Gaya Hidup

Suka ke Pasar Tradisional? Udah Tau Pasar Terbesar di Dunia Belum?

pasar tradisional terbesar di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : okezone

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, pasar memang merupakan sebuah tempat yang paling ramai dikunjungi orang, baik pagi hari, maupun sore hari. Pasar memang merupakan tempat terjadinya jual beli antara pedagang dan pembeli. Barang-barang yang ada di pasar juga bermacam-macam, mulai dari kebutuhan pokok, hingga aksesoris-aksesoris lainnya. Seiring dengan perkembangan sejarah, pasar juga menjadi tulang punggung ekonomi dari suatu negara. Hampir di setiap kota atau daerah, pasti memiliki pasar tradisionalnya masing-masing. Mengunjungi pasar memang banyak sekali yang bisa kalian lihat, dan pasti tidak bisa sebentar jika mengunjungi tempat ini. Banyak sekali sesuatu yang bisa kita lihat saat berkunjung ke pasar, mulai dari dagangan para pedagang, hingga aktivitas orang-orang yang ada di sana. Tapi, apakah kalian tahu pasar tradisional terbesar di dunia itu apa saja?

Pasar Tradisional Terbesar di Dunia

Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan orang di pasar. Mulai dari berbelanja, mencari makanan tradisional, membeli barang grosir, hingga aktivitas fotografi. Kalian bisa membuat foto dengan konten human interest tentunya. Selain itu, kalian juga bisa berinteraksi dengan mereka dan melihat bagaimana cerminan budaya dari tempat tersebut. Semua hal itu memang bisa terlihat dari pasarnya, dari apa yang mereka jual, bagaimana mereka bertransaksi dan sebagainya. Namun, jika kalian sedang berkunjung ke beberapa negara ini, jangan lupa untuk datang ke pasarnya ya, karena pasar ini merupakan salah satu dari pasar tradisional terbesar di dunia! Wah, pasti bakalan banyak hal menarik yang mereka jual nih. Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Mau Liburan Keluarga Yang Anti Mainstream? Di Jogja Aja!

1. Pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand

pasar tradisional terbesar di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : histravel

Pasar tradisional terbesar di dunia yang pertama adalah Pasar Chatuchak di Bangkok, Thailand. Rasanya tidak lengkap nih sahabat explorer, jika kalian wisata ke Bangkok, tapi tidak berkunjung ke pasar yang satu ini. Memiliki luas sekitar 12 hektar, dan terdapat 9.000 hingga 15.000 stand jualan yang bervariasi. Dari penjual kerajinan tangan, pakaian, hingga street food.

Tempat ini juga direkomendasi oleh banyak orang jika kalian ingin mencicipi berbagai macam kuliner khas Thailand yang sangat nikmat dan unik. Pokoknya, dari makanan berat hingga makanan ringan ada semua di sini, dijamin kalian tidak akan kelaparan deh kalau berkeliling di pasar ini.

Karena banyaknya stand dan luasnya pasar ini, tidak heran jika pasar ini memiliki kunjungan orang sebanyak 200.000 per hari.

2. Temple Street, Hongkong

pasar tradisional terbesar di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : hongkonghotelsws

Pasar tradisional terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Temple Street di Hongkong. Temple Street Night Market merupakan suatu kawasan pasar malam yang sangat terkenal di daerah Yau Ma Tei, Kowloon, Hongkong. Jadi bagi kalian yang sudah berkeliling di Hongkong pada siang hari, maka kalian malamnya bisa menghabiskan waktu di pasar malam yang satu ini nih sahabat explorer.

Pasar yang satu ini juga memiliki sebutan lain yaitu “Men’s Street”, karena di pasar ini banyak menjual pakaian untuk pria namun dengan harga yang murah. Jauh dari harga di toko-toko bermerek.

Bagi kalian yang memang hobi berbelanja pakaian, maka tempat ini adalah surga bagi kalian. Selain itu, kalian juga bisa menikmati berbagai macam street food yang dijual oleh para pedagang ini.

3. Camden Market, Inggris

pasar tradisional terbesar di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : citywalksinfo

Pasar tradisional terbesar di dunia yang selanjutnya berada di wilayah Eropa nih sahabat explorer, tepatnya berada di London, Inggris. Nama pasar ini adalah Camden Market, dan di dalam pasar ini terdapat lebih dari 1.000 pedagang. Di tempat ini, berbagai macam tipe dagangan akan dibagi sesuai dengan barang yang dijual. Misal, bagian pakaian, maka kios-kios yang ada di sekitarnya juga menjual pakaian, lalu beralih ke blok lainnya dan kalian akan melihat barang-barang lainnya.

Kota yang juga markas dari tim sepak bola Chelsea FC ini, memang memiliki keindahan dari segi arsitekturnya. Tidak heran jika banyak para turis yang bersebaran di sekeliling kota ini, kalian dapat berinteraksi bersama mereka. Namun, akan lebih menarik lagi jika kalian berkunjung ke pasar ini nih sahabat explorer, kalian akan melihat jelas bagaimana cerminan budaya dari masyarakat Inggris itu sendiri. Selain pasarnya yang juga keren ya sahabat explorer, pokoknya betah deh saat berkunjung ke sini!

4. Grand Bazaar, Turki

pasar tradisional terbesar di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : istanbulinsider

Pasar tradisional terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Grand Bazaar, Istanbul, Turki. Selain pasar ini merupakan pasar terbesar di dunia, ternyata ini juga merupakan salah satu pasar tertua yang ada di dunia loh. Grand Bazaar Istandul atau biasa disebut Kapali Carsi ini berlokasi di Beyazit Mh, Istanbul, Turki.

Memiliki lebih dari 4.000 toko yang menjual karpet, perhiasan, barang kulit, keramik, gerabah dan lainnya. Bentuk bangunannya yang juga unik dan memiliki pintu masuk yang banyak, tentu membuat pasar yang satu ini juga Instagramable nih sahabat explorer.

Grand Bazaar ini buka dari senin sampai sabtu, dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Jadi bagi kalian yang sedang wisata ke Istanbul, jangan lupa untuk mampir ke pasar tradisional yang satu ini ya!

Hunting Pasar Tradisional!

Sahabat explorer, itulah beberapa pasar tradisional terbesar di dunia yang kami informasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa, jangan lupa share pengalaman liburan kalian saat berkunjung ke pasar tradisionalnya di kolom komentar kami ya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar