Gaya Hidup

Kenapa Buka Puasa Umum Dengan Kurma? Selain Sunnah Nabi Ternyata Manfaatnya Banyak Loh!

manfaat buah kurma - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : klikdokter

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bulan puasa memang biasanya identik dengan iklan sirup dan juga buah kurma untuk berbuka puasa. Buah yang memang dikenal dari timur tengah ini selalu menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang muslim yang menjalankan ibadah puasa. Pasti di rumah kalian menjelang bulan puasa sudah mulai banyak stock kurma kan ya sahabat explorer? Hehe. Selain menjadi Sunnah Rasul, ternyata buah manis ini juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Manfaat buah kurma begitu banyaknya, hingga banyak sekali para ahli gizi yang memang menyarankan makan buah ini saat waktu berbuka. Kira-kira buah yang satu ini termasuk buah favorit kalian bukan sahabat explorer?

Manfaat Buah Kurma

Rasanya yang manis dan buahnya yang empuk, membuat siapapun suka sama buah yang satu ini. Berbagai jenis kurma juga banyak, sesuai dengan iklim dimana mereka tumbuh. Namun, itu hanya masalah rasa dan teksturnya saja sahabat explorer, secara garis besar manfaatnya tetap sama. Dan buah yang satu ini walaupun rasanya manis, tapi aman untuk penderita diabetes. Karena manis yang didapat murni bukan sukrosa, jadi tidak apa-apa dikonsumsi sahabat explorer. Dalam kesempatan kali ini, di bulan yang suci ini YoExplore akan membahas beberapa manfaat buah kurma yang mungkin belum kalian ketahui. Semoga dengan adanya manfaat ini kalian jadi lebih rajin untuk mengkonsumsi buah kurma, bahkan selain di bulan Ramadhan juga. Baiklah kalau begitu, mari kita simak langsung ulasannya yuk sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga : Mengantuk Saat Puasa? Lakukan Tips Ini Biar Tetap Segar!

1. Membantu Mengobati Anemia

Manfaat buah kurma yang pertama adalah Anemia. Biasanya gejalanya adalah kepala sering terasa seperti melayang atau bahasa prokemnya itu “kliyengan”. Ini juga merupakan salah satu tanda dari Anemia atau kekurangan darah sahabat explorer. Kurma memiliki kandungan mineral yang bermanfaat mengatasi anemia atau kekurangan darah. Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, dan zat besi merupakan sebuah komponen yang penting di dalam sel merah.

Oleh karena itu, kurma bisa membantu pembentukan proses sel darah merah, serta meningkatkan kekuatan dan energi yang dapat menghilangkan rasa lelah. Jadi, jika ada dari kalian atau saudara dan teman yang mengidap anemia, coba sarankan mereka untuk mengkonsumsi kurma sahabat explorer. Bisa dimakan secara langsung buahnya, atau dijadikan jus dan dicampur sedikit dengan madu. Setelah mengkonsumsi beberapa hari, efeknya akan terlihat kok sahabat explorer!

2. Memperbanyak ASI

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah memperbanyak ASI. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi para ibu menyusui ya sahabat explorer. Buah kurma itu banyak stoknya di pasaran, tidak harus bulan puasa saja sahabat explorer. Tentunya, ini menjadi kesenangan sendiri bagi para ibu menyusui. Kurma mengandung zat besi dan kalsium yang sangat baik untuk air susu ibu (ASI).

Selain untuk memperbanyak ASI, kurma juga bisa menjadi sumber makanan untuk memulihkan badan setelah melahirkan sahabat explorer. Hal ini juga sangat baik bagi perkembangan bayi yang sedang menyusui.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kurma mengandung serat larut dan juga asam amino yang dapat merangsang proses pencernaan menjadi lebih baik. Efeknya, pergerakan usus bisa lebih sehat dan memperlancar pergerakan makanan melalui usus.

Jika kalian ada masalah seperti sembelit misalnya, cobalah untuk merendam kurma semalaman. Selanjutnya, kalian bisa langsung konsumsi saat sahur tiba atau di pagi hari jika memang tidak sedang berpuasa.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan sistem saraf. Kurma itu memiliki banyak vitamin sahabat explorer, salah satunya adalah vitamin B yang baik dalam menjaga sistem fungsi saraf. Selain itu terdapat pula kalium yang menjadi bahan utama mempromosikan sistem saraf yang sehat dan juga responsif.

Hubungannya adalah, bahwa kurma menjadi pencegah dari kepikunan sahabat explorer. Jika kalian teratur mengkonsumsinya, pikiran kalian masih akan tetap tajam meskipun sudah berumur. Manfaatnya mantap banget deh sahabat explorer!

Puasa Tetap Sehat Dengan Konsumsi Buah Kurma

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat buah kurma yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga bermanfaat bagi kalian yang belum mengetahuinya, dan bagi yang sudah boleh di share ya artikel ini di sosial media kalian!

Seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar