Gaya Hidup

Berikut Adalah 4 Pemimpin Terkorup Di Dunia

pemimpin terkorup di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kompas

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, korupsi memang merupakan sebuah tindakan pidana yang bisa merugikan masyarakat banyak. Biasanya hal ini dilakukan oleh pejabat pemerintah nih sahabat explorer. Mulai dari anggota dewan hingga ke para pemimpinnya juga tidak lepas dari jerat korupsi. Memang, uang yang didapat tidak tanggung-tanggung, dengan korupsi mereka bisa menjadi orang terkaya nomor 1 di negaranya atau bahkan di dunia. Namun, korupsi adalah kejahatan, korupsi adalah tindakan kriminal yang memang harus dihukum seberat-beratnya. Sepertinya berbeda kalau di Indonesia ya sahabat explorer, disini koruptor malah tidak malu melambaikan tangan ke kamera saat ditangkap sambil berucap “saya di zhalimi”, hehe ada-ada saja koruptor-koruptor ini. Namun, kalian sudah pernah tau belom siapa saja pemimpin terkorup di dunia? Ada banyak sih! Tapi kita akan membahas 4 terkorup saja nih sahabat explorer

Pemimpin Terkorup Di Dunia

Biasanya, kalau urusan korupsi Indonesia juara nih sahabat explorer, bener gak tuh? Hehe kita lihat saja nanti. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer, kira-kira siapa saja sih pemimpin terkorup di dunia? Kita mulai dari nomor 4 ya!

Baca Juga: Liburan Bersama Keluarga Keliling Hongkong Bersama YoExplore!

4.  Ferdinand Marcos – Filipina

pemimpin terkorup di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: boombastis

Pemimpin terkorup di dunia yang nomor 4 adalah Ferdinand Marcos dari Filipina. Selama 20 tahun berkuasa, Ferdinand Marcos berhasil menancapkan kukunya di tengah-tengah rakyat Filipina. Dia berhasil naik ke tampuk kepemimpinan setelah sebelumnya memiliki jasa dalam perlawanan selama invasi Jepang di Filipina pada Perang Dunia ke II. Darurat Militer selama sembilan tahun yang diterapkan pada 23 September 1972, membuat Marcos leluasa menjalankan aksinya tersebut. 

Andres Bautista, yang merupakan seorang kepala Presidential Commission on Good Government, telah berhasil mengembalikan $ 712 juta yang tersimpan di sebuah rekening yang rahasia. Beberapa pihak meyakini bahwa selama berkuasa, Marcos diperkirakan mengumpulkan harta kurang lebih $5 milliar hingga $ 10 miliar . Selain itu, tirto.id juga pernah menulis, bahwa petugas bea cukai mendata kurang lebih 400 mobil seperti Rolls-Royce dan Cadillac milik keluarga Marcos dan rekan-rekannya yang diimpor tanpa membayar bea pajak! Tidak lama setelah itu, sang presiden pun berhasil digulingkan oleh rakyat pada aksi Revolusi Bunga pada 25 Februari tahun 1986.

3. Mobutu Sese Seko – Kongo

pemimpin terkorup di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: famouspeople

Pemimpin terkorup di dunia yang selanjutnya adalah Mobutu Sese Seko dari Kongo. 4 tahun setelah ia bergabung dengan pergerakan nasionalis pada 1956, Joseph Desire Mobutu atau yang biasa dikenal dengan nama Mobutu Sese Seko mengkudeta pemerintahan nasionalis yang dipimpin oleh Patrice Lubumba. Dia pun dengan cepat naik ke puncak kepemimpinan pada tahun 1970, setelah melewati beberapa peristiwa berdarah. Dari situlah tindakan korupsinya mulai berjalan sahabat explorer

Berdasarkan laporan dari forbes yang dikutip oleh Transparency International, Global Corruption Report (2004), Mobutu Sese Seko yang mulai berkuasa semenjak 1965 hingga 1997, telah mencuri uang rakyat sebesar kurang lebih $ 5 Miliar. Dia juga melakukan praktik nasionalisasi perusahaan asing di negaranya sehingga menyebabkan kelumpuhan ekonomi. Ulasan dari dw.com juga menyebutkan bahwa Mobutu Sese Seko juga menggelapkan hampir separuh dana bantuan IMF sebesar $ 12 miliar menjelang dirinya lengser pada tahun 1997. Luar biasa banget ya sahabat explorer korupsinya? Ckckck..

2. Slobodan Milosevic – Eropa

pemimpin terkorup di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: b92net

Pemimpin terkorup di dunia yang selanjutnya adalah Slobodan Milosevic. Dia mendapat julukan sebagai ‘Tukang Jagal Dari Balkan’, beliau tampil sebagai pemimpin yang kejam dan korup pada masanya. Dialah salah satu penyebab peperangan di wilayah Eropa seperti konflik di Kroasia dan Slovenia pada 25 Juni tahun 1991. Tidak hanya itu saja sahabat explorer, Milosevic juga bertanggung jawab atas aksi pembersihan etnis Albania yang menyebabkan puluhan ribu nyawa melayang!

Dilansir dari catatan forbes yang dikutip oleh data dari Transparency International, Global Corruption Report (2004), Slobodan Milosevic sudah menggelapkan uang negara sebesar $ 1 Miliar. Sang diktator pada akhirnya ditemukan meninggal seorang diri di dalam penjara pada 11 Maret 2006 yang lalu, setelah divonis dalam kasus kejahatan perang, korupsi dan juga penyalahgunaan kekuasaan.

1. H.M Soeharto – Indonesia

pemimpin terkorup di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: jawapos

Pemimpin terkorup di dunia yang pertama adalah H.M Soeharto dari Indonesia. Nama presiden Republik Indonesia yang ke-2 ini ditempatkan oleh Forbes sebagai koruptor negara nomor satu di dunia! Luar biasa sekali ya sahabat explorer! Dikutip berdasarkan data dari Transparency International, Global Corruption Report (2004), Soeharto telah menggelapkan dana kurang lebih $ 15 hingga $ 35 Miliar selama menjalankan pemerintahannya. Di antaranya adalah hasil penyidikan kasus tujuh yayasan Soeharto yang menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman.

Yayasan Supersemar diketahui sudah menghimpun dana kurang lebih $ 420 juta dan Rp 185 miliar yang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 15/1976, yang menentukan 50 persen dari 5 persen sisa bersih laba bank negara. Luar biasa banget ya sahabat explorer! Bagaimana nih tanggapan kalian soal hal ini?

Sahabat explorer, itulah beberapa pemimpin terkorup di dunia yang YoExplore informasikan kepada kalian semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar