian tau ga sih, ada beberapa hal yang ternyata sangat tidak baik dilakukan setelah makanan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita! Kegiatan tersebut bahkan tidak kita sadari sudah kita lakukan dari dahulu. Jadi, buat kalian yang hobi makan dan belum mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan ini wajib banget untuk simak penjelasannya nanti.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan Harus Diperhatikan Dengan Serius

Agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan risiko kesehatan lainnya, alangkah baiknya kita memperhatikan hal berikut ini.

1. Merokok

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id

image source : hellosehat.com

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan yang pertama adalah merokok. Buat sahabat explorer yang memang perokok, pasti kegiatan ini adalah kegiatan yang paling sering dilakukan. Terkadang sampai ke sugesti kita bahwa kalo setelah makan, nggak ngeroko itu rasanya kurang nendang! Entah mitos dari mana, tetapi udah bukan hal yang lazim kegiatan ini dilakukan sehari-hari. Seperti yang dilansir oleh sehat-natural.com, efek merokok setelah makan itu ternyata lebih berbahaya dari pada kegiatan merokok lainnya loh sahabat explorer.

Hal ini disebabkan merokok setelah makan itu dapat meningkatkan peredaran darah pada sistem pencernaan kita. Oleh karena itu, kandungan zat jahat pada rokok tersebut akan dengan mudah diserap oleh darah kita. Tentunya, hal ini akan berdampak sangat buruk bagi tubuh kita terutama di organ-organ vital. Seperti jantung koroner, paru-paru, usus, ginjal, dan sebagainya. Tuh sahabat explorer, dikurang-kurangin ya ngerokok abis makannya. Ga abis makan aja bahaya, apa lagi abis makan :D.

2. Tidur

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id

image source : perawatilmiah

Ngaku deh, banyak deh pasti dari kalian yang kalo abis makan itu ngantuk, terus akhirnya kalah sama ngantuknya dan jadinya tidur deh :D. Bener kan sahabat explorer? Emang sih, setelah perut kenyang, seakan semua masalah udah selesai. Pada akhirnya tidur pun akan menjadi sebuah kenikmatan yang tiada taranya. Tapi tau ga si sahabat explorer, kalo kegiatan ini dapat berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita. Kalau menurut halosehat.com , tidur setelah makan itu salah satunya akan menyebabkan kita obesitas. Kenapa? simple aja nih sahabat explorer, karena kalori yang masuk  ke dalam tubuh kita tidak akan terbakar apabila kita tidak melakukan kegiatan fisik apapun. Malah akan menjadi lemak yang menumpuk sehingga badan kita terlihat sangat melar nantinya.

Lalu yang ke dua adalah Acid Reflux, yaitu kondisi di mana zat asam lambung dalam tubuh akan naik ke area kerongkongan kita. Nantinya, ini akan menimbulkan efek perih atau sakit tenggorokan ketika kita bangun dari tidur. Hal ini tentunya disebabkan sehabis makan kita langsung berbaring. Saat kita makan itu zat asam lambung akan bekerja, tetapi, kalo kita langsung tiduran ya jadinya zat asam tersebut akan naik ke atas hingga ke tenggorokan kita. Inget ya, ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan loh. Jadi, better ditahan ngantuknya ya sahabat explorer :D.

3. Makan Buah

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id

image source : xmaty

Mungkin hal ini memang mengagetkan ya sahabat explorer, karena yang kita tahu buah itu menyehatkan banget bagi tubuh kita. Namun, di luar fakta tersebut, buah yang kita konsumsi itu akan berdampak buruk bagi kesehatan.  Hal itu terjadi apabila kita makan setelah kita makan berat (makan nasi atau apapun yang berkalori tinggi). Kenapa kaya gitu ya? Padahal enak banget kalo abis makan tuh kita  nonton tv sambil ngupas kulit jeruk, jeruknya kita buang lalu kulitnya kita makan :D. Faktanya adalah, bahwa memakan buah setelah makan itu akan menyebabkan masalah terhadap gas. Tentunya hal ini akan mengganggu proses pencernaan makanan yang sebelumnya kita konsumsi. Jadi, sabar dulu ya sahabat explorer, kasih pencernaan kita waktu istirahat sebentar setelah kita makan :D.

4. Jalan-Jalan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id

image source : vemale.com

Memang udah paling bagus setelah makan itu kita duduk manis berdiam diri aja ya sahabat explorer. Bahkan berjalan-jalan terlalu banyak setelah makan juga dapat mengakibatkan buruknya kesehatan kita. Faktanya, bahwa berjalan-jalan setelah makan dapat mengakibatkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi secara sempurna dari makanan yang kita konsumsi. Juga untuk lansia, hal ini juga dapat menyebabkan lemahnya fungsi jantung, penyempitan pembulu darah, dan efek samping lainnya. Makanya sahabat explorer, abis makan ya jangan buru-buru pergi, nanti bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tentunya bisa-bisa lupa bayar :D.

5. Mengendurkan Ikat Pinggang

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - YOEXPLORE.co.id

image source : kanalaceh

Ini adalah pertanda bahwa sahabat explorer udah kekenyangan banget kalau sampe ngendurin ikat pinggang. Selain memang karena kelebihan makan yang berdampak buruk lainnya, mengendurkan ikat pinggang setelah makan ini juga ga bagus loh sahabat explorer. Terutama untuk lambung kita, karena nanti bisa menyebabkan lambung turun atau terjuntai yang bisa menyebabkan usus terbelit. Waduh, repot banget nih kalo uda sampai kaya gitu sahabat explorer. Aktivitas kita pastinya akan terganggu banget, walaupun memang rasanya pasti akan nyaman kalo abis makan ngendurin ikat pinggang. Tapi kalo bisa jangan ya, solusinya adalah makan secukupnya aja :D.

Jadi itu lah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan sahabat explorer. Buat kalian yang belom tau, semoga artikel ini membantu ya. Jangan lupa untuk di share ke temen-temennya nih supaya mereka juga bisa menjauhkan hal-hal tersebut yang dapat menyebabkan kesehatan  kita terganggu. Intinya adalah, setelah makan akan lebih baik kita beristirahat tanpa melakukan kegiatan apapun yang berdampak buruk bagi kesehatan, kurang lebih sekitar 30-45 menit deh. Baru abis itu kita lanjutkan aktivitas kita lagi. Silahkan komen dan share buat sahabat explorer kalau ada yang tau hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan lainnya dikolom komen kita. Have a good day, explorer !

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar