Gaya Hidup

Berikut Adalah Panglima Terbaik Di Dunia! Salah Satunya Dari Indonesia!

panglima terbaik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: merdeka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dalam sebuah masa kerajaan, tentu saja kerajaan yang besar bukan tanpa alasan. Keadilan yang merata, kekayaan alam yang dimiliki, otak cerdas sang raja dan tentunya kekuatan militer. Zaman dahulu peperangan itu memang sangat umum sahabat explorer, tujuannya adalah untuk merebut kekuasaan atau wilayah. Pada akhirnya ada beberapa kerajaan yang beraliansi atau bersekutu untuk menundukkan sebuah kerajaan lain yang memang kuat dan berbagi hasil wilayahnya. Namun, banyak juga kerajaan yang runtuh dengan sendirinya dikarenakan masalah internal. Jika kita tengok buku sejarah, kerajaan yang besar tersebut berdiri tidak luput dari tangan para panglima perangnya. Bisa dibilang panglima tersebut merupakan panglima terbaik di dunia. Wajar saja karena melihat jumlah peperangan yang dimenangi dan juga besarnya wilayah kekuasaan. 

Panglima Terbaik Di Dunia

Panglima perang memegang peranan yang sangat penting, tidak bisa dipandang sebelah mata. Taktik peperangan, jumlah pasukan memang biasanya panglima perang lah yang lebih paham dibandingkan raja itu sendiri. Dengan demikian, kesuksesan sebuah kerajaan memang tidak luput dari peran seorang panglima. Bahkan, ada beberapa panglima yang akhirnya mengkudeta sahabat explorer, saking mereka ingin mendapatkan kekuasaan. Tapi biasanya, yang seperti ini tidak lama, karena tujuan buruknya yang memang merebut yang bukan haknya. Sekarang YoExplore akan membahas beberapa panglima terbaik di dunia yang pernah ada. Kira-kira ada siapa saja ya? Yuk kita simak ulasannya!

Baca Juga: Liburan Ke Negara Bersalju? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ski Salju Ini Ya!

1. Napoleon Bonaparte

panglima terbaik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: historyextra

Panglima terbaik di dunia yang pertama adalah Napoleon Bonaparte. Sebelum mengangkat dirinya sendiri sebagai kaisar di Perancis, Napoleon sudah terlebih dahulu dikenal oleh dunia barat sebagai seorang pemimpin militer yang handal. Namanya ditakuti oleh  banyak negara. Napoleon lahir di Corsica, 15 Agustus 1769 dan karirnya melesat selama Revolusi Prancis. Berkat penyerangan-penyerangan yang beliau pimpin selama Perang Revolusioner Perancis dan Perang Napoleon, Perancis berhasil mendominasi Eropa selama satu dekade dan menghabisi musuh-musuh dalam selimut yang bisa membahayakan koalisi tersebut.

Napoleon diingat sebagai pria yang bertubuh kecil namun memiliki ambisi yang besar. Kharismanya membuat orang-orang yang pernah bertatap muka dengannya Napoleon keheranan, karena fisiknya sama sekali tidak sesuai dengan reputasinya yang sangat menakutkan tersebut.

2. Genghis Khan

panglima terbaik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: historyhit

Panglima terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Genghis Khan. Genghis Khan merupakan seorang pendiri Kekaisaran Mongol dan Khan Agung yang pertama. Bagi sebagian besar warga Mongolia, beliaulah pendiri negara tersebut. Pria ini lahir dengan nama Temujin dan berkuasa setelah menyatukan suku-suku nomaden di timur laut Asia lewat beberapa pertempuran penting.

Setelah diangkat menjadi Genghis Khan, dia menjalankan beberapa invasi dan menaklukkan sebagian besar Eurasia. Di akhir hayatnya Kekaisaran Mongol telah menduduki titik penting di Asia Tengah dan juga di China.

Genghis Khan dan juga para prajuritnya ditakuti karena sering melakukan pembantaian besar-besaran terhadap warga sipil di daerah taklukan mereka. Bahkan wanita dan anak-anak pun juga tidak lolos dari pembunuhan. Namun jasanya sangat besar bagi masyarakat Mongolia sahabat explorer. Toleransi antar umat beragama yang diciptakan juga sangat tinggi!

3. Alexander Agung

panglima terbaik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: wikipedia

Panglima terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Alexander Agung. Alexander III dari Makedonia atau lebih akrab dengan sebutan  Alexander Agung merupakan seorang raja dan juga panglima militer yang mendapat julukan ‘agung’ karena kehebatannya sebagai seorang pemimpin perang. Alexander tidak pernah kalah dalam setiap pertempuran, bahkan ketika jumlah pasukan yang ia miliki kalah jumlah. Semua itu berkat taktik cerdas, strategi yang berani, dan juga didukung oleh kesetiaan para prajurit.

Alexander meninggal di usia yang masih sangat muda, yaitu 32 tahun. Dia menghabiskan sebagian besar tahun-tahun kekuasaannya dalam sebuah kampanye militer melalui Asia dan juga Afrika timur laut, kemudian menciptakan salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah. Daerah kekuasaannya meliputi Yunani, India, Eropa, Persia, dan juga Mesir.

4. Gajah Mada

panglima terbaik di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Panglima terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Gajah Mada. Mahapatih Gajah Mada dikenal sebagai seorang jendral dan juga panglima besar perang yang handal dari Nusantara. Beliau melaksanakan tugas politik penyatuan Nusantara selama bertugas sebagai Patih di kerajaan Majapahit. Berkat kegigihannya, negara-negara di luar wilayah Majapahit berhasil dia taklukkan, antara lain Gurun (Lombok), Seram, Tanjung Pura (Kalimantan), Haru (Sumatera Utara), Pahang (Malaya), Dompo, Bali, Sunda, Palembang (Sriwijaya), dan juga Tumasik (Singapura). Bahkan menurut Nagarakretagama, nama-nama negara yang disebutkan di atas masih kurang, faktanya jauh lebih banyak lagi.

Bersama dengan Laksamana Nala yang mengomandani pertempuran di laut, Gajah Mada memulai kampanye militer ke Swarnnabhumi (Sumatera), Bintan, Tumasik (sekarang Singapura), dan Semenanjung Malaya. Bersama dengan Arya Damar dia menaklukkan Bedahulu (di Bali), Lombok, Kapuas, Katingan, Sampit, Kotalingga (Tanjung lingga), Kotawaringin, Sambas, Lawai, Kendawangan, Landak, Samadang, Tirem, Sedu, Brunei, Kalka, Saludung, Sulu, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjungkutei, dan Malano. Gimana sahabat explorer? Luar biasa banget kan ya prestasi patih asal Indonesia yang satu ini!

Panglima Terbaik Di Dunia

Sahabat explorer, itulah beberapa panglima terbaik di dunia yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar