Gaya Hidup

Persiapkan Perlengkapan Ini Untuk Mancing Di Laut

perlengkapan mancing di laut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : bpguide

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kegiatan mancing di laut memang menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat di Indonesia. Tidak hanya Indonesia saja sih, kegiatan yang satu ini juga digemari di dunia, dan banyak dari mereka yang ternyata orang-orang kaya loh sahabat explorer. Rela menghabiskan uang banyak untuk menyewa kapal mewah, membeli perlengkapan yang mahal dan fasilitas penunjang lainnya. Semuanya demi kenyamanan saat memancing dan juga kepuasan tersendiri jika berhasil mendapatkan ikan yang mereka inginkan. Perlengkapan mancing di laut ini juga tentu berbeda dengan perlengkapan mancing di sungai sahabat explorer. Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari cuaca, kondisi laut dan lain-lain, maka dibutuhkan alat yang ekstra kuat.

Perlengkapan Mancing Di Laut

Hobi yang satu ini memang mulai semakin digemari setelah ada acara televisi swasta yang menayangkan mengenai kegiatan hobi mancing. Setelah acara itu muncul, hobi memancing ini begitu menjalar sahabat explorer, banyak orang yang akhirnya menyukai kegiatan ini. Mulai dari mancing di pemancingan berbayar, sungai, danau, hingga ke laut. Bagi beberapa orang, kegiatan ini memang sangat seru, namun tidak sedikit juga yang menganggap ini membosankan. Bagaimana tidak? Kalian harus sabar menunggu hingga ikan memakan umpan kalian, dan tidak ada jaminan kalian akan dapat ikan dengan mudah. Sekalinya dapat juga diperlukan teknik yang baik untuk menarik kailnya agar ikan tersebut tidak lepas kail tersebut.  Kira-kira ada apa saja sih peralatannya? Mari kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Mau Backpacker-an? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

1. Reel

perlengkapan mancing di laut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : mancingtv

Perlengkapan mancing di laut yang pertama adalah Reel. Reel atau penggulung,  Tipe Reel yang baik yang ringan dan juga memiliki minimal 3 buah bantalan roda (ball bearing), semakin banyak bantalan roda, akan semakin baik, dan memilih reel dengan kapasitas kenur sekitar 200-400m. Untuk peralatan yang satu ini sebaiknya kalian tidak membeli penggulung yang tanggung-tanggung atau yang biasa saja sahabat explorer, terlebih lagi bukan dari merk ternama. Ingat, karena akan mancing di laut, maka kualitas dari pancingannya juga harus diperhatikan ya sahabat explorer.

2. Senar/Lines

perlengkapan mancing di laut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : lazada

Perlengkapan mancing di laut yang selanjutnya adalah senar atau lines. Senar/Kenur atau Lines yang biasa dan layak digunakan adalah ukuran 8-20 lbs. Untuk memilih merk kenur ini, kalian juga harus sesuaikan juga dengan kondisi keuangan. Untuk memancing dasar atau bottom fishing dan koncer. Intinya disesuaikan dengan kebutuhan ya sahabat explorer, kalau memang ikan yang dipancing bukanlah ikan yang kuat maka kalian bisa beli yang biasa saja. Namun, jika tebalikannya, maka kalian harus beli yang kuat dan juga merk serta kualitas yang bagus.

3. Kail/Hook

perlengkapan mancing di laut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pusatpancing

Perlengkapan mancing di laut yang selanjutnya adalah kail/hook. Untuk memancing dengan target ikan yang beratnya di bawah 10 kilogram, mata kail yang biasa digunakan adalah no.1,2,5,6,7. Namun, biasanya setiap merk akan berlainan nomornya sahabat explorer.

Ada pula jenis Kail atau Hook lain yang lainnya dan dikenal dengan Sabiki atau Kotrek, yakni rangkaian dari beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat sedemikian menarik, menyerupai makanan ikan. Dengan demikian ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing tersebut.

Biasanya SABIKI sangat efektif untuk mancing ikan umpan seperti : selar, tembang, layang, kembung, como, dll. Untuk mancing ikan-ikan ini biasanya digunakan nomor 5,6,7 . Untuk jenis ini, harga berkisar 5000 sampai 15000 ribu. Masih masuk akal nih harganya sahabat explorer, jadi disesuaikan dengan kebutuhan kalian ya!

4. Tackle Box

perlengkapan mancing di laut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : planomolding

Perlengkapan mancing di laut yang selanjutnya adalah Tackle Box. Semua peralatan itu membutuhkan wadah atau tempat penyimpanan agar tidak berserakan dan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya kalian juga membeli kotak peralatan pancing atau yang biasa disebut Tackle Box. Kotak ini berguna untuk membawa semua peralatan kalian ketika hendak memancing di laut.

Ada banyak macam pilihan model dan merk kotak pancing ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan peralatan kalian. Dan pastikan dapat menyimpan perlengkapan kalian dengan baik. Semakin banyak ruang, semakin banyak pula alat yang bisa kalian bawa. Disesuaikan dengan kebutuhan ya sahabat explorer!

Mancing Maniaaaaaaaa? Mantap!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan mancing di laut yang dapat YoExplore share kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar