Gaya Hidup

Suka Hidroponik? Coba Beli Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan hidroponik sederhana - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: belajarberkebun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berkebun memang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Bagi mereka yang memang hobi bercocok tanam, maka pasti di pagi hari sudah bangun dan mengurusi tanaman-tanaman yang mereka miliki. Sebenarnya keuntungannya banyak loh jika kalian suka atau memiliki perkebunan sendiri. Tidak usah dengan skala besar, sekedar halaman rumah saja digunakan untuk bercocok tanam juga bisa kok. Apalagi dengan kemajuan teknologi zaman sekarang di segala bidang, tentu ada inovasi terbaru dalam bercocok tanam. Salah satunya adalah dengan menggunakan perlengkapan hidroponik sederhana yang akan kita bahas ini sahabat explorer. Penasaran ada apa saja? Simak terus ulasannya ya!

Perlengkapan Hidroponik Sederhana

Beberapa perlengkapan ini memang mudah dicari di pasaran. Atau kalian juga bisa mencarinya secara online sahabat explorer. Mudah, sederhana, dan efektif, mungkin itulah beberapa kata yang cocok untuk mendeskripsikan bagaimana bercocok tanam hidroponik ini sahabat explorer. Namun tetap membutuhkan perawatan yang intens dan juga perhatian yang ekstra ya sahabat explorer. Keuntungannya adalah kalian bisa menanam sayuran yang akhirnya bisa kalian konsumsi sendiri loh. Selain hemat, kebersihan dan keamanannya juga sudah terjamin, karena kalian sendiri yang merawatnya hingga masa panen. Baiklah kalau begitu sahabat explorer, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya, kira-kira ada apa saja sih perlengkapan hidroponik sederhananya! Simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Diktator Paling Terkenal Di Dunia

1. Netpot

perlengkapan hidroponik sederhana - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan hidroponik sederhana yang pertama adalah Netpot. Sangat mudah mencarinya, kalian bisa beli online atau langsung menghampiri toko bunga/tanaman. Barang yang satu ini pasti tersedia deh, karena memang produksinya yang banyak karena bentuknya yang memang mudah untuk dibuat sahabat explorer. Netpot adalah istilah wadah atau pot tanaman yang biasanya berukuran kecil dan juga berlubang. Sebenarnya, peralatan ini bisa kita buat sendiri di rumah loh sahabat explorer, tapi jika kalian tidak mau repot ya langsung beli saja. 

Kalau mau buat sendiri, kalian tinggal menggunakan gelas plastik, atau kemasan air mineral gelas yang kemudian kalian beri lubang seperti netpot pada umumnya. Gampang kan?

Penggunaan netpot dari plastik ini tentunya selain ekonomis juga ramah lingkungan loh sahabat explorer. Jadi, jangan lupa beli atau buat benda yang satu ini ya!

2. Rockwool

perlengkapan hidroponik sederhana - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: bukalapak

Perlengkapan hidroponik sederhana yang selanjutnya adalah Rockwool. Benda yang satu ini juga merupakan salah satu media yang biasa digunakan untuk tanaman hidroponik sahabat explorer. Rockwool terbuat dari batuan Basalt yang dipanaskan dengan suhu sangat tinggi sehingga membentuk busa dan jadilah Rockwool. Rockwool ini sangat digemari bagi para pecinta tanaman hidroponik, karena memiliki daya serap air yang baik, dan juga mudah untuk diaplikasikan. 

3. pH Meter

perlengkapan hidroponik sederhana - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: sentratani

Perlengkapan hidroponik sederhana yang selanjutnya adalah pH meter. Kadar keasaman larutan nutrisi dan media tanam sangat perlu dijaga agar dapat memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal. Agar mengetahui kadar pH media tanam atau nutrisi, maka dibutuhkan lah pH meter ini sahabat explorer. Jika angka pH nya rendah, maka ada yang tidak beres dengan sistem penanaman kalian sahabat explorer. Pada akhirnya, tanaman kalian tidak tumbuh secara optimal deh. Jadi, jangan sepelekan benda yang satu ini ya!

4. Sterofoam

perlengkapan hidroponik sederhana - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: belajarberkebun

Perlengkapan hidroponik sederhana yang selanjutnya adalah sterofoam. Biasanya benda yang satu ini digunakan sebagai tempat menaruh netpot atau wadah lainnya agar tetap stabil. Biasanya, dalam konsep hidroponik, sterofoam akan dilubangi sesuai dengan ukuran netpot atau wadah plastik netpon lainnya. Berapa banyak sterofoam yang dibutuhkan? Semua tergantung dari berapa banyak tanaman yang akan kalian tanam dengan sistem hidroponik ini sahabat explorer

Mari Bercocok Tanam Di Rumah!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan sederhana hidroponik yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Sebenarnya masih ada alat lainnya lagi seperti pipa paralon, bak plastik dan juga sumbu panel. Selain itu ada beberapa bahan juga yang perlu kalian pesiapkan seperti benih dengan kualitas yang baik, lalu nutrisi agar tanaman kalian optimal. 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore berikutnya. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar