Gaya Hidup

Ada Beberapa Macam Jenis Turis, Kalian Yang Mana?

macam macam jenis turis - YOEXPLORE.co.id
image source : kumpulan.net

YOEXPLORE.co.id – Traveling, memang sebuah hal yang tentunya banyak disukai orang-orang. Terbukti dengan penuhnya destinasi-destinasi wisata pada saat musim liburan. Bagi kalian yang menyukai traveling, kalian pasti sering bertemu dengan macam macam jenis turis. Baik yang aneh-aneh, ataupun yang terlalu mencolok dengan tas besar atau bawaan lainnya. Memang biasanya, mereka yang menyukai kegiatan traveling akan selalu terlihat berbeda dengan turis biasa pada umumnya. Maklum, karena biasanya traveler sudah tau lokasi yang akan ia tuju, sehingga bawaan dan penampilannya juga disesuaikan dengan kondisi tersebut. Jadi, jangan heran ya sahabat explorer kalau kalian melihat orang dengan tas besar dan gear travel lainnya.

Macam Macam Jenis Turis Yang Ada di Dunia

Artikel kali ini akan membahas macam macam jenis turis yang ada. Jenis tersebut tentunya berbagai macam dan ada juga yang lucu sahabat explorer. Enaknya traveling adalah kalian bisa melihat hal tersebut, yang tentunya akan menambah wawasan kalian. Kalau kalian berani, kalian bisa juga kok mengajak mereka ngobrol, semoga saja mereka menyambutnya dengan ramah. Dengan demikian, kalian bisa memperjelas mereka itu siapa dan termasuk dalam kategori jenis turis yang mana. Tentunya, teman kalian akan bertambah dan kalian bisa juga bertanya kepada mereka mungkin tempat bagus lainnya yang bisa kalian kunjungi. Biasanya mereka yang hobi traveling itu sudah pergi ke tempat-tempat bagus lainnya. Kira-kira jenisnya ada apa saja sih? Bisa jadi kalian adalah salah satu dari yang ini! Yuk, langsung kita simak ulasannya!

1. Family Man

Nah, macam macam jenis turis yang pertama ini adalah Family Man. Jika kalian melihat sebuah keluarga yang lengkap Ayah, Ibu, dan anak-anaknya, maka bisa jadi sang Ayah memang tipikal Family Man tersebut. Mau pergi ke mana pun, dia akan selalu membawa keluarganya. Biasanya tipikal yang kaya gini, suka bepergian ke tempat-tempat yang memang ramai dan sudah terkenal. Sepertinya misalnya Bali, Yogyakarta, Malang dan kota-kota besar wisata lainnya.

Hal ini tentunya memiliki dampak yang positif bagi mereka. Keakraban antar sesama anggota keluargapun akan terasa lebih kental. Selain itu, ini adalah momen yang tepat bagi seorang kakak dan adik agar bisa lebih dekat. Dengan melakukan liburan bersama keluarga ini, harapannya adalah aura positif saat libur bersama ini akan terbawa ke rumah setelah mereka selesai berlibur. Wah, memang ya, tipe Family Man ini sudah memperhitungkan itu semua pasti, keren!

2. Pecinta Sejarah

Macam macam jenis turis yang selanjutnya adalah Pecinta Sejarah. Wah, kalau yang ini, biasanya mereka mempelajari sejarah sekalian liburan. Bukannya liburan sambil mempelajari sejarah. Kecintaan mereka terhadap bidang ini, memang bisa mengalahkan segalanya. Terutama bagi mereka yang mengambil jurusan atau sudah menjadi Arkeolog, tentu mereka akan pergi ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi. Khususnya di Indonesia, mereka bisa mengunjungi Gua Pawon yang dekat dengan kawasan Stone Garden. Rumornya disana terdapat beberapa peninggalan sejarah yang masih belum diketahui asal-usulnya.

Mereka juga memiliki tampilan yang sangat santai, namun biasanya mereka selalu membawa kamera dan beberapa alat lainnya yang berhubungan dengan penelitian sejarah. Akan mendapatkan perasaan yang luar biasa apabila mereka menemukan sesuatu yang baru dan bernilai sejarah tinggi. Biasanya, mereka rela untuk tinggal berbulan-bulan hanya untuk meneliti situs peninggalan tersebut.

3. Pecinta Budaya

Nah, kalau macam macam jenis turis yang satu ini sudah cukup jelas ya sahabat explorer tujuannya. Seorang budayawan, biasanya rela untuk pergi ke salah satu tempat yang memiliki budaya yang unik dan menarik. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa, menjadi daya tarik bagi pecinta budaya tersebut. Tidak heran nih, jika kalian sering melihat ada bule di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Bagi mereka, uang bukan masalah. Yang terpenting adalah mereka dapat mempelajari budaya tersebut.

Seperti contohnya di Bali, banyak para bule atau wisatawan Asia lainnya yang datang dan mempelajari kesenian tarian Bali. Mereka rela membayar mahal dan menginap berbulan-bulan demi dapat menguasai tarian tersebut. Selain itu, mereka juga suka untuk melihat upacara adat atau kegiatan masyarakat lokal lainnya. Kecintaan mereka terhadap budaya tersebut, akan mereka catat dan abadikan, sehingga bisa mereka bawa cerita tersebut ke negerinya. Justru, hal positif dari situ adalah nama Indonesia akan semakin mendunia.

Sahabat explorer, bahkan ada juga loh seorang Budayawan yang pada akhirnya menjadi WNI saking cintanya dengan Indonesia. Mereka menganggap Indonesia memiliki budaya yang sangat patut untuk dipertahankan dan dilestarikan. Kalau mereka yang bukan WNI saja bisa suka, masa kalian engga? Jangan mau kalah ya!

4. Sang Petualang

Macam macam jenis turis yang selanjutnya adalah Sang Petualang. Biasanya, mereka identik dengan gaya Backpacker atau Flashpacker nih sahabat explorer. Tujuan mereka traveling tentu adalah untuk menemukan destinasi wisata yang baru. Dalam arti, mendapatkan sebuah tempat yang sangat bagus, dan belum pernah didatangi oleh turis manapun. Biasanya, mereka ini jago membaca peta loh, karena di daerah terpencil sudah bisa dipastikan akan susah jika mengandalkan sinyal handphone. Dengan membaca peta dan menanyakan informasi kepada warga lokal, mereka biasanya akan menemukan tempat yang mereka cari.

Dengan mengandalkan alat transportasi yang seadanya, tidak heran jika bawaan mereka ini terlihat sangat banyak. Bagi kalian yang pernah ketemu dengan tipe turis yang satu ini, langsung ajak ngobrol aja deh. Pasti, kalian akan takjub dengan idealisme dan tentunya destinasi-destinasi wisata yang belum pernah kalian dengar sebelumnya.

Baca Juga : Setelah Revitalisasi, Sungai di Bali Ini Menjadi Objek Wisata Baru

Tipe Yang Manakah Kalian?

Sahabat explorer, itulah macam macam jenis turis yang ada di dunia ini. Mungkin masih ada banyak lagi jenis lainnya, namun, umumnya kalian akan sering bertemu dengan yang kaya gini nih. Apakah kalian termasuk dari salah satu kategori tersebut? Jika memang iya, boleh ya diceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komen kita! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar