Gaya Hidup

Berikut Adalah Mitos Vs Fakta Tentang Perawatan Mobil! Simak!

mitos perawatan mobil dan faktanya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
maleindonesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin bagi sebagian kaum lelaki, merawat mobil sudah seperti merawat anak sendiri saja. Hampir setiap hari mereka selalu mengecek keadaan mobilnya, baik di bagian interior mobil, aksesori, sampai ke mesin. Sepertinya kalau tidak mengecek keadaan mobil, maka perasaan akan tidak tenang. Apalagi jika kalian termasuk salah satu orang yang suka modifikasi mobil, baik mesin, aksesoris tambahan atau bagian interior. Biasanya, bagi kalian yang suka traveling, memodifikasi sedikit bagian dalam mobil itu perlu. Agar perjalanan jauh dengan mobil tetap terasa nyaman dan menyenangkan. Sekedar mengecek keadaan mesin, mengganti oli, mengecek kondisi aki memang boleh dilakukan 2-3 bulan sekali. Namun, ada beberapa mitos perawatan mobil dan faktanya yang ternyata sangat berbeda. Kalian sudah pada tahu belum?

Mitos Perawatan Mobil dan Faktanya

Mitos perawatan mobil dan faktanya ini secara tidak sadar banyak kita temui atau bahkan kita lakukan juga sehari-hari. Ada beberapa mitos yang memang baik juga untuk mobil, namun faktanya tidak sesuai sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan beberapa mitos yang akan YoExplore bahas tersebut. Fakta yang pastinya adalah, mobil zaman dahulu dengan sekarang itu berbeda kualitas dan juga build up nya. Dengan demikian, perawatannya pun juga berbeda. Semakin majunya perkembangan teknologi, ada beberapa hal atau kebiasaan yang mungkin kita lakukan pada mobil keluaran lama dengan mobil keluaran sekarang-sekarang ini. Daripada buang-buang waktu dan uang, lebih baik kalian cek terlebih dahulu kepada ahlinya. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer! Cekidot!

Baca Juga : Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Mitos Tekanan Ban

Mitos perawatan mobil dan faktanya yang pertama adalah mengenai tekanan ban. Mitosnya berbicara kalau tekanan ban harus dilebihkan hingga dinding-dinding samping ban menggelembung. Padahal, faktanya tekanan ban besar bukanlah tekanan ideal pada ban.

Jika kalian sedang mengisi tekanan ban mobil, maka jangan pernah melakukannya sembarangan ya sahabat explorer. Lebih baik jika kalian mengikuti besaran angka tekanan ban yang dianjurkan oleh para produsen mobil. Biasanya, besaran tekanan ban itu ditulis dalam stiker yang tertempel di samping pintu pengendara.

Tekanan yang sudah disarankan oleh para produsen mobil, merupakan yang paling aman untuk keseimbangan, handling, dan juga efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, jika kalian melebih-lebihkan tekanan ban tersebut, justru bisa membuat berkendara kalian menjadi tidak nyaman. Jangan biasakan menerapkan mitos yang satu ini ya sahabat explorer!

2. Mitos Oktan Bensin

Mitos perawatan mobil dan faktanya yang kedua adalah mitos oktan bensin. Mitosnya kalau bensin dengan oktan kecil sudah bagus, maka oktan yang lebih besar akan lebih bagus lagi. Faktanya, semua mesin sudah didesain untuk bisa menggunakan bensin regular atau di kisaran oktan 87. Jika kalian mengisinya dengan bensin yang oktannya lebih tinggi, justru itu akan membuang uang kalian sia-sia sahabat explorer. Lebih baik uangnya dibuat beli peralatan mobil yang lainnya kan?

Lebih baik kalian mengisi dengan oktan yang sesuai standar dari pabrikan saja. Cek buku manual mobil kalian agar kalian bisa lebih paham lagi sahabat explorer.

3. Mitos Ganti Oli

Mitos perawatan mobil dan faktanya yang ketiga adalah mitos mengenai ganti oli. Mitosnya kalau oli mobil itu harus diganti setiap 5.000km sekali. Padahal faktanya, dalam kondisi normal, oli mesin itu tahan sampai 12.000km. Namun ada yang perlu dicatat, semua itu tergantung pada pemakaian mobilnya juga. Jika memang mobil kalian jarang digunakan, maka penggantian secara rutin tersebut juga tidak perlu dilakukan sahabat explorer. Hal tersebut juga tidak ekonomis, karena dana yang dikeluarkan untuk sekali mengganti oli itu lumayan besar juga loh sahabat explorer dan juga merupakan tindakan yang percuma. Diingat fakta yang satu ini ya!

4. Mitos Musim Berubah

Mitos perawatan mobil dan faktanya yang terakhir adalah mitos service tambahan saat musim atau cuaca sedang berubah. Mungkin ini adalah salah satu mitos yang paling tidak masuk akal sahabat explorer. Karena faktanya tak perlu ada perlakuan khusus pada mobil dan tidak ada pengaruhnya sama sekali pada saat kondisi cuaca berubah-rubah.

Ini hanya omongan pepesan kosong belaka saja sahabat explorer, jangan sampai kita termakan dengan mitos yang satu ini. Tentunya akan sangat membuang uang sekali, karena biaya sekali service di dealer resmi itu mahal loh. Jangan pernah percaya mitos yang satu ini ya!

Rawat Mobil Sesuai Arahan Produsen

Sahabat explorer, itulah beberapa mitos perawatan mobil dan faktanya yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, hati-hati berkendara, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar