Gaya Hidup

Beberapa Jenis Phobia Yang Kamu Harus Ketahui

jenis-jenis phobia - YoExplore - Fobia
image source : hypnotherapy.gg

YOEXPLORE.co.id – Apakah kalian sering mendengar kata “Phobia” ini? Mungkin sudah menjadi kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari ya. Secara singkat, phobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal atau fenomena. Phobia bisa saja menjadi penghambat bagi hidup seseorang yang mengidapnya. Bagi beberapa orang yang melihat teman atau rekan sekeluarganya mengidap salah satu jenis phobia, pasti akan merasa aneh atau bingung. Seperti “Apa sih! Liat kecoak aja kabur!”. Mungkin memang terdengar sepele bagi yang tidak takut, namun bagi yang takut, itu seperti melihat monster raksasa berkaki banyak yang menjijikkan dan sedang berlari mengejar kalian. Bener gak? Biasanya sih begitu ya, hehe. Jadi, apakah kalian termasuk salah satu orang yang mengidap jenis-jenis Phobia terhadap sesuatu?

Jenis-Jenis Phobia Juga Ada Yang Berkaitan Dengan Traveling

Sahabat explorer, kali ini YoExplore akan membahas beberapa jenis Phobia yang sering kalian temui di lingkungan sekitar kalian. Atau bahkan, kalian adalah salah satu orang yang mengidap Phobia ini, namun jangan takut ya. Phobia ini semua bisa dilawan kok, tinggal kalian aja niat untuk memberanikan diri. Dengan membiasakan diri untuk tidak takut, maka Phobia itu akan hilang dengan sendirinya. Oia, beberapa jenis Phobia ini juga ada yang berkaitan dengan traveling loh, kira-kira gimana ya? Pastinya akan mengganggu banget rasanya. Semoga, alasan-alasan tersebut tetap tidak mengurangi niat kalian untuk traveling ya, karena berbagai macam alternatif untuk traveling tersedia kok, jadi jangan takut. Oke sahabat explorer, langsung saja kita simak yuk ulasannya!

1. Acrophobia

YOEXPLORE.co.id - jenis-jenis phobia - fobia

image source : phobiawiki

Jenis-jenis Phobia yang pertama adala Acrophobia. Kalau dari gambar di atas, kira-kira sahabat explorer sudah tahu belum itu Phobia terhadap apa? Gampang ya, jelas banget nih Phobia terhadap ketinggian. Dilihat dari gambar tersebut, orang yang memiliki Acrophobia pasti akan sangat menolak banget nih kalo diajak ke tempat yang kayak gitu. Biasanya, mereka yang memiliki Phobia terhadap ketinggian, pasti kakinya akan gemetar hebat saat sedang berada di ketinggian. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang kejang-kejang dan pingsan. Biasanya  penderita Phobia ini tidak bisa ikut pergi ke gunung, naik ke gedung tinggi seperti Monas, atau menaiki wahana hiburan yang memiliki ketinggian yang membuat dengkul lemas.

Jadi sahabat explorer, bagi kalian yang memiliki teman yang Acrophobia, jangan di bully ya! Kalau memang niat mau membantu ya dengan cara yang baik dan benar, jangan malah ditambah bikin takut.

2. Aerophobia

YOEXPLORE.co.id - jenis-jenis phobia - fobia

image source : skymag.kz

Jenis-jenis Phobia yang selanjutnya adalah Aerophobia. Nah, ini dia salah satu Phobia yang berkaitan dengan traveling. Terutama, bagi kalian yang pergi traveling ke luar Indonesia atau keluar dari pulau dimana tempat kalian tinggal. Penderita ini biasanya akan mengalami ketakutan saat bepergian dengan pesawat. Bisa jadi, penyebab utamanya adalah karena masalah trauma dengan kecelakaan pesawat. Faktor lain penyebab Aerophobia ini adalah sering membaca atau melihat berita mengenai kecelakaan pesawat.

Saat berada dalam pesawat, biasanya para penderita Aerophobia ini akan terlihat pucat pada wajahnya, tubuh gemetar, cemas dan gampang panik. Apalagi saat pesawat mengalami guncangan normal pada saat bersentuhan dengan awan, bisa jadi mereka berteriak. Bagi kalian yang memiliki teman dengan Phobia seperti ini, dibantu tenangkan saja ya sahabat explorer, jangan dibikin panik, karena bagi mereka, naik pesawat adalah suatu hal yang sangat mencekam!

3. Hydrophobia

YOEXPLORE.co.id - jenis-jenis phobia - fobia

image source : wikihow

Jenis-jenis Phobia yang selanjutnya adalah Hydrophobia. Artinya adalah sesuai dengan gambar di atas, yaitu takut akan air. Bukan berarti mereka tidak berani dengan air untuk mandi atau minum ya sahabat explorer. Tepatnya, mereka takut untuk berenang, oleh karena itu biasanya mereka tidak pernah mau nih untuk diajak ke pantai, kolam renang, danau, air terjun atau sejenisnya. Ketakutan mereka itu bisa jadi disebabkan oleh trauma masa kecil yang mungkin pernah tenggelam di kolam renang atau kecelakaan lainnya.

Biasanya, kalau traveling, mereka menghindari tempat yang berhubungan dengan wisata Bahari nih sahabat explorer. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mereka agar mau memberanikan diri nyebur ke dalam air. Sekali lagi kami ingatkan, untuk tidak bully temannya yang mengidap salah satu phobia jenis ini ya!

4. Agoraphobia

YOEXPLORE.co.id - jenis-jenis phobia - fobia

image source : morningsiderecovery.com

Jenis-jenis phobia yang selanjutnya adalah Agoraphobia. Jenis Phobia ini bisa dibilang termasuk jarang ditemui. Biasanya, mereka yang mengidap Agoraphobia ini akan merasa cemas, panik, dan ketakutan saat berada dalam keramaian. Dengan demikian, jika kalian sedang pergi traveling ke salah satu destinasi wisata yang sangat ramai, maka dijamin kalian akan merasa insecure dan tidak bisa menikmati perjalanan kalian.

Untuk menghindarinya, lebih baik pergi ke tempat traveling yang lebih sepi, tenang dan jauh dari keramaian. Dengan itu, bagi kalian atau teman kalian yang mengidap Phobia yang satu ini, tetap bisa merasakan liburan yang menyenangkan dan tenang.

5. Nomophobia

YOEXPLORE.co.id - jenis-jenis phobia - fobia

image source : antioch.edu

Wah, kalau salah satu jenis Phobia yang ini, biasanya anak jaman now banyak nih yang mengidap. Secara sadar atau tidak sadar, ini merupakan salah satu Phobia yang mungkin umum ditemukan. Ya, Nomophobia adalah Phobia terhadap tidak ada atau tidak bisa menggunakan Gadget terutama smartphone. Biasanya, mereka yang mengidap Phobia ini, ketakutan dan cemas apabila tidak bisa menggunakan koneksi internet atau telepon mereka.

Hal ini, biasanya terjadi di wilayah terpencil yang memang belum masuk sinyal internet atau bahkan sinyal telepon. Sepertinya ini akan menjadi salah satu Phobia yang justru akan semakin banyak yang mengidap. Oia, jika kalian adalah salah satu penderita Nomophobia, mungkin kalian bisa mencoba traveling ala Digital Detox!

Baca Juga : Ternyata Traveling Banyak Jenisnya Loh!

Berani Mencoba Melawan Rasa Takut

Sahabat explorer, kira-kira seperti itulah beberapa jenis Phobia yang memang umum ditemukan. Beranikan diri kalian untuk menghadapi Phobia tersebut, karena perubahan akan terjadi dengan adanya perbuatan. Oleh karena itu, talk less do more ya sahabat explorer. Juga kami ingatkan, jangan mem-bully teman kalian yang mengidap salah satu Phobia, karena itu bukanlah suatu hal yang patut dilakukan. Akhir kata, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar