Gaya Hidup

Asam Lambung Sering Naik? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Ya!

makanan yang menurunkan asam lambung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : hellosehat

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang terkenal dengan makanan yang rasanya sangat luar biasa nikmat. Selain itu, negara kita juga merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tidak heran, siapapun warga Indonesia yang tinggal di luar negeri, pasti akan selalu rindu dengan kuliner dan kopi Indonesia. Namun, masih banyak orang yang tidak memperhatikan pola makanan dan makanan yang mereka pilih. Oleh karena itu, sering kali kita temui teman, saudara atau anggota keluarga kita yang mengidap Asam Lambung. Penyakit yang satu ini jangan disepelekan loh sahabat explorer, karena bisa berakibat fatal dan pencernaan kita juga menjadi tidak lancar. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang menurunkan asam lambung loh. Kalian sudah tahu?

Makanan Yang Menurunkan Asam Lambung

Kopi, makanan pedas, makanan berlemak, buah-buahan yang asam dapat memicu naiknya Asam Lambung. Dengan demikian, bagi para penderita asam lambung, memilih makanan yang aman untuk lambung memang sedikit membingungkan. Apalagi karena makanan Indonesia yang cenderung pedas, goreng-gorengan dan juga bersantan. Semakin susah saja mencari makanan yang aman untuk lambung, terutama saat berada di luar rumah. Coklat juga termasuk salah satu pemicu naiknya asam lambung, selain itu ada juga bawang bombay, dan juga bawang putih. Makanan Indonesia ini memang banyak bumbunya, oleh karena itu kalian harus memilih terlebih dahulu sahabat explorer. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai makanan yang menurunkan asam lambung. Kalian harus simak nih, karena pembahasan kali ini penting banget. Makanan ini sudah terbukti mampu mencegah dan menurunkan asam lambung seperti yang dilansir alodokter.com. Langsung simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Berani Cobain Kuliner Ekstrim Khas Indonesia Ini?

1. Oatmeal

makanan yang menurunkan asam lambung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : fitfoodiefinds

Makanan yang menurunkan asam lambung atau mencegahnya yang pertama adalah Oatmeal. Siapa sih yang tidak tahu makanan yang satu ini? Pasti sudah banyak sekali ya dari sahabat explorer yang sudah mengkonsumsi makanan ini. Selain rasanya yang nikmat dan juga bisa dicampur dengan berbagai macam lauk atau buah, Oatmeal juga bisa mengatasi gejala asam lambung loh sahabat explorer.

Penderita asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala asam lambung. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung. Dengan demikian dapat meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, Oatmeal tidak hanya kaya akan serat saja loh sahabat explorer, makanan ini juga dapat membuat kalian kenyang lebih lama. Wah, sepertinya juga cocok nih buat kalian yang ingin menjalankan program diet. Coba mulai konsumsi Oatmeal dari hari ini ya sahabat explorer! Mudah kok mendapatkannya, kalian bisa coba mampir ke supermarket terdekat, dan pilih brand yang kalian suka.

2. Lidah Buaya

makanan yang menurunkan asam lambung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : cookingwithsheila

Makanan yang menurunkan asam lambung dan mencegah gejalanya yang kedua adalah Lidah Buaya. Tanaman yang satu ini memang sudah dikenal sebagai penyembuh alami. Bahkan, banyak yang bilang Lidah Buaya adalah obat untuk penyakit asam lambung. Kalian bisa membuatnya menjadi minuman dan mengkonsumsinya untuk kesehatan tubuh dan lambung kalian.

Selain itu, Lidah Buaya juga bisa dijadikan pengental dalam olahan masakan loh sahabat explorer. Tanaman yang satu ini sangat ajaib deh fungsinya!

3. Pisang

makanan yang menurunkan asam lambung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Makanan yang menurunkan asam lambung dan mencegahnya yang ketiga adalah pisang. Buah yang satu ini memang sudah terkenal enak dan menjadi favorit buah-buahan masyarakat Indonesia. Kandungan pH sekitar 5,6 di dalam pisang bisa dibilang sangat cocok untuk penderita asam lambung. Selain pisang, ada juga buah-buahan lain yang bisa kalian konsumsi, seperti pir, apel, atau juga melon sangat cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Ingat ya sahabat explorer, dikonsumsinya saat masih menjadi buah, jangan dijadikan pisang goreng terlebih dahulu. Kalau itu, temannya kopi, yang ada malah tambah naik asam lambungnya. Mulai kurangi makanan yang digoreng ya sahabat explorer!

4. Daging Tanpa Lemak

makanan yang menurunkan asam lambung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : merdeka

Makanan yang menurunkan asam lambung dan mencegahnya yang keempat adalah konsumsi daging tanpa lemak. Konsumsi makanan yang berminyak dan berlemak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Jika kalian ingin mengonsumsi makanan daging seperti ikan, ayam, atau makanan laut lainnya, disarankan untuk memilih yang tanpa kulit.

Tidak hanya tanpa kulit saja sahabat explorer, agar hasilnya lebih maksimal, kalian harus memasaknya dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Kalau digoreng ya sama saja bohong, karena minyaknya tidak bagus untuk lambung kalian. Perhatikan makanan kalian ya sahabat explorer!

Mari Perduli Dengan Kesehatan Lambung

Sahabat explorer, itulah beberapa makanan yang menurunkan asam lambung yang dapat YoExplore rekomendasikan. Mulai dari sekarang rubah pola makan kalian agar asam lambungnya tidak gampang naik ya sahabat explorer. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai berjumpa lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar