Gaya Hidup

Jalan Hemat ke Bali, Gimana Caranya?

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore - ummi-online
Image source: ummi-online

Bali, Panduan Liburan YoExplore – Sudah bukan rahasia lagi kalau Bali adalah ikon pariwisata Indonesia, kan? Biasanya turis mancanegara bisa langsung mengenal Indonesia dari Balinya. Contohnya saat menanyakan asal-usul seseorang yang kebetulan adalah orang Indonesia, mereka akan langsung mengidentikkan Indonesia dengan Bali, seperti “Wow, you came from Indonesia. What a beautiful place!”. Kita sebagai orang Indonesia hanya bisa bangga dan tersipu malu. Nah, selain menjadi destinasi wisata favorit bagi turis mancanegara, ternyata turis lokal juga suka berlibur ke Bali. Hayo, coba sebutin sudah berapa kali kamu berlibur ke Bali? Karena destinasi wisata ini nggak pernah sepi pengunjung maka seringkali biaya untuk berlibur ke Bali jadi sangat mahal. Tapi sebenarnya ada tips jalan hemat ke Bali, loh! Kamu udah penasaran kan? Kalau gitu, lanjutin bacaan kamu sampai ke bawah yah!

Hindari High Season Saat Jalan Hemat ke Bali

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore - travelagent

Image source: travelagent

Kalau mau jalan hemat ke Bali, pertama-tama kamu harus menghindari pemesanan tiket dan hotel di musim padat kunjungan atau yang biasa disebut high season. Nah, sebaliknya kalau memesan tiket di musim tidak padat kunjungan atau low season, kamu akan mendapatkan banyak promo! Loh, bukannya Bali nggak pernah sepi pengunjung? Memang benar, tapi kalau kamu tetap memaksa mau pergi saat high season, jangan kecewa kalau mendapati situasi yang sesak dan macet dimana-mana. Musim padat pengunjung biasanya saat libur sekolah (sekitar bulan Juni-Juli), libur Idul Fitri, bulan Agustus (musim liburan warga negara asing), dan bulan Desember hingga awal Januari saat pergantian tahun baru.

Pilihlah Lokasi Hotel yang Strategis

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore - blibli

Image source: blibli

Selain membutuhkan pertimbangan musim liburan, jalan hemat ke Bali juga didukung oleh lokasi hotel yang strategis. Kamu bisa mulai melakukan mini research terkait lokasi hotel yang dekat dengan destinasi wisata yang kamu tuju sebelum berangkat liburan. Kamu bisa berjalan kaki yang juga akan menghemat biaya transportasi sekaligus menjadi lebih bugar. Contohnya kalau kamu memilih lokasi hotel di Kuta, kamu bisa berjalan kaki untuk ke pantai, pusat perbelanjaan, tempat kuliner, pasar kerajinan, dan bar.

Baca Juga: Jelajah Pulau Kecil di Bali? Kenapa Tidak!

Menyewa Motor untuk Mengunjungi Destinasi Wisata

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore - travelingyuk

Image source: travelingyuk

Sahabat explorer, kamu bisa mengendarai motor? Di Bali, ada banyak tempat persewaan motor, loh! Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengunjungi destinasi wisata favoritmu. Selain dengan tujuan berhemat, kamu bisa jadi fleksibel kemana-mana, kan? Pintar-pintarlah untuk menawar supaya kamu bisa dapat harga yang sesuai dengan bujet. Selain itu, menyewa mobil juga bisa jadi alternatif lain kalau berlibur beramai-ramai dengan teman dan tentunya biayanya dibagi rata.

Baca Juga: 5 Tempat Desa Wisata Budaya Ubud, Bali

Nongkrong di Tempat Gratis

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore - webjet

Image source: webjet

Jalan hemat ke Bali bisa juga dinikmati dengan nongkrong di tempat gratis. Siapa bilang yang gratis pasti selalu jelek dan nggak bermutu? Setidaknya di Bali nggak gitu kok sahabat explorer! Buktinya yaitu pantai di Bali itu bagus dan juga yang terpenting gratis. Umumnya tujuan turis ke Bali adalah untuk menikmati pantai-pantainya, kan? Jadi nggak salah dong kalau nongkrong gratis di pantai. Kamu bisa dapatin liburan yang kamu inginkan secara gratis!

Cari Info Kuliner yang Murah

Jalan Hemat ke Bali - Panduan Liburan YoExplore

Jalan hemat ke Bali juga pasti nggak terlepas dari kuliner murah nan lezat. Sebenarnya, makanan di Bali beragam harganya. Kamu bisa makan kenyang dengan harga Rp.10.000, tapi ada juga harga makanan yang nggak masuk akal/mahal banget! Untuk menikmati kuliner murah, tentu saja kamu nggak boleh malu bertanya lokasi tempat makan yang murah kepada orang lokal. Coba deh pikirkan, untuk apa makan Ayam Betutu di restoran dengan harga yang mahal kalau kamu bisa menikmati Ayam Betutu dengan harga yang murah di warung. Satu tips penting yaitu sebelum masuk ke rumah makan, sebaiknya kamu langsung bertanya harganya. Tentu kamu nggak mau kan ketika melihat harga makanannya yang sangat mahal tapi sungkan untuk membatalkan makan di rumah makan itu.

Baca Juga: Jajanan Pasar yang Unik di Bali

Gimana? Tips jalan hemat ke Bali mudah banget kan? Selain tips di atas, kamu juga bisa menikmati liburanmu dengan memesan paket tour murah di Bali bersama YoExplore! 😀

Tentang penulis

Emily Emanuela

Emily Emanuela

Hi, Sahabat explorer! Saya adalah kontributor untuk konten di Majalah YoExplore. Saya suka banget menulis, termasuk menulis puisi. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di President University pada jurusan Public Relation. Saya berharap Sahabat explorer bakal menyukai tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar