Bali Gaya Hidup

Snorkeling di Pantai Bisa Sambil Menjaga Alam

Liburan Keluarga ke pantai di Bali - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : wirarentalmobil

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi pantai saat liburan akhir tahun, memang merupakan aktivitas yang sangat seru dan menyenangkan. Apalagi jika kalian liburan keluarga ke pantai di Bali, sudah pasti pemandangannya luar biasa banget. Bali memang surganya pantai di Indonesia, hampir di sekeliling pulau ini memiliki pantai yang membentang dan ombak yang aman untuk dikunjungi para wisatawan. Tidak heran nih sahabat explorer, Bali jadi tempat liburan favorit turis mancanegara. Pasti kalian bakal bertemu dengan banyak orang luar negeri di Bali, hampir di setiap daerahnya ada! Luar biasa banget kan berarti pesona Bali. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai yang berada di Bali Utara. Ternyata, pemandangannya tidak kalah menarik dengan pantai yang ada di wilayah Bali lainnya. Dijamin kalian akan puas deh saat mengunjungi pantai yang satu ini.

Liburan Keluarga ke Pantai di Bali

Pantai ini bernama Pantai Lovina, lokasi tepatnya berada di wilalayh Singaraja, Buleleng, Bali Utara. Kurang lebih sekitar 2 jam dari kota Denpasar. Sekilas informasi, bahwa Singaraja ini adalah ibu kota dari Bali sebelum dipindah ke Denpasar loh, karena kota ini merupakan kota pelabuhan, sehingga kultur yang ada di wilayah ini bercampur. Kalian tidak akan merasakan sensasi adat Bali yang sekental di Denpasar. Mulai dari arsitektur bangunan, tata kota, hingga perumahan warga-warga lokal. Keunikan ini lah yang membuat Singaraja ini menarik untuk dikunjungi. Terutama bagi kalian yang bosan dengan Denpasar dan ingin mencari suasana yang baru di Bali. Liburan keluarga ke pantai di Bali kali ini, akan memberikan pengalaman ‘mantai’ yang berbeda dengan pantai yang lainnya.

Baca Juga : Produk Wisata Unggulan Untuk Liburan Akhir Tahun!

Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai, yang paling umum adalah aktivitas olahraga air atau watersports, diving, dan juga snorkeling. Beberapa kegiatan ini tentu memiliki keseruannya masing-masing, dan kembali lagi dari para penikmatnya itu sendiri. Bagi kalian yang menyukai kegiatan snorkeling, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan nih sahabat explorer. Menikmati pemandangan bawah laut, memang boleh-boleh saja, namun jangan sampai merusak keindahannya itu sendiri ya. Terkadang banyak orang yang tidak sadar, bahwa yang mereka lakukan justru merusak habitat atau ekosistem dari penghuni bawah laut itu sendiri.

Terumbu Karang Adalah Rumah Bagi Biota Laut

Harus kalian mengerti, bahwa terumbu karang merupakan ‘rumah’ bagi para ikan, udang, lobster, dan biota laut lainnya yang menghiasi taman bawah laut tersebut. Terumbu karang itu tidak sekuat batu loh sahabat explorer, jadi kalian harus berhati-hati, jangan dirusak. Biasanya, saat sedang snorkeling banyak orang yang memfoto terumbu karang tersebut. Bahkan, ada yang rela mematahkan salah satu terumbu karang tersebut hanya untuk kebutuhan foto pribadinya saja! Sungguh keterlaluan! Hal-hal simple seperti ini yang harus kita hindari, bayangkan dalam sehari ada 500 orang yang melakukan hal tersebut, tentunya akan berdampak sangat besar juga bagi ekosistem bawah laut itu sendiri.

Jadi bagi kalian yang memang sedang snorkeling, dan memang belum begitu bisa berenang, saat mengeluarkan kepala dan mengambil nafas, lebih baik lakukan di dekat kapal di titik kalian turun ke bawah laut, jelas lebih aman kan sahabat explorer. Kadang ada orang yang memang bisa berenang, cuma secara tidak sengaja menginjak terumbu karang ini hingga akhirnya patah, tentu keindahannya akan berkurang kalau misalkan terumbu karangnya juga ‘hilang-hilangan’. So, berhati-hati ya sahabat explorer saat snorkeling, tetap jaga keindahan alam agar tempat yang kalian kunjungi juga terjaga keindahannya. Hal tersebut memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat lokal sekitar lokasi juga.

Mengunjungi Pantai Lovina di Bali Utara

Liburan Keluarga ke pantai di Bali sambil menikmati snorkeling, tentu paling nikmat jika berkunjung ke Pantai Lovina. Kalian bisa langsung melihat lumba-lumba liar yang berada di perairan tersebut. Selain bersnorkeling, atraksi liar hewan yang satu ini juga turut mencuri perhatian para turis. Pemandangan yang satu ini soalnya jarang ditemui di tempat-tempat lain. Lovina lah yang paling terkenal dengan atraksi liar Lumba-Lumba ini.

Selain itu, kalian juga mengeksplorasi beberapa air terjun yang ada di wilayah Bali Utara, seperti Air Terjun Gitgit, dan Air Terjun Banyumala. Semuanya memiliki pemandangan luar biasa yang sangat sayang apabila dilewatkan. Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan berbagai macam aktivitas liburan keluarga ke pantai di Bali dan menjelajah air terjun di Bali Utara, kalian bisa langsung klik tautan ini : YoExplore – Explore North Bali.

Eksplorasi Air Terjun Bersama YoExplore!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk bagikan pengalaman dan cerita unik kalian di kolom komentar kami ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar