Gaya Hidup

Hewan Ini Dipercaya Mistis di Indonesia!

hewan yang dipercaya mistis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : grid.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan mitos dan juga mistis. Hampir dari semua aspek juga meliputi dari mitos, mistis dan juga kepercayaan terhadap makhluk-makhluk mitologi. Jelmaan atau siluman dari sebuah hewan yang berubah wujud menjadi manusia juga sudah menjadi cerita turun temurun yang biasa kita dengarkan selagi masih kecil. Berbagai macam kepercayaan akan mitos dan mistis tersebut memang sangat unik dan menjadi kekayaan cerita tersendiri bagi bangsa Indonesia. Selain makhluk mitologi tersebut, ternyata hewan-hewan yang biasa dan hidup sampai zaman sekarang ini juga tidak luput dari cerita mistis rakyat Indonesia. Ada beberapa hewan yang dipercaya mistis di Indonesia dan pada akhirnya menjadi menyeramkan pada saat kita melihatnya. Mungkin hewan-hewan tersebut juga bingung kenapa mereka ditakuti oleh masyarakat tersebut ya sahabat explorer, hehe. Kira-kira kalian termasuk yang percaya terhadap mitos dan mistis ini bukan?

Hewan Yang Dipercaya Mistis di Indonesia

Percaya atau tidak, memang ada saja cerita yang melatari tentang bagaimana hewan-hewan ini bisa dipercaya mistis oleh masyarakat Indonesia. Padahal kalau dilihat beberapa hewan yang akan kami sebutkan nanti ini lucu-lucu dan menggemaskan, namun tetap saja terdengar seram jika dikaitkan dengan mistisnya. Ada yang dikaitkan dengan kesialan, kemiskinan, bahkan sampai kematian sahabat explorer! Waw! Menyeramkan sekali ya! Kembali lagi ke kalian untuk mau percaya atau tidak ya sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! hewan yang dipercaya mistis di Indonesia! Cekidot ya!

Baca Juga : Zaman Sekarang Hanya Dengan Hp Sudah Bisa Bisnis Loh!

1. Burung Hantu

hewan yang dipercaya mistis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: klikhijau

Hewan yang dipercaya mistis di Indonesia yang pertama adalah Burung Hantu. Sudah sejak lama bahwa masyarakat di Indonesia mengaitkan burung yang satu ini dengan kematian. Masyarakat Jawa percaya, jika ada seekor burung hantu berada di dekat rumah kalian, maka tidak lama akan ada sanak saudara yang meninggal. Mereka menganggap jika burung yang beraura mistis tersebut merupakan burung pemanggil arwah.

Masih ada lagi kepercayaan lainnya yang bersangkutan dengan burung hantu ini sahabat explorer. Jika ada orang mencoba untuk menirukan suara burung hantu ini namun tidak ada jawaban, maka orang tersebut akan menemui ajalnya dalam itungan hari! Waw, bikin merinding juga ya sahabat explorer, padahal binatang yang satu ini cukup lucu dan menggemaskan untuk dipelihara loh!

2. Ayam Cemani

hewan yang dipercaya mistis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jualayamhias

Hewan yang dipercaya mistis di Indonesia yang selanjutnya adalah Ayam Cemani. Kalau yang ini, selalu dikaitkan dengan kekuatan mistis sahabat explorer. Jadi, tidak heran jika ayam yang satu ini sering dijadikan sebagai tumbal atau seserahan, pengobatan, penglaris, pembangunan gedung dan masih banyak lagi yang lainnya. Ayam ini dipercaya bisa membuat semua ritual berjalan lancar, karena bisa dibilang ayam yang satu ini merupakan pembawa hoki dan sesajen.

Mitos yang berkembang dari ayam ini adalah bahwa tulang, daging, serta darahnya yang berwarna hitam sangat disukai oleh makhluk halus seperti iblis, jin, dedemit, dan lain-lainnya.

Bagaimana sahabat explorer? Kalian pernah melihat ayam yang satu ini sebagai salah satu bentuk ritual? Ceritakan pengalamannya di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya!

3. Gagak Hitam

hewan yang dipercaya mistis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Hewan yang dipercaya mistis di Indonesia yang selanjutnya adalah Gagak Hitam. Tidak hanya warnanya saja yang hitam dan menyeramkan, tapi juga misterius karena kedatangannya yang tidak pernah menentu. Sebenarnya, hampir semua masyarakat tidak mengharapkan kedatangan hewan yang satu ini, karena tandanya akan ada orang yang meninggal jika burung ini muncul. Banyak orang yang percaya kalau burung yang satu ini bisa mencium aroma mayat atau aroma orang yang akan meninggal dari radius yang sangat jauh. Selain itu, burung gagak juga dipercaya bisa memanggil yang namanya genderuwo.

Wah, ada-ada saja ya sahabat explorer! Bagaimana rasanya jika tiba-tiba ada burung ini hadir di sekitar kalian? Pasti langsung deg-degan ya!

4. Kucing Hitam

hewan yang dipercaya mistis di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: kucingpedia

Hewan yang dipercaya mistis di Indonesia yang selanjutnya adalah kucing hitam. Binatang yang lucu dan menggemaskan ini juga tidak lepas dari mistis dari orang-orang Indonesia. Ada yang bilang jika kucing berwarna hitam memang sangat erat kaitannya dengan dunia mistis. Banyak orang yang percaya kalau kucing hitam adalah jelmaan dari penyihir jahat dan juga membawa kesialan. Sepertinya pecinta kucing gak setuju nih sama mitos yang satu ini! Hehe

Simak Ulasan Mistis Lainnya di Magazine YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa hewan yang dipercaya mistis di Indonesia yang dapat YoExplore berikan. Percaya atau tidak itu semua kembali kepada kalian ya sahabat explorer, kami hanya menuliskan konten ini demi bacaan semata saja. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar