Gaya Hidup

Mulai Coba Deh Tidur Menggunakan Kaus Kaki! Manfaatnya Banyak!

manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: okezone

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang beriklim tropis, sehingga tidak heran jika kita sudah terbiasa dengan yang namanya musim kemarau. Seperti yang kemarau panjang dan kebakaran hutan yang kita alami sekarang, menunjukkan bahwa iklim tropis di Indonesia semakin menjadi aneh saja sahabat explorer. Belum diketahui apa penyebab dari kemarau berkepanjangan ini, namun keadaan ini sudah mulai meresahkan banyak masyarakat ya sahabat explorer, belum lagi dengan polusi yang tinggi. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan dan juga kualitas tidur kita, kadang kita akhirnya menggunakan AC di kamar dengan suhu yang rendah agar dingin, namun itu juga tidak baik untuk kesehatan loh sahabat explorer. Tapi kalian tenang saja, ternyata ada solusi bagi kalian yang ingin tidur di ruangan dingin namun tetap sehat dan justru baik untuk kesehatan. Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur ternyata banyak loh sahabat explorer!

Manfaat Menggunakan Kaus Kaki Saat Tidur

Mungkin memang terdengar aneh kalau kita lakukan di Indonesia yang memang beriklim tropis ini. Tapi jangan salah ya sahabat explorer, bahkan menggunakan kaus kaki untuk tidur ini bermanfaat bagi kalian para penderita insomnia. Kira-kira ada apa saja ya manfaatnya? Dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur sahabat explorer, jadi biar gak penasaran langsung saja kita simak pembahasannya yuk! Cekidot ya!

Baca Juga: Berikut Adalah 4 Hal Yang Dilarang Saat Naik Gunung

1. Mencegah Penyakit Raynaud

Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur yang pertama adalah dapat mencegah penyakit Raynaud. Apa itu Raynaud? Raynaud adalah sebuah kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah di bagian kulit saat sedang kedinginan atau stress. Selama serangan Raynaud berlangsung, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga tubuh jadi mengalami  mati rasa dan kulit berubah warna menjadi kebiruan atau putih. Karena pemicu adalah udara dingin, makan memakai kaus kaki selama tidur bisa bantu atasi gejalanya.

2. Dapat Membuat Tidur Lebih Cepat

Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur yang selanjutnya adalah dapat membuat tidur menjadi lebih cepat sahabat explorer. Percaya gak percaya ini salah satu ‘obat’ bagi kalian yang menderita Insomnia. Dikutip dari laman Liputan6, sebuah studi dari Netherlands Institute for Neuroscience menemukan bahwa memakai kaus kaki sebelum tidur dapat membuat seorang terlelap lebih cepat. Sebab, otak mampu menerima sinyal untuk tidur dari kenaikan suhu kaki. Memang terdengar sederhana ya sahabat explorer, namun cara yang satu ini boleh banget dicoba loh! Kali aja berdampak positif untuk pola tidur kalian! Langsung dicoba malam ini ya!

3. Mencegah Hot Flash Pada Perempuan Menopause

Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur yang selanjutnya adalah dapat mencegah Hot Flash pada perempuan yang sudah menopause. Namun syaratnya kalian harus rutin menggunakannya sahabat explorer. Hot Flash atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Hal itu disebabkan oleh fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang mempengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi yang hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah menjadi memerah. Ada cara untuk mencegahnya, coba gunakan kaus kaki selama tidur. Sebab, kaus kaki dapat menjaga suhu tubuh kalian agar tetap hangat ketika tidur.

Boleh dicoba nih untuk orang tua kalian sahabat explorer, mungkin saja ada perubahan kan sahabat explorer!

4. Menaikkan Suhu Badan Saat Tidur

Manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur yang selanjutnya adalah dapat menaikkan suhu badan saat tidur. Saat sedang tidur, seorang akan mengalami penurunan suhu akibat udara yang dingin, apalagi kalau sudah memasuki pukul 04.00. Sementara itu, udara dingin tersebut bisa membuat pembuluh darah kita akan makin sempit. Akibatnya, sirkulasi darah kalian pun jadi lebih terganggu. Dengan memakai kaus kaki, suhu tubuh akan naik karena terpicu oleh ‘vasodilatasi’ yaitu kondisi dimana pembuluh darah mulai melebar.

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat dari menggunakan kaus kaki saat tidur. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar