Gaya Hidup

Siapkan Passport Kalian! Kunjungi Negara Bebas Visa Ini Ya!

negara yang bebas visa untuk orang indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : qtiket

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, semakin hari, dunia pariwisata semakin berkembang saja. Kerjasama antara negara dalam urusan pariwisata juga semakin berkembang dari zaman ke zaman. Contohnya seperti Indonesia yang memberikan harga tiket pesawat murah bagi negara tetangga kita untuk trip ke Banyuwangi misalnya. Harga tiket hanya 1 juta rupiah, mereka sudah bisa berangkat ke Banyuwangi. Namun sayangnya, orang Indonesianya justri diberikan biaya yang lebih mahal ya sahabat explorer, hehe padahal seharusnya penerbangan domestik itu lebih murah! Namun mari kita kesampingkan hal aneh tersebut terlebih dahulu, sekarang kita akan bahas mengenai traveling ke luar negeri nih sahabat explorer. Kalian tau gak sih, kalau ada beberapa negara yang bebas visa untuk orang Indonesia? Tentunya ini menjadi info yang sangat menarik loh sahabat explorer!

Negara Yang Bebas Visa Untuk Orang Indonesia

Negara yang bebas visa untuk orang Indonesia ini memang benar-benar bebas visa atau hanya On Arrival saja. Jadi, bagi kalian yang memang ingin mencoba liburan ke luar negeri selain Malaysia dan Singapura, maka kalian harus baca ulasan YoExplore kali ini. Kami akan membahas beberapa negara tersebut yang mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat traveling. Langsung simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Suka Solo Traveling? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini Ya!

Berikut adalah negara yang bebas visa untuk orang Indonesia, kalian hanya perlu membawa passport saja :

Amerika

  1. Aruba Bebas Visa. Hanya untuk yang memiliki izin tinggal / residency permit (temporary atau permanent) atau entry permit di Amerika Serikat, Kanada, negara-negara Schengen, dan juga negara bagian kerajaan Belanda. Dan juga pemegang diplomatic passport Indonesia saja.
  2. Bermuda Bebas Visa selama 6 bulan
  3. Chili Bebas Visa selama 90 hari
  4. Colombia Bebas Visa selama 90 hari. Dan bisa diperpanjang 90 hari lagi
  5. Costa Rica Bebas Visa selama 30 hari. Harus pernah (ada stamp di passport) ke Amerika Serikat, Canada atau Negara Schengen.
  6. Cuba Bebas Visa selama 30 hari. Harus membeli tourist card dulu sebelum berangkat sebagai syarat utama.
  7. Ecuador Bebas Visa selama 90 hari
  8. Haiti Bebas Visa selama 3 bulan
  9. Jamaica Bebas Visa selama 6 bulan. Bagi orang Indonesia yang punya residency (izin tinggal) permit Amerika Serikat saja.
  10. Peru  Bebas Visa selama 90 hari
  11. Saint Vincent Bebas Visa selama 1 bulan
  12. Dominica Bebas Visa selama 21 hari

Asia

Itulah beberapa negara yang bebas visa untuk orang Indonesia. Jika kalian perhatikan, itu hanya di benua Amerika saja loh! Masih ada negara lainnya di Asia! Berikut adalah negara-negaranya :

  1. Hong Kong Bebas Visa selama 30 hari
  2. Iran Bebas Visa selama 15 hari
  3. Macau  Bebas Visa selama 30 hari
  4. Maldives Bebas Visa selama 30 hari
  5. Sri Lanka Visa On Arrival selama 30 hari
  6. Jordan  Visa On Arrival selama 1 bulan
  7. Nepal  Visa On Arrival selama 60 hari
  8. Oman  Visa On Arrival selama 1 bulan
  9. Tajikistan Visa On Arrival selama 45 hari. Di Dushanbe airport – kalian harus menunjukkan invitation ‘letter’ (menyatakan tujuan kunjungan kalian) atau travelling dengan ‘licenced tour operator’ di Tajikistan.
  10. East Timor Visa On Arrival selama 30 hari. Bagi warga negara Indonesia yang dekat atau di perbatasan East Timor (Timor Timur) dikecualikan untuk urusan Visa ini apabila akan masuk East Timor.
  11. India  Visa On Arrival selama 30 hari. Hanya di 4 bandara ini yang terbuka untuk pengurusan VOA bagi pemegang passport Indonesia, yaitu: Mumbai, Delhi, Chennai dan juga Calcutta. Biaya USD 60 dan juga harus melampirkan alamat dan nomor telepon sponsor (teman/kerabat) yg tinggal di India.
  12. Jepang  Bebas Visa selama 15 hari bagi pemegang e-passport (khusus)
  13. Palestina Bebas Visa

Eropa

Nah sahabat explorer, bagaimana? Masih belum puas juga? Jangan panik, mungkin kalian bertanya-tanya mana bagian negara yang bebas visa untuk orang Indonesia di Eropa? Kami kasih ke kalian nih daftar-daftarnya! Cekidot :

  1. Albania yang hanya memiliki residency permit salah satu dari Schengen Country atau yang memiliki multi entry Schengen Visa model C atau juga D.
  2. Andorra bebas visa selama 7 hari. Multiple entry Schengen Visa diperlukan. Masuk Andorra berarti keluar dari Schengen Country karena negara ini bukan bagian dari Schengen, tanpa bandara dan terjepit diantara negara Perancis dan juga Spanyol.
  3. Croatia bebas visa selama 14 hari. Hanya untuk pemegang passport diplomatic
  4. Kosovo Visa On Arrival selama 90 hari. Tujuan turis harus menunjukkan bukti booking hotel, reservasi, voucher atau dokumen lainnya, sedangkan untuk tujuan bisnis harus ada surat dari sponsor (kerabat/teman) atau undangan dari perusahaan.
  5. Serbia  bebas visa selama 14 hari. Hanya untuk pemegang passport diplomatic
  6. Azerbaijan Visa on Arrival selama 30 hari
  7. Armenia Visa On Arrival selama 120 hari
  8. Bellarusia Visa On Arrival. Tidak tahu berapa harinya, namun hanya dari Minsk Airport saja.
  9. Turki Visa On Arrival selama 30 hari
  10. Cyprus Bebas Visa
  11. South Ossetia Bebas Visa
  12. TransNistria Bebas Visa

Mau Beli Tiket Pesawat? Download Qloti Aja di Playstore!

Sahabat explorer, itulah kumpulan beberapa negara yang bebas visa untuk orang Indonesia. Wah, berarti kerjasama negara kita dengan negara yang lainnya itu luar biasa banyak dan bermanfaat bagi masyarakat ya sahabat explorer. Jadi, bagi kalian yang memang ingin traveling ke dalam salah satu negara yang disebutkan di atas lagi, jangan lupa urus passport kalian ya. Dan kalian juga harus lagi mengecek mengenai visa tersebut, karena siapa tau ada perubahan tanpa informasi sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan selanjutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar