Gaya Hidup

Kenapa Gaji Pemain Bola Itu Tinggi Ya?

kenapa gaji pemain bola itu tinggi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: okezone

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin dalam benak, kita sering bertanya-tanya kenapa gaji pemain bola itu tinggi? Seperti contohnya Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar yang memiliki bayaran perminggunya selangit. Bahkan, dengan gaji Cristiano Ronaldo yang sekarang, dia hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk bisa membeli mobil tercepat di dunia yaitu Bugatti. Waw! Sungguh luar biasa! Banyak faktor yang memang club tersebut berani membayar pemainnya dengan gaji yang luar biasa tinggi. Selain faktor kebintangannya di luar lapangan, beberapa faktor lainnya juga banyak yang mempengaruhi. Sebut saja David Beckham, legenda hidup Inggris ini memang memiliki pendapatan yang luar biasa dari luar urusan sepak bola. Memproduksi pakaian dalam untuk pria, parfum, dan juga lain-lainnya. Bisa menebak gak karena apa? Sudah jelas karena mukanya yang juga tampan sahabat explorer. Merupakan paket lengkap bagi Beckham, memiliki semua yang diinginkan oleh para pria. Tapi, alasannya juga bukan karena itu saja loh!

Kenapa Gaji Pemain Bola Itu Tinggi ya?

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membahas mengenai faktor penyebab dari kenapa gaji pemain bola itu tinggi. Jadi, kalian bisa terbebas dari rasa kepo yang berlebihan mengenai hal ini. Tidak hanya melulu soal pemasaran sebuah club saja kok sahabat explorer. Memang sih, penjualan kaus dengan nama bintang menjadi salah satu pengaruh besar dalam omset untuk sebuah club. Namun, yang akan kita bahas adalah dari segi dunia sepak bola dan clubnya itu sendiri. Kira-kira ada apa saja sih? Baiklah kalau begitu mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Tokoh Pejuang Kemerdekaan Ini Sudah Hampir Terlupakan!

1. Kontrak

Kenapa gaji pemain bola itu tinggi yang pertama adalah perihal masalah kontrak. Inilah yang mengikat para pemain bola dengan clubnya. Biasanya, dalam kontrak tertera berapa gaji pemain dan ini bisa dinegosiasikan antara pemain, agen dan juga pihak club. Biasanya gaji ini dalam hitungan pertahun dan akan diberikan dalam pembagian perminggu. Biasanya club menginginkan kontrak jangka waktu yang panjang agar mereka tidak mudah tergoda oleh club lain. Karena alasan tersebut lah mengapa pemain bola biasanya meminta gaji tinggi selangit dengan alasan agar club lain ‘gemetar’ melihat standar gaji pemain tersebut dan akhirnya mengurungkan niat untuk transfer.

Namun, perkembangan bisnis dalam sepak bola zaman sekarang semakin menjadi-jadi saja, awalnya hanya beberapa club seperti Real Madrid, Manchester United saja yang berani menggelontorkan uang banyak demi sebuah pemain, sekarang sudah banyak club lain yang berinvestasi. Sebut saja jawara liga Prancis PSG, tetangga MU yaitu Manchester City, Chelsea, Barcelona, Juventus, dan lain-lain. Pada akhirnya club-club ini lah yang berani membayar gaji tinggi para pemain tersebut agar mau datang dan memperkuat clubnya.

2. Pengalaman Timnas dan Club

Kenapa gaji pemain bola itu tinggi yang selanjutnya adalah faktor pengalaman. Faktor ini memang berujung pada mentalitas sang pemain. Selain itu, dengan memiliki pemain yang berpengalaman, maka pengaruhnya akan terasa untuk sektor anak muda di club. Oleh karena itu, pemain berpengalaman ini layak mendapatkan gaji yang tinggi. Sebut saja CR7 saat pindah ke Juventus, karena pengalaman yang sudah luar biasa di club sebelumnya dan timnas, popularitas dan mentalitas pemain Juve yang lainnya pun ikut meningkat. Harus diakui, kehebatan Ronaldo ini memang pantas dibayar mahal oleh club manapun yang menginginkan jasanya. Walaupun umur sudah tidak muda lagi, namun Ronaldo effect ini masih berlaku hingga sekarang.

Faktor pengalaman di timnas sebagai juara Euro 2016, lalu keberhasilan meraih 5 gelar Liga Champion, 5 kali Pemain Terbaik Dunia menjadi CV terbaik bagi seorang sepakbola, dan hanya dimiliki oleh Ronaldo seorang. Sepertinya untuk orang seperti dia, sah-sah saja meminta gaji yang tinggi. Setuju tidak sahabat explorer?

3. Usia

Kenapa gaji pemain bola itu tinggi yang selanjutnya adalah faktor usia. Ini sepertinya bisa dikecualikan untuk 2 pemain terbaik dunia saat ini yaitu Ronaldo dan Messi ya sahabat explorer. Karena semakin berusia malah semakin menjadi permainan kedua orang ini!

Faktor ini mungkin berlaku untuk angkatan kelahiran 2000an di era sepak bola sekarang. Sebut saja Mbappe yang merupakan pemain PSG. Baru berumur 19 tahun namun sudah menjadi pemain kedua termahal di dunia (transfer).

Prestasi dan talentanya juga tidak boleh diremehkan sahabat explorer. Sudah mengantongi juara Liga Prancis dan Piala Dunia 2018 kemarin. Alhasil, bocah yang satu ini berhak mendapatkan gaji tinggi selangit. Faktor usia yang masih muda menjadi pertimbangannya, karena tentu berbicara jangka panjang, maka pemain seperti ini merupakan investasi yang bagus bagi club. Namun, karena club sekarang juga banyak yang kaya, gaji sudah milyaran perminggu saja masih ada club lain yang menggodanya loh!

4. Profit Untuk Tim

Ini merupakan faktor yang paling utama dipikirkan oleh setiap club yang ingin berbelanja pemain. Jika pemain tersebut memang sudah terbukti performanya yang konsisten, pengalaman yang banyak, usia masih muda, bukan tidak mungkin club berani menggaji mereka dengan bayaran yang selangit. Tentu saja kebintangan pemain tersebut akan membawa rezeki tersendiri bagi club. Mulai dari penjualan merchandise, tiket stadion, iklan, sponsor, dan lain-lainnya yang memberikan pemasukan bagi club.

Lagi-lagi kita berikan contoh Ronaldo saat ditransfer ke Juve. Rekor pembelian kaus bola terbanyak oleh fans dalam waktu 24 jam diraih oleh Juve sesaat sebelum transfernya diresmikan. Bayangkan, masih banyak lagi pundi-pundi uang yang akan masuk ke rekening Juventus dengan memboyong Ronaldo. Kebintangan pemain ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Diluar hal sepak bola, Ronaldo juga merupakan orang (personal) yang memiliki followers terbanyak di Instagram! Yaitu sekitar 160 juta followers! Mengalahkan artis top seperti Ariana Grande, Selena Gomez, dan The Rock.

Dunia Sepak Bola

Sahabat explorer, itulah beberapa faktor kenapa gaji pemain bola itu tinggi. Semoga jawaban ini menghilangkan rasa penasaran kalian ya sahabat explorer. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar