Gaya Hidup

Kurangi Sampah Saat Naik Pesawat Dengan Melakukan Hal Ini

mengurangi sampah saat naik pesawat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: dream

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, perjalanan panjang dalam pesawat memang terasa sangat membosankan apabila kita tidak bisa melakukan sesuatu. Apalagi jika di atas sana tidak ada internet sahabat explorer, dengan demikian pasti akan terasa lebih membosankan lagi ya. Oleh karena itu memang hiburan di pesawat harus menarik, agar kalian tidak terasa bosan. Salah satunya adalah makanan, makanan yang enak tentu akan membuat mood kita menjadi lebih baik. Selain makanan juga ada fasilitas pelengkap ya tentunya jika berfungsi dan berkualitas baik akan membuat kita lebih menikmati perjalanan. Namun perlu kalian ingat sahabat explorer, apapun itu hiburannya jangan sampai menimbulkan banyak sampah. Kondisi alam kita yang semakin tidak stabil memang mengharuskan kita untuk lebih peduli lagi terhadap alam. Kita harus bisa mengurangi sampah saat naik pesawat salah satunya sahabat explorer

Mengurangi Sampah Saat Naik Pesawat

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas kiat-kiat yang bisa kalian lakukan untuk bisa mengurangi sampah saat naik pesawat. Peduli lingkungan memang tidak harus selalu berhubungan dengan kegiatan alam, kita juga bisa melakukannya dengan kegiatan seperti mengurangi sampah dan penggunaan plastik sahabat explorer. Dengan demikian, kita tidak mengalami krisis iklim yang nantinya akan berbahaya juga bagi umat manusia di seluruh dunia. Belum lagi dengan kabar beberapa waktu yang lalu bahwa hutan Amazon, hutan di Rusia dan juga di Indonesia ada yang terbakar. Tentunya ini menjadi hal yang serius loh sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ya ulasannya!

Baca Juga: Suka Bersepeda Gunung? Kalian Wajib Memiliki Perlengkapan Ini!

1. Gunakan Boarding Pass Digital

Cara mengurangi sampah saat naik pesawat yang pertama adalah dengan menggunakan boarding pass Digital sahabat explorer. Tentu saja ini akan mengurangi kita dalam menggunakan kertas yang tentunya akan jadi ‘nyampah’. Pastikan untuk melakukan mobile check in sebelum tiba di bandara. Sudah jelas lebih praktis sahabat explorer, selain lebih praktis siapa tahu maskapai penerbangan yang kalian naiki itu memperbolehkan boarding pass digital. 

Lumayan kan kalau kita sudah bisa menghemat kertas, maka setidaknya ada satu hal yang tidak sia-sia kalian lakukan. 

2. Menghindari Kemasan Sekali Pakai

Cara mengurangi sampah saat naik pesawat yang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan kemasan sekali pakai. Sebelum bepergian misalnya, biasakan untuk membawa botol minum sendiri sahabat explorer. Jika penerbangan internasional, kalian dapat mengosongkan botolnya kok. Bawa earphone sendiri dan juga gunakan lah lap untuk pengganti tissue. Kalau bisa bawa juga perlengkapan makan sendiri dan cangkir khusus traveling agar kalian tidak menggunakan benda sekali pakai buang tersebut. 

Selain mengurangi sampah tentunya, penggunaan barang sendiri juga jelas lebih higienis sahabat explorer. Karena kalian sendiri yang memang sudah menggunakan dan membersihkannya setiap habis dipakai. 

3. Bawa Peralatan Mandi Dalam Tas Kecil

Cara mengurangi sampah saat naik pesawat yang selanjutnya adalah membawa sendiri peralatan mandi dalam tas kecil kalian sahabat explorer. Biasanya dalam perjalanan jarak jauh, pesawat menyediakan sikat gigi dan pasta gigi untuk sekali pakai. Nah, kalau bisa kalian menghindari menggunakannya ya sahabat explorer! Lebih baik bawa sendiri pasta gigi dan juga sikat gigi, body lotion, sabun cuci muka dalam ukuran kecil yang memang sesuai dengan standar penerbangan maskapai internasional. 

4. Hindari Godaan Toko Duty Free

Cara mengurangi sampah saat naik pesawat yang selanjutnya adalah menghindari godaan untuk berbelanja di toko Duty Free. Kalian lihat sendiri bagaimana penggunaan plastik yang mereka lakukan, kadang juga dikemas lagi dengan busa agar menjaga keamanannya. Terutama saat kalian membeli minuman sahabat explorer. Oleh karena itu, jika memang tidak perlu banget mendingan gak  usah beli apa-apa ya sahabat explorer!

Hindari Penggunaan Plastik!

Sahabat explorer, itulah beberapa cara mengurangi sampah saat naik pesawat yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Jadi, walaupun perjalanan jauh tidak harus membuang sampah lebih banyak dari biasanya kan sahabat explorer. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar