Gaya Hidup

Jenis-Jenis Lensa Pada Kamera

jenis lensa kamera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: infotografi

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, zaman sekarang  fotografi memang semakin menjadi kepentingan. Terutama saat traveling, gear yang satu ini tidak boleh sampai ketinggalan loh! Karena kamera HP belum bisa menyaingi kualitas dari DSLR atau Mirrorless, maka kamera ini masih sangat laku di pasaran. Apalagi jika sudah membahas mengenai jenis lensa kamera yang tidak pernah ada habisnya. Baik produsen kamera atau perusahaan yang memang hanya membuat lensa, selalu berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan teknologi terbaiknya. Berbeda dengan zaman dahulu yang memang belum secanggih sekarang, lensa zaman sekarang sudah jauh lebih berkualitas. Namun perlu diingat, ada kualitas pasti ada harga yang mahal sahabat explorer. Lensa memang kadang harganya tidak masuk akal ya, namun biasanya kualitas gambar yang dihasilkan itu sangat melebihi ekspektasi!

Jenis Lensa Kamera

Ada beberapa jenis lensa kamera yang ingin YoExplore share sama kalian nih. Apalagi bagi kalian yang baru-baru ini memasuki dunia fotografi, tentunya akan sangat bingung dengan fungsi dari lensa itu sendiri. Banyak memang review di Youtube, namun sebelum melihat review, alangkah baiknya kalian memahami secara dasar ada apa saja lensa-lensa yang umum digunakan oleh para fotografer. Belilah lensa yang memang kalian perlukan saja, jangan karena melihat review di Youtube yang akhirnya tidak terlalu penting bagi kalian. Bedakan mana kegunaan untuk profesional dengan hobi sahabat explorer, dan tentu saja kalian juga harus melihat kantong kalian! Hehe. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Jarang Diketahui! Inilah Pahlawan Ekonomi Indonesia!

1. Lensa Kit

jenis lensa kamera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: belfot

Jenis lensa kamera yang pertama adalah lensa kit. Lensa kit merupakan sebutan untuk lensa yang menjadi “standar” pelengkap saat kalian membeli sebuah kamera. Sebagian besar dari lensa ini memiliki focal length 18-55mm, yang artinya kalian dapat mengambil sisi wide di 18mm dan sisi telephoto di 55mm. Lensa ini biasanya terbuat dari material yang tidak begitu mahal, sehingga harganya pun juga tidak terlalu mahal untuk dijual sebagai starter kit dengan body kamera dan perlengkapan lainnya seperti baterai serta tali strap. Lensa ini biasanya memiliki variable apertures, dimana bukaan diafragma atau F akan berubah sesuai dengan seberapa jauh zoom yang kalian gunakan.

Namun, bukan berarti kalian tidak bisa memanfaatkan jenis lensa kit ini sahabat explorer. Meskipun gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam dan jernih (zaman dahulu), lensa kit bisa menjadi pintu masuk bagi kalian untuk mempelajari bagaimana memaksimalkan penggunaan lensa. Berlatih mengenai sudut pandang, komposisi, perspektif, dan mengembangkan gaya fotografi khas kalian, kemudian kalian akan menemukan lensa mana yang berikutnya diperlukan.

2. Telephoto Lens

jenis lensa kamera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: proav

Jenis lensa kamera yang selanjutnya adalah Telephoto Lens. Biasa disebut para fotografer dengan Lensa Tele. Lensa ini digunakan oleh banyak fotografer dikarenakan kemampuan luar biasa dalam memperbesar objek yang berada di posisi yang lumayan jauh. Lensa tele ini memiliki variasi jenis sesuai dengan focal length yang dibutuhkan,  bukaan diafragma dan sebagainya. Lensa tele memberikan kenyamanan untuk mengambil gambar dari jarak jauh, terutama saat diperlukan jarak antara kamera dan objek foto. Misalnya foto hewan buas sahabat explorer, atau misalkan foto gedung-gedung tinggi. 

Ketika seseorang membeli kamera, sebagian dari kalian ingin memotret jelas close up para pemain di lapangan besar, sebagian ingin memotret bulan purnama. Namun hal tersebut akan sulit dicapai menggunakan lensa kit yang biasanya hanya memiliki focal length paling panjang pada 55mm. Pada situasi sejenis ini lensa Tele sangat berguna sahabat explorer.

3. Lensa Macro

jenis lensa kamera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: borrowlenes

Jenis lensa kamera yang selanjutnya adalah Lensa Makro. Memiliki bidang fotografinya tersendiri, lensa Makro memiliki kemampuan memperlihatkan detail close up serta fokus terhadap objek yang berukuran sangat kecil. Tetesan embun misalnya, serangga, serta objek mini lainnya adalah objek favorit dari sebagian besar fotografer yang berkecimpung di fotografi Makro ini sahabat explorer

Sekarang terdapat beberapa kamera dan lensa yang mempunyai pengaturan ‘macro’, namun lensa Makro yang sebenarnya akan menghasilkan foto dengan ukuran life-size dengan jarak yang sangat dekat dengan objek foto sahabat explorer. Lensa satu ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin menjelajahi detail kecil kehidupan dalam alam.

4. Lensa Fix

jenis lensa kamera - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; tokopedia

Jenis lensa kamera yang selanjutnya adalah Lensa Fix atau Lensa Prime. Prime Lens adalah salah satu jenis lensa kamera yang hanya memiliki satu focal length, dengan kata lain tidak memiliki kemampuan untuk zooming sahabat explorer. Saat kalian terbiasa dengan menggunakan lensa Fixed yang hanya memiliki satu focal length, pikiran kalian perlahan akan terlatih untuk bisa membayangkan bagaimana foto yang akan kamu hasilkan hanya dengan melihat set lokasi atau suasana saja.

Pilih Lensa Sesuai Kebutuhan!

Sahabat explorer, itulah beberapa jenis lensa kamera yang bisa kalian pahami dan mungkin beli sekarang juga. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar