Gaya Hidup

Baru Punya Bayi? Persiapkan Alat Mandi Khusus Ini Ya!

perlengkapan mandi bayi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: mommyasia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, memiliki anggota keluarga baru memang menjadi berkah tersendiri bagi keluarga. Kegembiraan sangat melimpah setelah makhluk mungil , lucu dan tak berdosa ini terlahir ke dunia. Orang tua manapun pasti akan bangga dan terharu dengan kelahiran sang anak ke dunia ini. Apapun akan diberikan untuk mereka, bahkan banyak yang bilang “dia minta gunung digeser saja akan saya lakukan!” wah, saking cintanya sama anak ya sahabat explorer! Hehe. Ungkapan-ungkapan seperti itu menunjukkan betapa cintanya orang tua terhadap anak. Rasa bahagia yang tidak ada lawannya adalah memang kelahiran seorang bayi. Oleh karena itu, berikanlah yang terbaik bagi buah hati kalian tersebut, salah satunya adalah urusan perlengkapan mandi bayi yang sangat penting.

Perlengkapan Mandi Bayi

Kondisi kulit, dan fungsi organ tubuh bayi memang sangat berbeda dengan manusia yang sudah dewasa. Wajar saja, karena belum semuanya berfungsi sahabat explorer. Bahkan, mata bayi yang baru lahir saja belum bisa melihat apa-apa selain cahaya. Perhatian yang ekstra memang harus diberikan kepada bayi. Yang mereka bisa lakukan hanyalah menangis saja, jadi setiap bayi menangis bisa jadi dia lapar, haus, kepanasan atau faktor lainnya. Untuk memandikan bayi, memang memiliki teknik yang khusus, dari cara memegang, suhu air, hingga perlengkapan yang perlu digunakan untuk memandikan bayi juga khusus. Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membahas mengenai perlengkapan mandi bayi yang wajib kalian miliki. Simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga: Suka Dengan Jaje Laklak Khas Bali? Perhatikan Resepnya Ya!

1. Waslap

perlengkapan mandi bayi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan mandi bayi yang pertama adalah waslap. Tentu saja ini penting, memandikan bayi jangan langsung disiram-siram sahabat explorer. Gunakan waslap untuk mengelap badan bayi tersebut dengan air hangat. Terutama di bagian muka dan juga kepala, waslap ini juga jauh lebih bersih dibandingkan dengan tangan tanpa waslap. Terutama bagi bayi yang tali pusarnya belum lepas, maka lebih baik dimandikan di permukaan yang datar sahabat explorer. Oleh karena itu, penggunaan waslap ini menjadi sangat penting. Jangan lupa untuk membeli ini ya sahabat explorer!

2. Bak Mandi Bayi

perlengkapan mandi bayi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan mandi bayi yang selanjutnya adalah bak mandi bayi. Tentunya ini untuk memudahkan kalian dalam memandikan bayi, dan ingat untuk cari yang permukaannya rata ya sahabat explorer. Isi sedikit dengan air hangat, lalu siapkan waslap kalian untuk mengusap badan bayi. Tapi ini bisa digunakan lebih baik setelah tali pusar si bayi telah lepas 1 atau 2 minggu. Pilihlah bahan yang materialnya aman untuk si bayi dan perhatikan juga bagian pinggirnya, cari yang tidak tajam agar tidak menggores kulit halus si bayi. Ini penting untuk diperhatikan loh sahabat explorer!

3. Perlak

perlengkapan mandi bayi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan mandi bayi yang selanjutnya adalah perlak. Ini ditaruhnya di atas seprai ya sahabat explorer. Dilakukan agar saat mengeringkan tubuh bayi, seprai kalian tidak kebasahan sahabat explorer. Fungsinya juga banyak banget kok! Selain itu, kalian juga bisa memandikan atau sekedar mengusap badan bayi dengan waslap di atas perlak ini. Jadi jangan lupakan untuk membelinya ya. Apalagi saat kalian sedang pergi berkunjung dengan bayi tersebut, akan repot kalau kalian tidak memiliki benda yang satu ini.

4. Sabun dan Sampo Bayi

perlengkapan mandi bayi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: bukalapak

Perlengkapan mandi bayi yang selanjutnya adalah sampo dan sabun khusus untuk bayi. Kulitnya yang masih sensitif memang masih membutuhkan perawatan yang ekstra. Terutama dalam memilih sabun dan sampo untuk si bayi sahabat explorer.

IDAI merekomendasikan kepada para orang tua agar memilih sabun bayi ringan yang sesuai dengan pH netral pada kulit (5,5) dengan kandungan parfum dan pewarna seminimal mungkin untuk menghindari reaksi sensitif pada kulit bayi. Menurut IDAI, sebaiknya kalian menghindari sabun dengan antiseptik (fenol, kresol), deodorant (triklosan, heksaklorofen), dan juga sabun yang mengandung detergen, seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi (gatal-gatal atau ruam) maupun sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit si kecil. Diingat ya sahabat explorer!

Pentingnya Perlengkapan Mandi Bayi

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan mandi bayi yang wajib kalian punya. Jangan sesekali meremehkan ya, karena ini sangat penting untuk kesehatan si bayi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar