Gaya Hidup

Penting! Tips Untuk Keluarga Yang Ingin Liburan Akhir Tahun!

liburan keluarga akhir tahun - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id
image source : blogreservasi

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, tidak terasa nih, sebentar lagi kita akan memasuki libur Natal dan akhir tahun! Wah, pasti kalian sudah mulai memikirkan mau liburan ke mana ya sahabat explorer. Berbagai macam destinasi melimpah di Indonesia, kira-kira bakal menarik perhatian kalian gak nih? Atau kalian justru ingin menghabiskan waktu liburan di luar negeri? Di Indonesia aja deh, keren-keren kok tempatnya! Selain itu, kalian juga tidak usah ribet-ribet mengurus visa segala. Berbagai macam objek wisata juga tersedia, mulai dari wisata budaya, sejarah, gunung, pantai, hingga desa wisata. Semuanya tinggal kalian pilih aja nih sahabat explorer, kira-kira mana yang cocok untuk liburan keluarga akhir tahun kalian.

Liburan Keluarga Akhir Tahun

Sebelum memasuki bulan libur tersebut, alangkah baiknya apabila kalian membaca artikel yang YoExplore bahas kali ini. Kami akan memberikan kalian beberapa tips liburan keluarga akhir tahun kalian, agar liburan kalian menyenangkan dan tidak dipersulit dengan hal-hal yang sepele. Terkadang, hal tersebut akan menyusahkan kita saat sudah memasuki musim liburan, jadi, alangkah baiknya apabila kalian mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Yang terpenting, apabila kalian memiliki anak kecil, pastikan membawa seluruh perlengkapan yang kira-kira dibutuhkan oleh mereka, agar mereka tidak rewel di perjalanan ataupun sesampainya di destinasi wisata. Baiklah kalau begitu, langsung saja kita simak yuk ulasannya! Langsung di scroll ke bawah ya!

Baca Juga : Staycation di Jakarta? Kenapa Enggak!

1. Tentukan Destinasi Wisata Dari Jauh Hari

liburan keluarga akhir tahun - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : detiktravel

Tips liburan keluarga akhir tahun yang pertama adalah menentukan destinasi wisata yang akan kalian tuju bersama keluarga. Pastinya, jika kalian memiliki anak yang masih kecil, destinasi tersebut harus ‘ramah’ dan memiliki objek wisata yang menarik untuk anak kecil. Contohnya, kalian bisa pergi ke Kota Batu dan mengunjungi Jatim Park, yang tentunya bakal bikin anak kalian sangat senang.

Selain itu, jika kalian menentukan destinasi wisata dari jauh-jauh hari, kalian bisa menentukan itinerary perjalanan kalian selama berada di lokasi wisata. Biasanya, kalau kalian tidak menentukan hal yang satu ini, sesampainya di lokasi, kalian akan bingung sendiri dan tidak mengetahui detail lokasi tersebut. Sepertinya, hanya mengandalkan Google saja sepertinya tidak cukup nih sahabat explorer. Lebih baik diperhatikan dari jauh-jauh hari ya! Biar gak bikin keluarga dan diri sendiri kecewa!

2. Pesan Tiket Pesawat/Kereta dari Jauh Hari

liburan keluarga akhir tahun - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : aliexpress

Berikutnya, yang harus kalian persiapkan tentunya tiket perjalanan pulang dan pergi kalian. Tentunya kalian tidak mau dong harga tiket tersebut menjadi mahal, oleh karena itu, pesannya dari jauh-jauh hari ya sahabat explorer. Biasanya, harga tiket akan jauh lebih murah jika kita pesan dari jangka waktu yang lama. Dengan demikian, setelah kalian menentukan destinasi wisatanya, pastikan semua keluarga setuju dan ikut, lalu langsung pesan tiket deh.

Dengan demikian, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari lagi tiket murah saat sedang memasuki musim liburan tersebut. Karena sepertinya mendapatkan tiket murah saat musim liburan sudah mulai itu adalah hal yang mustahil deh, hehe setuju gak para traveler?

3. Kesehatan & Asuransi Perjalanan

liburan keluarga akhir tahun - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : travelsafe-aca

Tips liburan keluarga akhir tahun yang satu ini, terkadang disepelekan oleh orang-orang. Namun, ini merupakan hal yang sangat penting loh sahabat explorer. Semua orang pasti berharap perjalanannya aman dan baik-baik saja, namun tidak ada salahnya jika kalian juga memakai jasa Travel Insurance atau Asuransi Travel. Hanya sekedar untuk jaga-jaga saja kok sahabat explorer, dan harganya juga tidak mahal.

Selain itu, kalian juga harus memastikan kondisi kesehatan kalian dan keluarga baik-baik saja. Mungkin jika perlu, khususnya anak-anak, kalian pergi ke dokter dan melakukan vaksinasi sebelum berangkat liburan. Apalagi jika kalian pergi ke suatu tempat yang memiliki iklim yang berbeda dengan di Indonesia, tentunya konsultasi ke dokter ini sangat penting banget sahabat explorer.

4. Tentukan Tempat Menginap

liburan keluarga akhir tahun - yoexplore, liburan keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : tribunnews

Yang paling penting nih sahabat explorer, menentukan tempat menginap. Karena perjalanan ini merupakan liburan bersama keluarga, oleh karena itu, tempat yang kalian tinggali haruslah sangat nyaman dan bersih. Semua itu demi kepentingan liburan yang maksimal. Layaknya tiket pesawat, untuk memesan tempat menginap ini juga akan lebih murah dan aman dari jauh-jauh hari nih sahabat explorer. Biasanya dari beberapa aplikasi tertentu, akan ada promosi atau potongan harga untuk penginapan tersebut. Pastikan tempat yang kalian tinggali itu nyaman untuk keluarga ya.

Kalau memang kalian beruntung, kalian bisa mendapatkan penginapan yang memiliki fasilitas yang cukup menyenangkan bagi anak-anak kalian, sehingga selain mengunjungi objek wisata di kota tersebut, mereka juga bisa bermain di tempat penginapan!

Tips Liburan Akhir Tahun

Sahabat explorer, itulah beberapa tips liburan keluarga akhir tahun yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Jangan sampai ada yang kelupaan ya tips-tips di atas. Tentunya akan sangat merepotkan kalian nih kalau sampai lupa. Semoga artikel ini bermanfaat, bagi kalian yang sudah mulai mencari destinasi wisata, pastikan kalian melihat paket wisatanya di yoexplore.co.id ya! Banyak tempat yang murah dan tepat untuk liburan keluarga. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar