Gaya Hidup

4 Ilmuwan Paling Berpengaruh Di Dunia!

ilmuwan paling berpengaruh di dunia - yoexplore - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jika kita membahas mengenai ilmu pengetahuan, maka akan bersangkutan dengan orang-orang super jenius yang pernah tinggal di bumi ini. Banyak sekali ilmu dan juga penemuan yang telah mereka terbitkan yang membantu kehidupan dan perkembangan zaman hingga saat ini. Jasa-jasa mereka akan selamanya dikenal sahabat explorer, dan selalu dijadikan kurikulum standar dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan. Ilmuwan-ilmuwan ini memang menemukan beberapa jenis temuan yang masih bisa berkembang lagi sampai sekarang. Contohnya adalah listrik, listrik memang secara harfiah ya seperti itu saja sahabat explorer, namun penggunaan dan manfaat lainnya itu yang bisa berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Intinya, jasa ilmuwan paling berpengaruh di dunia ini lah yang memang tidak bisa tergantikan! Tanpa mereka, mungkin peradaban zaman sekarang akan berbeda sahabat explorer. 

Ilmuwan Paling Berpengaruh Di Dunia

Dalam tema artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai beberapa ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Memang tidak semua, namun kita akan membahas 4 yang menurut kami terbaik sahabat explorer. Mereka termasuk salah satu ilmuwan yang membentuk sebuah roda peradaban hingga munculnya revolusi industri dan juga sebagainya hingga sekarang ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga: Mau Bikin Komunitas? Simak Tips-Tips Berikut Ini Ya!

1. Alan Turing

ilmuwan paling berpengaruh di dunia - yoexplore - yoexplore.co.id

image source: bi.uk

Ilmuwan paling berpengaruh di dunia yang petama yaitu Alan Turing. Alan Mathison Turing atau yang biasa dikenal dengan nama Alan Turing. Beliau merupakan ahli matematika, logika, ilmuwan komputer, serta cryptanalyst – praktisi pemecahan ciphertext tanpa bantuan kunci. Dia merupakan sosok yang memiliki pengaruh luar biasa besar dalam perkembangan ilmu komputer, bahkan dikenal sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Namun sayangnya, di umurnya yang hampir mencapai 42 tahun kala itu, Turing ditemukan meninggal akibat bunuh diri dengan menelan sianida. Wah, mungkin kalau beliau hidup lebih lama lagi, akan ada temuan-temuan dahsyat yang lainnya ya sahabat explorer! Kira-kira kalian sudah pernah mendengar nama beliau sebelumnya belum? 

2. Charles Darwin

ilmuwan paling berpengaruh di dunia - yoexplore - yoexplore.co.id

image source: geek.com

Ilmuwan paling berpengaruh di dunia yang selanjutnya adalah Charles Darwin. Siapa sih yang tidak tau ilmuwan yang satu ini? Terutama anak 90an nih, pasti namanya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Beliau adalah seorang naturalis dan ahli geologi dari Inggris yang sangat dikenal karena kontribusinya dalam melahirkan sebuah teori yang dikenal dengan Teori Evolusi. Dia beranggapan bahwa semua spesies berasal dari nenek moyang yang sama sahabat explorer. Beliau bahkan tercatat menerbitkan teori evolusi dengan bukti yang kuat di tahun 1859 dengan judul On the Origin of Species yang mengatasi masalah penolakan ilmiah dari konsep awal transmutasi spesies. Charles Darwin merupakan salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia dan bahkan pemakamannya dilakukan di Westminster Abbey yaitu sebagai bentuk penghormatan terhadap keunggulan sebagai seorang ilmuwan.

Walaupun temuannya tersebut juga tidak lepas dari kontroversi, namun beliau tetap dipandang sebagai ilmuwan terbaik pada masanya hingga masa kini. 

3. Galileo Galilei

ilmuwan paling berpengaruh di dunia - yoexplore - yoexplore.co.id

image source: pioneeringminds

Ilmuwan paling berpengaruh di dunia yang selanjutnya adalah Galileo Galilei. Beliau adalah fisikawan, matematikawan, filsuf, dan juga seorang astronom yang memposisikan dirinya untuk memainkan peran utama dalam revolusi ilmiah. Ilmuwan asal Italia ini kerap dijuluki sebagai Bapak Astronomi Modern, Bapak Fisikawan Modern, Bapak Ilmu Pengetahuan, sampai ke Bapak Ilmu Modern. Beberapa hukum yang mungkin tak asing di telinga kalian dan merupakan hukum yang ditemukan oleh Galileo Galilei adalah hukum bandul, hukum gerak, dan hukum benda jatuh. Berbagai penemuan lain yang turut melambungkan namanya adalah thermometer, teleskop, dan teori gerak parabola. Beliau juga merupakan orang yang menyebutkan jika bumi dan planet lainnya lah yang mengitari matahari, bukan sebaliknya.

Karena temuannya tersebut, beliau sempat diincar gereja untuk dikenakan sanksi dan hukuman mati sahabat explorer, namun beliau berhasil kabur waktu itu. 

4. Nikola Tesla

ilmuwan paling berpengaruh di dunia - yoexplore - yoexplore.co.id

image source: tribunnews

Ilmuwan paling berpengaruh di dunia yang selanjutnya adalah Nikola Tesla. Beliau merupakan Penemu, insinyur listrik dan mekanik, serta fisikawan yang terkenal akan kontribusinya dalam desain modern sistem pasokan listrik. Dia kerap dijuluki sebagai Ilmuwan Gila karena mampu menyaingi banyak penemu dan ilmuwan lain dalam sejarah populer namun memiliki kepribadian yang eksentrik dan diketahui memiliki klaim aneh tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Hal ini menjadikan Tesla mendapat perlakuan diasingkan dan justru dunia lebih mengetahui Thomas Alfa Edison dibandingkan dirinya sendiri. Padahal, jasa beliau ini luar biasa banget loh sahabat explorer! Kalian bisa baca tulisan mengenai beliau di internet (tentunya dengan sumber yang kredibel). Setelahnya, kalian baru bisa mengetahui betapa ‘canggih’nya manusia yang satu ini. 

Ilmuwan Dengan Jasa Luar Biasa!

Sahabat explorer, itulah beberapa ilmuwan paling berpengaruh di dunia versi YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar