Gaya Hidup

Jenis Diet Manakah Yang Cocok Dengan Kalian?

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id
image source : sehatmagazine.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, pasti kalian banyak nih yang melakukan hal yang satu ini. Diet, merupakan sebuah bentuk dari usaha dalam menurunkan badan dengan cara mengurangi porsi makan atau jam makan. Berbagai macam jenis-jenis diet tersedia bagi mereka yang ingin melakukannya. Biasanya, mereka yang melakukan diet ini dikarenakan faktor tidak percaya diri dengan berat badan mereka ataupun karena sakit. Namun, ada juga dari mereka yang melakukan diet dengan tujuan untuk menyehatkan badan. Apapun alasannya, selama tidak berlebihan sih boleh-boleh saja sahabat explorer. Hal yang terpenting adalah, kita mendapatkan manfaat dan perubahan positif dari jenis-jenis diet yang kita jalani tersebut. Kalau kita perhatikan, diet itu sendiri sudah menjadi trend dikalangan masyarakat. Apalagi saat salah satu artis tanah air juga memperkenalkan diet ala dirinya sendiri yang memang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Kalau sahabat explorer sendiri sering diet gak? Atau diet always start tomorrow? 😀

Jenis-Jenis Diet Ini Jangan Dilakukan Secara Berlebihan!

Ada beberapa jenis-jenis diet yang cukup banyak digemari oleh masyarakat kita. Dari jenis-jenis yang berbeda tersebut, berbeda juga aturan-aturan yang berlaku. Dari pola makan, jenis makanan, kadar lemak, waktu makan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saking maraknya trend diet ini, banyak online shop yang bermunculan dan menyediakan berbagai macam makanan diet. Tentunya, ini menjadi faktor pendukung bagi mereka-mereka yang melakukan diet tersebut. Kira-kira ada apa saja sih jenis-jenis diet yang ada dan cukup unik? Yuk, langsung kita simak pembahasannya!

1. Diet OCD

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id

image source : medisyskart

Jenis-jenis diet yang pertama adalah Diet OCD (Obsessive Combuzier’s Diet). Diet ini cukup digemari banyak orang karena terbilang cepat dalam menurunkan berat badan. Dalam diet ini, kalian diperbolehkan untuk makan apa saja. Tidak ada pantangan apapun dalam Diet OCD ini. Tapi, bukan berarti kalian boleh maruk, porsinya tetap sewajarnya saja ya sahabat explorer. Dalam Diet OCD, akan diterapkan sistem puasa, dimana durasi puasanya akan meningkat seiring dengan berjalannya diet yang kalian lakukan. Pada awal-awal diet, kalian diperbolehkan untuk makan dalam kurun waktu 8 jam. Setelah itu, perlahan-lahan waktu tersebut akan kalian kurangi menjadi 6 jam saja, dan bahkan menjadi 4 jam saja. Diluar jam diet tersebut, kalian hanya diperbolehkan minum air putih saja, tanpa memakan makanan apapun.

Diet ini terbilang efektif dan baik juga untuk kesehatan tubuh kalian. Dimana kalian makan secukupnya, dan tidak kekurangan air putih. Disamping itu, kalian juga tetap bisa makan makanan yang kalian sukai loh!

2. Diet 5:2

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id

image source : youtube

Jenis-jenis diet yang selanjutnya adalah Diet 5:2. Diet ini, juga memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh kalian. Seperti melindungi otak dari risiko penyakit Alzaimer, dan Demensia. Selain itu, diet ini juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan usia hidup, dan manfaat positif lainnya. Banyak orang yang mengklaim kalau diet ini juga meningkatkan daya tahan tubuh loh. Dengan demikian, kalian bisa memiliki kekebalan yang tinggi terhadap penyakit-penyakit yang menyerang.

Diet ini terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu makan seperti biasanya selama 5 hari dalam sepekan. Kemudian, 2 hari sisanya kalian luangkan untuk berpuasa. Tentunya, tidak berpuasa selama 24 jam ya sahabat explorer, tapi puasa biasa seperti umumnya. Gampang kan? 😀

3. Diet Dukan

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id

image source : findatopdoc.com

Jenis-jenis diet yang selanjutnya adalah Diet Dukan. Diet yang satu ini memang berbeda dari kedua diet di atas. Kali ini, kalian harus melakukan perubahan pada menu makanan. Dimana kalian harus memilih makanan yang memiliki protein tinggi dan menekan konsumsi pada karbohidrat dan lemak. Dengan makanan yang memiliki kadar protein tinggi, maka rasa kenyang di perut akan terasa lebih lama. Dalam Diet Dukan, kalian bisa memilih menu makanan kesukaan kalian selama makanan tersebut ada dalam 100 jenis makanan yang telah disesuaikan dengan jenis diet tersebut. 100 menu tersebut, terdiri 72 sumber hewani, dan 28 sumber nabati.

Dalam diet ini, kalian bebas mau makan sebanyak apapun asalkan masih termasuk dalam 100 kategori makanan tersebut. Jenis-jenis diet ini terbilang memiliki dampak yang signifikan. Dalam 5 hari pertama, kalian bisa menghilangkan berat badan sekitar 3 – 4 kg. Namun, kalian harus ingat, diet ini jangan dilakukan untuk waktu yang lama, karena memiliki efek samping yang negatif. Seperti hilangnya massa otot serta cairan dalam jumlah banyak. Bahkan, efek terburuknya adalah kerusakan pada organ vital seperti jantung dan hati.

4. Diet Food Combining

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id

image source : lagizi

Jenis-jenis diet yang selanjutnya adalah Diet Food Combining. Diet yang satu ini dilakukan dengan cara membuat kadar Potential Hydrogen atau PH di dalam darah menjadi netral. Tentunya, dengan bantuan makanan yang dikonsumsi. Diet jenis ini, juga memungkinkan kalian untuk makan sepuasnya, namun dengan pilihan menu-menu yang alami dan sebisa mungkin tidak mengalami proses pemasakan, alias segar total!

Kalau dari penjelasannya sih, diet ini cocok dengan makanan yang berjenis sayuran dan buah-buahan yang memiliki nutrisi tinggi bagi tubuh. Selain kedua jenis makanan tersebut, food combining juga menyarankan agar konsumsi makanan juga dikombinasikan dengan protein hewani dan karbohidrat. Namun, kedua jenis makanan tersebut harus dikonsumsi secara terpisah ya sahabat explorer.

5. Diet Mayo

jenis-jenis diet - YOEXPLORE.co.id

image source : dedaunan.com

Jenis-jenis diet yang satu ini tentu sudah sering kalian dengar pastinya. Diet ini termasuk diet yang lagi viral di Indonesia, terutama dikalangan artis-artis tanah air. Diet ini, dikenal dengan metode pelangsingan selama 13 hari. Dalam 13 hari tersebut, kalian akan puasa garam! Jadi, olahan makanan asin atau yang bercampur dengan garam, harus kalian stop dahulu.

Dalam proses diet ini, kalian akan kehilangan seluruh garam dan tentunya banyak air dari dalam tubuh. Dengan demikian, berat badan kalian akan turun secara signifikan. Tapi perlu diingat ya sahabat explorer, garam ini bersifat menahan air, jika kalian tidak konsumsi maka kalian akan kehilangan banyak air. Jangan pernah lebih dari 13 hari dalam melakukan diet Mayo ini, karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh!

Diet Have To Start Right Now!

Sahabat explorer, itulah beberapa jenis-jenis diet yang unik dan memiliki dampak yang signifikan terhadap tubuh. Apapun jenis diet tersebut, jangan terlalu berlebihan ya dalam penerapannya. Ingat, tubuh kita membutuhkan keseimbangan, jadi apapun yang berlebihan pastinya akan berdampak buruk bagi tubuh kita. So, mulailah untuk berdiet, karena diet have to start right now, not tomorrow!

Baca Juga : Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar