Gaya Hidup

Traveling Bersama Anak Itu Banyak Manfaatnya Loh!

manfaat traveling bersama anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: bestindonesiantravel

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, saat kerjaan sudah mulai menumpuk, tingkat stres sudah tinggi, maka jalan keluar satu-satunya hanyalah berlibur. Liburan keluarga adalah salah satu hal yang bisa menjadi escape from routine kalian. Ambil 2-3 hari cuti agar dapat berlibur bersama keluarga. Sekalian menyegarkan pikiran dan otak, ternyata manfaat traveling bersama anak itu juga lumayan banyak loh sahabat explorer. Tentunya manfaat ini untuk perkembangan si anak yang lebih baik. Selain itu hubungan orang tua dan anak juga semakin akrab saja sahabat explorer. Jika mereka memiliki saudara kandung, maka traveling ini baik untuk hubungan mereka juga yang bisa semakin lebih dekat. Intinya perjalanan ini penuh dengan manfaat dan juga kesenangan.

Manfaat Traveling Bersama Anak

Traveling bersama keluarga itu memang harus dilakukan sahabat explorer. Manfaat yang akan kami berikan ini memang secara tidak kasat mata terlihat, namun efeknya akan terasa hingga mereka dewasa. Efek inilah yang memang kebanyakan orang tua inginkan terjadi kepada anaknya sahabat explorer. Seperti apa ya kira-kira manfaatnya? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya ya!

Baca Juga: Ingin Liburan Yang Jauh Dari Keramaian? Datang Aja Ke Salah Satu Pulau Pribadi Ini!

1. Mengajarkan Anak Untuk Lebih Kuat dan Sabar

Manfaat traveling bersama anak yang pertama adalah dapat mengajarkan mereka untuk lebih kuat dan sabar secara mental sahabat explorer. Anak kalian yang ‘terlatih’ dalam menghadapi situasi yang beragam, pastinya akan banyak melihat dan juga mendapatkan pengalaman yang baru dan juga seru. Contohnya saat kita harus mengantre untuk tiket yang panjang, atau menelusuri jarak yang jauh berkendara demi melihat pemandangan indah itu dapat melatih kesabaran dan juga kekuatan mereka. Tanpa kita sadari sahabat explorer, mereka akan terlatih dari situasi ini dan memiliki pemikiran yang cerdas dan juga kritis. 

Walaupun memang mereka merengek mungkin saat mengantri panjang atau capek karena perjalanan jauh, manfaatnya akan terasa saat mereka beranjak dewasa sahabat explorer. Jadi, jangan ragu untuk ajak anak-anak kalian traveling ya! Dijamin bakalan seru, menyenangkan dan juga penuh manfaat yang satu ini!

2. Peka Terhadap Lingkungan

Manfaat traveling bersama anak yang selanjutnya adalah membuat mereka peka terhadap lingkungan.Banyak melihat keindahan bumi ini secara langsung akan menumbuhkan rasa kecintaan mereka terhadap alam. Di sela-sela perjalanan mendaki gunung atau bermain di pantai kalian bisa menyisipkan pelajaran atau edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikan lingkungan terutama di alam bebas. Semoga anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang peka dan cinta terhadap lingkungan sahabat explorer. Kebiasaan ini biasanya akan terbawa hingga mereka beranjak dewasa. 

Cinta terhadap lingkungan itu merupakan hal yang sangat positif sahabat explorer! Tidak ada jeleknya deh jika anak kalian nantinya menjadi pecinta alam!

3. Menghargai Perbedaan

Manfaat traveling bersama anak yang selanjutnya adalah membuat mereka dapat menghargai perbedaan. Mengunjungi tempat yang berbeda-beda saat traveling tentu membuat mereka sadar bahwa perbedaan itu ada dan harus dihormati. Dengan traveling, mereka bisa melihat hal itu secara langsung dan bisa berbaur dengan orang-orang penduduk lokal. Perbedaan akan sangat terasa tentunya, dan pada akhirnya itulah yang membentuk mental mereka agar dapat menghargai sesama dan juga perbedaan antara ras, golongan, atau agama yang lain. 

Selain itu, ini dapat mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur setiap saat sahabat explorer. Pokoknya mantul banget deh manfaatnya!

4. Menemukan Passion Anak

Manfaat traveling bersama anak yang selanjutnya adalah kalian dapat menemukan passion si anak. Sambil jalan-jalan seru kalian bisa serius mengamati passion anak kalian. Anak-anak biasanya selalu penuh dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan tempat baru pasti akan mendatangkan rasa penasaran dan banyak pertanyaan muncul di kepala mereka. Sembari bermain kalian bisa mengamati passionnya. Misalnya kalian mengajak mereka jelajah alam atau sekedar hunting foto bersama. Pokoknya banyak banget deh kegiatan asyik yang pastinya merangsang kecerdasan otak dan menggali potensi serta passion yang mereka miliki.

Nanti Pesan Tiketnya di QLoti ya! Download Langsung di Playstore!

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat traveling bersama anak yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar