Gaya Hidup Pantai

Nha Trang, Wisata Pantai Terbaik di Vietnam Untuk Keluarga

long coastal line in Nha Trang

Pantai panjang dengan pasir putih

Saya terbangun dari tidur saat mendengar suara pilot yang ramah menginformasikan pesawat yang saya naiki dari Kuala Lumpur akan mendarat di Nha Trang. Tanpa diperintah saya segera menegakkan kursi dan melempar pandangan ke jendela. Mata saya pun terbelalak dan mulut saya tersenyum. Pemandangan di bawah sana sungguh luar biasa indah. Seperti foto dalam majalah wisata. Mata saya dimanjakan oleh pemandangan pulau yang hijau dan dipinggirnya membentang garis pantai yang panjang yang terlihat indah.  Pantai berwarna putih kekuningan beradu dengan warna biru yang menenangkan. Ah pantas, pulau ini terkenal sebagai destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam. Nha Trang ternyata masuk dalam daftar teluk terindah di dunia !

Selamat datang di Nha Trang

Nha Trang adalah kota resor pantai di Vietnam bagian selatan yang terkenal dengan pantainya, lokasi penyelaman, dan pulau-pulau lepas pantai. Pantai utamanya adalah bentangan panjang dan melengkung di sepanjang Jalan Tran Phu yang didukung oleh kawasan pejalan kaki, hotel, dan restoran makanan laut. Perjalanan dari Bandara yang terletak di luar kota menuju hotel tempat saya menginap tidak menjadi tiga puluh menit yang membosankan. Sepanjang jalan saya menikmati bukit-bukit dan hamparan pantai panjang yang indah dan bersih. Ah baru hari pertama saya sudah yakin kota ini akan menjadi wisata pantai terbaik di Vietnam versi saya.

Jalan Tran Phu dari atas roof top Skylight Bar

Apa betul Nha Trang merupakan destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam untuk keluarga ? Tentunya Sahabat Eksplorer sendiri yang bisa menilai. Tapi yang jelas, kota ini sangat terkenal bagi turis atau traveler dari China, Russia dan Korea Selatan. Bahkan jika Sahabat Eksplorer memperhatikan, beberapa restoran dan toko menulis informasi dalam bahasa Vietnam, China dan Russia. Kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga (anak, ibu, ayah, kakek dan nenek) sebagian lainnya datang untuk honey moon, tour dalam grup besar (1 bis) atau bersama kelompok remaja. Nha Trang juga pernah menjadi tuan rumah perhelatan internasional Miss Universe di tahun 2008 dan Miss Earth di tahun 2010.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau yang terkenal mempunyai teluk terindah di dunia ini ? Sahabat eksplorer pengen tahu?

Hari Pertama

Hari pertama saya mencoba makanan sea food di kota yang memang terkenal akan hasil perikanannya. Sea food di sini segar dan langsung dimasak. Saya mencoba udang dan sayur terong panggang. Sea food Nha Trang makin melengkapi kesan pulau ini sebagai wisata pantai terbaik di Vietnam. Sore hari saya menikmati pantai yang ada di sepanjang jalan Tran Phu.

Restoran Sea Food di Nha Trang

Menu makan siang

Sore hari saya menikmati pantai yang ada di sepanjang jalan Tran Phu. Pantai panjang ini menjadi ikon di Pulai Nha Trang. Pemandangan yang kontras gedung-gedung hotel yang tinggi di pinggir jalan dan pantai ditingkahi suara deburan ombak dan angin yang cukup kencang membuat kawasan ini selalu ramai oleh turis manca negara.

Pantai panjang dengan pasir putih

Perlu Sahabat Eksplorer ingat, walaupun daerah pantai, suhu di Nha Trang tidak terlalu panas. Siang hari  suhu tertinggi sekitar 27 derajat celcius. Sore atau malam agak sejuk. Karena angin dari pantai kencang, saya sarankan untuk membawa jaket.  Tran Phu tampaknya area turistik terkenal di Nha Trang. Selain banyak hotel-hotel besar di sepanjang pantai, di sekitar pantai terdapat restoran Seafood yang menyajikan masakan dari ikan laut segar yang dipamerkan dalam akuarium atau ember,  restoran tradisional yang menyajikan menu tradisional Vietnam, toko-toko suvenir dan outlet pijat refleksi. Saya melewatkan tawaran pijat refleksi, karena ternyata di Nha Trang ada tempat spa yang lebih menarik. Tour guide yang mengantarkan saya bilang dijamin saya akan menikmati spa di tempat yang akan saya kunjungi di hari ketiga.

Salah satu ikon di Jalan Tran Phu

Suasana malam yang nyaman di sekitar pantai

Mau makan apa Sahabat Eksplorer?

Malam ini saya mencoba masakan tradisional Vietnam di Restoran Galangal. Kalau Sahabat eksplorer datang ke sini tepat jam 19.00, Sahabat Ekplorer mesti sabar menunggu antrian. Di bagian depan restoran terdapat dapur dengan dinding kaca yang sengaja memperlihatkan bagaimana menu tradisional Vietnam dimasak. Dari buku menu pula pengunjung bisa tahu bumbu terutama rempah-rempah apa saja yang digunakan orang Vietnam untuk memasak masakan mereka yang lezat. Malam ini saya mencoba Pho daging sapi, dan penganan khas Vietnam yang terbuat dari tepung beras dan udang dengan minuman teh Jahe. Yang unik dari teh jahe ini, jahe yang disajikan adalah manisan jahe yang cara menikmatinya dengan dikunyah bersama teh tawar hangat.

Restoran ini menyajikan menu tradisional

Pho Daging Sapi

Terong panggang

Kue tradisional Vietnam

Kue tradisional Vietnam dari tepung beras

Minum teh dengan manisan jahe

Selesai makan, sambil berusaha membuat perut yang kekenyangan rata kembali, saya jalan-jalan santai di sepanjang pantai menyusuri keriuhan turis dan warga setempat di pinggir pantai.

Kota Nha Trang terjaga kebersihannya

Hari Kedua.

Mumpung Hotel tempat saya tinggal ada di dekat pantai, pagi hari jam 6 saya langsung bergegas ke pantai. Kelebihan Hotel Premier Havana ini, memiliki terowongan yang langsung menghubungkan hotel dengan pantai.

Terowongan yang menghubungkan Hotel Premier Havana dan pantai

Saya langsung mengambil kursi malas yang disediakan hotel menanti matahari terbit. Memang tidak sesempurna di Bali yang bisa melihat siluet matahari utuh, karena matahari terbit dari bukit-bukit atau pulau di seberang pantai. Tapi saya cukup menikmati pagi hari yang indah tanpa kepenatan, hanya angin pantai, deburan ombak dan suara tawa anak-anak kecil bermain gundukan pasir.

Menanti matahari terbit

Siluet matahari terbit dari balik Pulau Vin Pearl

Walaupun Nha Trang saya yakini adalah destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam, tapi tentunya kurang lengkap jika tidak mengunjungi beberapa ikon kota yang menjadi bagian dari kota ini. Setuju kan, Sahabat Eksplorer ? Jadi saya putuskan hari ini untuk mengunjungi beberapa tempat ibadah yang juga menjadi bagian sejarah kota Nha Trang.  Pertama saya mengunjungi Pagoda Long Son.

Biksu bersepeda di Kompleks Pagoda

Pintu Gerbang Pagoda

Arsitektur Pagoda yang indah

tangga menuju patung Budha

Pagoda yang terletak di kaki bukit ini dibangun dari tahun 1886. Kompleks Pagoda dan bangunan sekolah biarawan Budha ini pernah rusak saat Perang Vietnam, dan direstorasi lagi sejak tahun 1971. Di atas bukit terdapat patung Budha raksasa berwarna putih. Dari sini Sahabat Eksplorer bisa melihat kota Nha Trang dari ketinggian.  Bangunan ini sampai sekarang masih digunakan Biarawan dan umat Buddha untuk beribadah.

Patung Budha di puncak bukit

Pemandangan pulau dari atas bukit

Setelah mengunjungi Pagoda Long Son, tour guide mengajak saya ke Po Nagar Tower. Sebelum mencapai Kuil ini, kami melewati jembatan di atas sungai dengan pemandangan perahu-perahu kecil yang dicat biru dan diberi mata.

sungai Cai

Tour Guide saya menjelaskan itu adalah kepercayaan orang setempat supaya perahu mereka aman.  Po Nagar adalah tempat ibadah orang Champa yang beragama Hindu. Kompleks peribadatan ini dibangun lebih awal dari Pagoda Long Son, yaitu tahun 781. Po Nagar mempunyai arti bumi pertiwi. Untuk masuk ke kuil-kuilnya pengunjung harus berpakaian sopan. Tapi tenang, kalau Sahabat Eksplorer mengenakan celana pendek di atas lutut, mereka meminjamkan baju khusus secara gratis (sudah termasuk harga tiket). Sampai sini kami para turis dihibur tarian tradisional Champa yang menurut saya agak mirip-mirip dengan tarian tradisional dari Sumatera. Dari bagian atas Po Nagar saya bisa melihat sungai Cai sambil meneguk kelapa kecil segar langsung dari batoknya.

pagar depan kompleks Kuil Po Nagar

Kuil Hindu Suku Campa

Spot favorit untuk foto instagramable

pemandangan dari atas

Tarian Tradsional Suku Campa

Baju raja Suku Campa

Tas dari kain tenun

Saya sempat bertanya ke Tour Guide saya tentang manisan jahe yang saya makan semalam. Tour Guide saya pun langsung mengantarkan saya ke pasar tradisional setempat, Dam Market, letaknya tidak jauh dari Po Nagar. Di pasar ini kita bisa beli aneka manisan, biji bunga Lotus, kacang mede, ikan dan hasil laut yang dikeringkan dengan bumbu sambal pedas, tas dari kain tenun suku Campa, dan lain lain.

manisan khas Nha Trang

Manisan jahe bagus untuk kesehatan

Selesai membeli oleh-oleh khas Nha Trang, perut saya memberontak minta diisi. Tour guide saya membawa kami ke Mama Moo Restaurant. Restoran ini memang terkenal dengan steak dan lumpianya jadi kami pesan itu. Sekedar mengingatkan Sahabat Eksplorer, mungkin karena banyak turis Russia, atau memang orang Vietnam makannya banyak, kebanyakan porsi di restoran-restoran Nha Trang cukup besar untuk kita orang Indonesia. Siang ini saya mencoba Pho daging sapi, lumpia udang dan cumi bakar. Yummy ! Walaupun sempat kewalahan untuk menghabiskan, tapi saya puas ! Oh iya, jangan lupa pesan minuman jus mangga. Nha Trang selain terkenal dengan hasil lautnya, juga terkenal dengan buah-buah segar. Jus yang disajikan di Nha Trang kebanyakan pekat dan segar. Itu baru sebagian cerita dari kuliner khas Nha Trang, pasti Sahabat Eksplorer setuju deh kalau saya bilang Nha Trang adalah destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam untuk kuliner bersama keluarga.

Pho daging sapi

lumpia

cumi panggang

Jus mangga segar tanpa dicampur air

Sahabat eksplorer pernah melihat beberapa restoran roof top di Jakarta  atau kota lainnya? Di Nha Trang juga ada reoof top yang terkenal nih, tepat di lantai 45  Hotel Premier Havana. Untuk ke Roof Top Sahabat Eksplorer harus membeli tiket. Harga tiket itu termasuk minuman gratis. Sampai di atas saya hanya bisa berdecak kagum. Sungguh indah pemandangan kota Nha Trang, terutama jalan Tran Phu, dari ketinggian lantai 45. Kerlap kerlip lampu motor dan mobil, matahari terbenam, buih-buih ombak, dan gedung-gedung pencakar langit bagaikan foto indah di dalam kartu pos. Inilah salah satu cara terbaik menikmati waktu tanpa melakukan apa pun.

Nha Trang dari Skylight Bar

menikmati senja dari Roof top

cara terbaik menikmati panorama Nha Trang

Selesai menikmati sore hari di Skylight Havana Bar, saya memutuskan untuk menyusuri pasar malam di Jalan Tran Phu. Lampion kerlap kerlip menyambut tahun baru China membuat suasana di sini mirip Jonker Walk di Melaka.

Pasar Malam di Jalan Tran Phu

Hari Ketiga

Seperti yang dijanjikan oleh Tour Guide, hari ini kami pergi relaksasi di spa yang sangat terkenal hingga ke turis manca negara. Sahabat Eksplorer pernah punya pengalaman mandi lumpur ? Kalau belum, mesti datang nih ke Nha Trang yang menurut saya adalah destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam. Saran saya dari rumah ngga perlu mandi toh nanti akan merasakan perawatan lengkap di Spa MudBath I Resort. Resort ini terletak tidak jauh dari pantai, tetapi terletak di daerah yang lebih tinggi. Berendam di bak mandi diyakini baik untuk kesehatan, karena lumpur yang digunakan merupakan lumpur alami yang terbentuk dari perubahan geologi. Lumpur mineral berasal dari tanaman seperti pohon, bunga, rumput yang terkubur atau dari tanah dan termasuk bahan-bahan yang organik, anorganik, zat yang mengandung karbon dan mudah menyerap air. Di Resort ini disediakan ruang publik dan ruang VIP yang tertutup.

Yuk relaksasi di sini

Mandi lumpur bagus untuk kesehatan

tersedia cottage VIP spa

Rangkaian perawatan di I Resort ini adalah berendam di air lumpur hangat, berenang di Jacuzzi air hangat dengan pusaran air (whirl pool), direndam di air mineral hangat dan campuran rempah yang terdiri dari jahe, kunyit dan sereh, pijat badan selama 45 menit dan makan siang.

mandi lumpur mineral

bersihkan lumpur sebelum berendam

menikmati whirlpool

Sahabat eksplorer mau tahu apa saja manfaat Spa dengan air lumpur mineral?

1. Meredakan sakit dan nyeri otot serta persendian. Panas dalam dari lumpur dan air panas bumi memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa.

2. Relaksasi yang sempurna, karena campuran lumpur dan air panas bumi menghilangkan stres dari tubuh.

3. Detoksifikasi tubuh. Air panas bumi, campuran lumpur mineral dan rempah-rempah mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh.

4. Melembutkan kulit. Abu vulkanik mengelupas kulit mati.

5. Panas dari air panas bumi dan jet Jacuzzi memperkuat sirkulasi Anda.

6. Menyeimbangkan level pH tubuh. Mineral kompleks dari air panas bumi Calistoga dimasukkan ke dalam tubuh Sahabat Eksplorer, membantu menyeimbangkan pH alami tubuh.

7. Pijatan akan lebih efektif, karena mandi lumpur dan mineral akan mempersiapkan otot-otot Sahabat Eksplorer lebih relaks

berendam di air rempah

siap menikmati pijatan

snack buah

Habis dipijat, ditutup dengan makan siang

Setelah kulit menjadi lebih halus dan otot lebih relaks, malam hari saya bergabung dengan grup yang sebagian besar turis Rusia menikmati perjalanan kapal pesiar ‘Emperor Cruises’. Jam 17.00 peserta Tur Kapal pesiar sudah dijemput untuk dibaca ke pelabuhan. Kapal berlayar ke beberapa pulau kecil di Teluk Nha Trang. Menurut jadwal harusnya kami menikmati makan malam ala Eropa di Pulau Vin Pearl, tempat hiburan seperti Dunia Fantasi.  Sayangnya karena ombak dan angin cukup besar, kami hanya makan malam di dalam kapal. Sebelum ikut tur ini pengelola dari Emperor Cruises sudah memberitahu menu makanan ringan dan makan malam. Untuk Sahabat Eksplorer yang muslim atau vegetarian bisa memberitahukan pilihan menu.

Petugas menjelaskan rute dan sejarah Nha Trang

welcome snack

Menikmati Senja dari Kapal

Pulau Vin Pearl

Sup labu

Menu ikan laut

Kerang panggang dengan keju

Lobster panggang dengan spageti

Nah itu cerita perjalanan saya di Nha Trang, destinasi wisata pantai terbaik di Vietnam. Mengapa saya sebut terbaik? Karena menurut saya ini adalah paket yang tepat, tidak hanya bisa bermain di pantai berpasir putih, wisata kuliner sea food dan makanan tradisional Vietnam, naik kapal pesiar, tetapi juga Sahabat eksplorer bisa berelaksasi di Resort Spa mencoba mandi lumpur dengan air panas bumi. Perjalanan saya ini cocok tidak hanya untuk keluarga, juga untuk Sahabat Eksplorer yang ingin menikmati liburan Bulan Madu atau Liburan Wedding Anniversary bersama pasangan tercinta. Untuk tour lainnya di Vietnam, Sahabat Eksplorer bisa coba paket tour Ho Chi Minh dan bermalam di kapal pesiar. Jangan lupa coba kopi Vietnam selagi di Nha Trang ya, Sahabat Eksplorer !

senja di Teluk Nha Trang

Seruput dulu kopinya

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang penulis

Sari Musdar

Sari Musdar

Hai, Saya adalah kontributor untuk Majalah YOEXPLORE. Saya memiliki kualifikasi sebagai pelatih tersertifikasi Google, praktisi di bidang SDM, pelatih kewirausahaan untuk UMKM, dan penulis 3 buku laris, diantaranya "Cinderella In Paris" dan "Panduan Hemat Keliling Amsterdam, Brussel, Paris, Luxemburg, & Trier"

Tinggalkan komentar