Gaya Hidup

Berikut Adalah Penguasa Paling Hebat Di Indonesia!

penguasa terhebat di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: boombastis

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dahulunya negara kita ini memang pernah dipimpin oleh berbagai macam kerajaan. Kerajaan inilah yang pada akhirnya bisa membentuk negara kesatuan kita seperti sekarang. Masing-masing negara kecil tersebut memiliki wilayah kekuasaannya sendiri. Perang demi perang terjadi untuk saling merebut kekuasaan hingga pada akhirnya kerajaan itu sendiri perlahan berangsur punah sahabat explorer. Namun, tiap-tiap kerajaan memiliki kisah, mitos dan legendanya sendiri termasuk para pemimpinnya. Pemimpin yang dimaksud tentunya merupakan penguasa terhebat di Indonesia yang pernah memerintah kerajaannya hingga bisa menguasai berbagai wilayah. Dengan tangan dingin para pemimpin tersebut, kerajaannya mampu menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah. Baik dalam urusan ekonomi, politik hingga peperangan. 

Penguasa Terhebat Di Indonesia

Penguasa terhebat di Indonesia ini mungkin namanya sudah tidak asing lagi di kuping kalian terutama para pecinta sejarah. Pemimpin ini berkuasa sebelum Belanda datang dan menjajah Indonesia sahabat explorer, bahkan banyak sumber yang mengatakan bahwa Belanda merupakan salah satu biang kerok hancurnya beberapa kerajaan di Indonesia. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk sahabat explorer, kira-kira ada siapa saja sih penguasa terhebat di Indonesia itu? Cekidot!

Baca Juga: Gunung Tertinggi Di Kalimantan

1. Hayam Wuruk

Penguasa terhebat di Indonesia yang pertama adalah Hayam Wuruk. Hayam Wuruk adalah salah satu Raja dari Kerajaan Majapahit yang sangat luar biasa hebat. Di tangannya, Majapahit mampu menguasai banyak sekali wilayah yang ada di Nusantara. Bahkan sampai ke wilayah semenanjung Malaya yang saat ini menjadi negara Malaysia loh sahabat explorer. Kejayaan ini bisa dicapai atas bantuan tangan kanannya yang kita kenal dengan nama Gajah Mada.

Hayam Wuruk tidak hanya menguasai banyak wilayah saja. Beliau juga mengembangkan sistem perdagangan sehingga membuat negerinya semakin makmur. Selain itu Hayam Wuruk juga banyak sekali melakukan hubungan diplomasi dengan banyak kerajaan lain sehingga akhirnya kekuatan Majapahit kian tidak bisa tertandingi. Sayangnya, Majapahit harus runtuh dan berganti kerajaan baru akibat Islam mulai masuk di negeri ini. Kira-kira bagaimana ya sahabat explorer jika kerajaan ini masih ada hingga saat ini?

2. Jayabaya

Penguasa terhebat di Indonesia yang selanjutnya adalah Jayabaya. Jayabaya merupakan salah satu raja dari Kerajaan Kadiri. Jayabaya disebut-sebut sebagai raja terhebat dalam sejarah berdirinya kerajaan Kadiri ini loh sahabat explorer. Di tangannya, banyak sekali wilayah yang takluk hingga bertekuk lutut. Salah satu kerajaan yang akhirnya menjadi wilayah dari kekuasaan Kerajaan Kadiri adalah Jenggala. Kerajaan ini akhirnya menyebar dan hampir menguasai semua wilayah di daerah Jawa Timur.

Kehebohan perang yang terjadi di antara Kadiri dan Jenggala pun dianggap sebagai salah satu perang yang suci. Mirip sekali dengan perang antara Pandawa dan juga Kurawa. Hal ini tertulis dalam sebuah Kakawin Bharatayuddha yang digubah oleh Empu Sedah da Empu Panuluh pada tahun 1157. Sayangnya, Kerajaan Kadiri ini akhirnya runtuh akibat perang dengan kerajaan Tumapel.

3. Kertanegara

Penguasa terhebat di Indonesia yang selanjutnya adalah Kertanegara. Kertanegara merupakan raja terakhir dari Kerajaan Singasari. Beliau memerintah selama 20 tahun mulai tahun 1272-1292. Di bawah kepemimpinan Kertanegara, Singasari menjadi kerajaan yang sangat hebat. Bahkan mulai melebarkan kekuasaannya ke luar Pulau Jawa. Akhirnya Raja Kertanegara mulai mengirimkan kapal-kapal untuk melakukan Ekspedisi Palamayu. Ekspedisi ini dilakukan agar menjadikan Sumatra sebagai benteng yang mampu menghadang serangan dari tentara Mongolia.

Saat masa Kertanegara, persahabatan dengan kerajaan yang ada di luar negeri mulai terjalin dengan baik. Kehebatan Singsari bahkan sampai ke telinga Kubilai Khan yang pada saat itu menjadi Kaisar Mongol. Mereka bahkan sempat mengirim utusan untuk mengantarkan surat yang isinya agar Kerajaan Singasari mau mengakui kedaulatan Mongolia. Dan tentu saja hal tersebut ditolak secara tegas. Menurut kitab Negarakertagama, Singasari banyak sekali menguasai wilayah di Indonesia dan luar negeri seperti Melayu, Bali, Pahang, Gurun dan juga Bakulapura.

4. Tribuwana Tunggal Dewi

Penguasa terhebat di Indonesia yang terakhir adalah Tribuwana Tunggal Dewi. Tribuwana merupakan ratu pertama dari Kerajaan Majapahit. Beliau naik tahta berkat bantuan ibunya yang bernama Gayatri. Ada juga yang bilang jika Tribuwana hanyalah boneka dari Gayatri, namun nyatanya Tribuwana mampu menjadi seorang pemimpin yang hebat dan membuktikan jika dirinya mampu melakukan banyak hal dan membuat Majapahit menjadi negeri yang sangat luar biasa.

Di masa kepemimpinan Tribuwana, kerajaan ini mulai memasuki masa keemasan. Tribuwana menaklukkan beberapa kerajaan yang ada di Bali dan menaklukkan juga sisa Kerajaan Sriwijaya. Saat Tribuwana memerintah dia mengangkat Gajah Mada yang akhirnya memberikan Sumpah Palapa yang masih kita kenal hingga sekarang. Pada masa ini kejayaan Majapahit mulai nampak hingga akhirnya diteruskan oleh Hayam Wuruk.

Sahabat explorer, itulah beberapa penguasa terhebat di Indonesia yang pernah memimpin negara ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang memang mencintai sejarah ataubaru mau belajar sejarah. Seperti biasa kami mengingatkan untuk segera tuliskan cerita atau pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar