Gaya Hidup

Pencuri Ini Paling Terkenal Dalam Sejarah Loh!

pencuri paling terkenal dalam sejarah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: dokuilah

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Apa yang terlintas dalam benak kalian saat mendengar kata pencuri? Pastinya akan sangat marah, kesal atau bahkan takut. Wajar saja, pencuri ini memang sangat mencemaskan para masyarakat. Terlebih jika ada kabar beredar kalau ada pencuri yang sedang mengincar perkomplekan rumah kita, wah pasti rasanya was-was banget ya sahabat explorer! Namun, selain profesinya yang memang kriminal, ternyata ada beberapa pencuri paling terkenal dalam sejarah loh sahabat explorer! Mereka tentu dikenal dikarenakan kehebatannya dalam mencuri. Meski memang perbuatan ini sangat dilarang oleh hukum negara dan juga agama, mereka tetap saja buta hati dan cuek melakukan aksinya. Alasannya berbagai macam, mulai dari kepepet urusan keluarga, atau memang mereka adalah seorang kleptomania. 

Pencuri Paling Terkenal Dalam Sejarah

Intinya, pencuri itu memang sangat nyebelin deh! Mereka tidak tanggung-tanggung untuk merampas barang berharga kita sahabat explorer. Rasanya memang mau menangkap dan langsung jebloskan ke penjara saja ya sahabat explorer! Namun sepertinya, akan berbeda jika yang mencuri adalah orang-orang yang akan kami bahas ini. Mereka merupakan pencuri paling terkenal dalam sejarah karena memang lihai dalam urusan yang satu ini. Sudah berkali-kali melancarkan usahanya dan selalu berhasil sebelum akhirnya tersandung juga. Saking jagonya, mereka ini jadi terkenal sahabat explorer! Kira-kira ada siapa saja ya? Yaudah yuk, mari kita simak saja ulasannya langsung!

Baca Juga: Menikmati Liburan Keluarga di Surabaya

1. Dick Turpin

pencuri paling terkenal dalam sejarah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: hinckleypastpresent

Pencuri paling terkenal dalam sejarah yang pertama adalah Dick Turpin. Dick Turpin, merupakan seorang pencuri yang berasal dari negara Inggris. Orang-orang mengenal Turpin karena kisahnya yang menunggang kuda dari London menuju York dalam waktu kurang dari 24 jam! Namun kisah tersebut sebenarnya bukanlah kisah asli dari dirinya alias kisah orang Inggris yang lain. Tapi Turpin membuat seolah-olah itu adalah dirinya sehingga membuat namanya menjadi terkenal. Dari sini saja sudah terlihat liciknya ya sahabat explorer!

Sebelum memulai karir sebagai seorang pencuri, Turpin sebelumnya merupakan seorang pemotong daging. Setelah membuka usaha toko daging, barulah Turpin memulai karirnya sebagai pencuri khususnya pencuri sapi dan domba. Saat aksinya tertangkap, Turpin melarikan diri ke pedesaan di wilayah Essex. Disana pun ia berprofesi menjadi pencuri juga sahabat explorer. Turpin sempat menyamar dengan mengganti nama menjadi John Palmer untuk mengelabui orang-orang. Namun akhirnya dia berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Untuk zamannya, pencuri ini dibilang cukup pintar sahabat explorer! Dia menjalankan aksinya itu lumayan cukup lama loh!

2. Jesse Woodson James

pencuri paling terkenal dalam sejarah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: pinterest

Pencuri paling terkenal dalam sejarah yang selanjutnya adalah Jesse Woodson James. Diantara sejumlah maling yang beraksi pada era Perang Sipil di Amerika, nama Jesse Woodson James adalah nama yang paling terkenal. Sebagai pencuri yang eksis, James tidaklah bekerja seorang diri, dia ditemani oleh saudara konfederasinya yang bernama Frank. Keduanya menjadi pencuri terkenal pada abad ke-19.

James bersama dengan Frank adalah 2 orang yang bertanggung jawab atas beberapa jumlah perampokan yang terjadi di banyak bank dan kereta barang pada abad ke-19. James sangat suka sekali dengan kepopuleran, jadi semakin banyak berita mengenai aksi merampoknya, James semakin senang. Namun, nasib sial kemudian menghampiri James. Dirinya dibunuh oleh sesama anggota geng yang muak dengan sikapnya tersebut. Wah, kalau ini bisa dibilang belum tertangkap secara hukum ya sahabat explorer!

3. Bill Mason

pencuri paling terkenal dalam sejarah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: listennotes

Pencuri paling terkenal dalam sejarah yang selanjutnya adalah Bill Mason. Siapa sih orang yang tidak tergoda dengan perhiasan mahal seperti emas atau berlian? Rasanya tidak ada orang seperti itu ya sahabat explorer. Perhiasan, baik itu terbuat dari emas dan berlian pasti memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Dengan demikian, jangan heran apabila ada orang yang terpancing untuk mencurinya. Salah satu orang tersebut adalah orang yang bernama Bill Mason.

Bill Mason adalah seorang pria yang berasal dari Amerika yang dikenal sebagai pencuri perhiasan kelas kakap. Sebagai pencuri, Bill bisa dibilang adalah pencuri perhiasan yang paling sukses sahabat explorer. Bill berhasil mencuri perhiasan dengan nilai 35 juta dolar dari sejumlah rumah mewah di Amerika! Namun ada satu aksinya yang bisa dibilang paling menyeleneh. Bill mencuri medali emas millik atlit Johnny Weissmuler dan kemudian dia kembalikan lagi. Wah, gila banget ya orang yang satu ini! Kira-kira bagaimana nasibnya sekarang ya?

4.  Stephen Blumberg

pencuri paling terkenal dalam sejarah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: dictio

Pencuri paling terkenal dalam sejarah yang selanjutnya adalah Stephen Blumberg. Stephen Blumberg merupakan seorang kolektor buku yang pernah ditangkap karena mencuri beberapa jumlah buku di beberapa universitas serta museum pada tahun 1990. Semua total nilai buku yang dia curi itu mencapai 5,3 juta dolar AS. Karena aksinya tersebut, orang-orang menjuluki sebagai Pencuri Buku. Otomatis saja Stephen terkenal sebagai pencuri buku paling terkenal sepanjang sejarah. Unik ya sahabat explorer, yang dicuri malah buku bukan uang! Mungkin mencuri ilmu lebih baik daripada uang?

Ada sebuah alasan mengapa Stephen memutuskan untuk menjadi pencuri buku. Stephen beranggapan bahwa pemerintah akan melarang masyarakat biasa untuk dapat mengakses dan membaca buku-buku yang unik dan langka. Wah, maksud dan tujuannya sih baik, tapi mencuri bukan lah solusi yang tepat, Bung Stephen!

Semoga Tidak Ada di Indonesia Ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa tokoh pencuri paling terkenal dalam sejarah yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian dalam komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar