Gaya Hidup

Beda Langkah Membuat Pempek Palembang dan Jambi

langkah membuat pempek - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, siapa sih yang tidak suka dengan makanan khas Sumatera yaitu Pempek? Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal se-Indonesia, sahabat explorer. Kota-kota seperti Palembang dan juga Jambi memang sudah terkenal dengan makanan khas yang satu ini, sahabat explorer. Selain itu, Bangka juga ternyata memiliki pempek-nya sendiri juga, sahabat explorer. Ketiga bahan dasar dari pempek tersebut memang sama, yaitu ikan. Namun ada juga beberapa perbedaan mendasar yang akan kita bahas dalam langkah membuat pempek ini, sahabat explorer. Walaupun berbeda-beda tipis, namun rasanya tetap sangat nikmat, sahabat explorer. Mau yang dari Palembang atau dari Jambi pasti rasanya susah untuk dipilih mana yang terbaik. 

Langkah Membuat Pempek

Pempek dengan citarasa ikan tenggiri yang khas, memang sudah menjadi salah satu primadona makanan di Palembang, Sumatera Selatan. Bentuknya juga  bervariasi, sahabat explorer, ditambah dengan bumbu cuka sebagai pelengkap rasa. Ada juga Pempek Sambal khas Jambi yang memang tidak menggunakan ikan, walaupun pada umumnya pempek memakai ikan, sahabat explorer. Pempek itu disebut dengan Pempek Sambal. Namun, kita akan membahas soal Pempek Sambal itu nanti ya, sahabat explorer. Sekarang mari kita lihat perbedaan dalam langkah membuat pempek Palembang dan juga Jambi. Yuk, mari kita simak ulasannya!

1. Pempek Jambi

Menurut penuturan dari Renny yang merupakan pemilik dari kedai Pempek Asiong,perbedaan antara pempek Jambi dan Bangka/Palembang terletak pada kuah dan bahan ikan yang digunakan. Pempek Asiong itu sendiri merupakan salah satu pempek legendaris yang berada di Jambi, yang berlokasi di Jl. Orang Kayo Hitam No.17-18, Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur. Dia menuturkan kalau Pempek Jambi dimakan dengan tambahan cuka, sahabat explorer. Di Jambi biasa disebut dengan “cuko” yang dibuat dari campuran gula merah, asam jawa, dan juga cuka putih. Kemudian juga ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya. Rasanya menjadi asam pedas manis. Kata mereka (orang Jambi), kalau makan pempek tidak pakai cuka itu rasanya seperti tidak memakan pempek, sahabat explorer

Di Jambi terdapat dua jenis Pempek, yaitu Pempek Ikan dan Pempek Sagu. Bagi kamu yang vegetarian, kamu bisa memilih untuk memakan pempek sagu tersebut, sahabat explorer. Sementara itu, bahan ikan yang digunakan untuk pempek Jambi biasanya adalah Ikan Belida dan Tenggiri. Biasanya para pembuat pempek kebanyakan menggunakan ikan Belida untuk varian pempek kuah, seperti tekwan dan juga ikan Tenggiri untuk varian yang lain, cocok dengan cuko.

Itulah sekilas mengenai pembuatan dan cita rasa dari Pempek Jambi, sahabat explorer. Sekarang mari kita langsung masuk ke dalam Pempek Palembang ya, sahabat explorer.

2. Pempek Palembang

Pempek Jambi memang tidak beda jauh dengan Pempek Palembang, sahabat explorer. Di Palembang, biasanya orang makan pempek dengan tiga jenis saus, yaitu tauco, terasi dan juga saus cabe. Cuka untuk kuah pempek Bangka atau Palembang biasanya terbuat dari campuran cabe, tauco, ebi, belacan, dan juga bawang. Pempek Bangka/Palembang diolah dari tangkapan ikan tenggiri dan parang-parang, sahabat explorer. Hal ini didasari karena Bangka memang dikelilingi dengan lautan yang kaya akan jenis ikan, sahabat explorer

Pada zaman dahulu semua pempek pasti memakai ikan Belida, karena banyak tersedia di Sungai Batanghari. Dulu, orang-orang tinggal mancing pasti dapat Ikan Belida. Sekarang ikannya sudah susah untuk didapatkan, jadi beberapa memakai ikan Tenggiri. Dasarnya memang sama, karena banyak orang Palembang yang juga merantau ke Jambi dan Bangka, sahabat explorer. Pempek Palembang memiliki banyak jenis yang akhirnya membuat Pempek ini begitu terkenal dibandingkan pempek dari kota yang lainnya. 

Ada Pempek Kapal Selam yang terbuat dari  Ikan Tenggiri, Bawang Putih, Tepung Sagu, Tepung Terigu, Air,  Garam, Lada, Gula dan Telur untuk isian yang memang menjadi ciri khas dari Pempek Kapal Selam itu sendiri. Selain itu ada juga Pempek Adaan yang terbuat dari Ikan giling (tenggiri/gabus/kakap), Santan dingin, Tepung sagu, Telur ayam, Bawang merah yang diiris halus, Garam halus, Merica bubuk, Bawang goreng, secukupnya, Minyak sayur untuk menggoreng. Bagaimana, tidak sulit untuk membedakan cara membuat pempek Palembang tersebut kan, sahabat explorer?

Sahabat explorer, itulah beberapa perbedaan dalam langkah membuat pempek Palembang dan Jambi. Semoga kamu tidak bingung untuk memilih mau buat yang mana ya, sahabat explorer. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar