Gaya Hidup

Suka Solo Traveling? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini Ya!

perlengkapan solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : pegipegi

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin zaman sekarang kegiatan Solo Traveling itu sedang digemari oleh orang-orang. Baik yang berusia muda sampai yang sudah tua sekalipun. Solo Traveling itu memang sangat menyenangkan loh. Kalian bisa menikmati ketenangan dan juga kebebasan dalam memilih destinasi wisata, hotel untuk menginap, sampai ke urusan kuliner juga kalian sendiri yang memilih. Namun, karena ini konsepnya sendiri, maka perlengkapan Solo Traveling itu juga tidak sedikit loh sahabat explorer. Mungkin kalau berdua atau bertiga, kalian bisa sharing dalam masalah barang bawaan, namun berbeda 180 derajat dengan Solo Traveling. Tentunya kalian harus membawa barang-barang yang ringkas dan tidak menyusahkan diri kalian sendiri. Kira-kira kalian sudah memikirkan hal berikut ini belum sebelum berangkat Solo Traveling?

Perlengkapan Solo Traveling

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai perlengkapan Solo Traveling yang wajib kalian bawa. Berhubung sendirian, jelas kalian harus melakukan apapun sendirian jika ada barang yang kelupaan kalian bawa. Solusinya tentu harus membeli barang tersebut di lokasi, tentunya ini akan menyusahkan. Selain buang-buang uang, barang yang tertinggal tersebut belum tentu ada yang jual di lokasi kalian liburan. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer. Perlengkapan Solo Traveling yang wajib kalian bawa!

Baca Juga : Wisata Gratis di Korea? Nih Ada 4 Tempat Rekomendasi!

1. Document Folder

perlengkapan solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : savinelli

Perlengkapan Solo Traveling yang pertama adalah membawa Document Folder. Ini merupakan benda yang paling penting untuk kalian bawa. Kenapa? Karena dengan adanya Document Folder ini, kalian bisa menyimpan berbagai macam berkas-berkas penting. Misalnya, tiket pesawat, passport, KTP, Tiket Kereta, Tanda Bukti Pemesanan Hotel, dan lain-lain yang berhubungan dengan trip traveling kalian.

Dengan adanya Document Folder, kalian tidak perlu takut lagi berkas-berkas kalian akan terselip di dalam tas. Jadi, sebelum berangkat, semuanya kalian persiapkan di dalam Document Folder ini ya, biar kalian gak perlu ribet-ribet lagi bongkar-bongkar tas saat berkas-berkas tersebut dibutuhkan. Lalu, kalian bisa taruh Document Folder ini di bagian depan tas kalian atau di bagian belakang, sesuai dengan bentuk tas kalian. Intinya, letakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau, sehingga urusan berkas-berkas lancar dan traveling kalian menjadi semakin menyenangkan!

2. P3K

perlengkapan solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jakartanotebook

Perlengkapan Solo Traveling yang selanjutnya adalah membawa tas kecil yang berisikan P3K. Tentunya ini sangat penting bagi kalian yang memang mengidap penyakit tertentu. Lebih baik tidak ke mana-mana daripada kenapa-kenapa, setuju gak sahabat explorer? Walaupun banyak yang bilang kalau traveling adalah obat bagi segala penyakit sekalipun, namun tetap saja kalian membutuhkan benda yang satu ini.

Isi tas kecil tersebut dengan obat-obatan yang kalian rasa perlu kalian bawa. Meskipun kalian tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, namun tetap saja benda yang satu ini sangat penting untuk dibawa. Bawalah beberapa obat untuk pusing, masuk angin, flu, batuk dan yang lainnya. Tujuannya hanya untuk berjaga-jaga apabila kalian sakit mendadak. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan faktor cuaca atau kelelahan karena keliling seharian. Selain makan yang cukup dan tepat waktu, p3k juga tidak kalah penting loh. Kecil namun manfaatnya luar biasa banget! Jangan sampai kelupaan benda yang satu ini ya sahabat explorer!

3. Powerbank

perlengkapan solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : phillips

Perlengkapan Solo Traveling yang selanjutnya adalah Powerbank. Kecil namun fungsinya luar biasa. Dikarenakan zaman now smartphone adalah segalanya, maka kalian perlu benda yang satu ini. Saat sedang berada di lokasi yang tidak memungkinkan untuk menemukan stop kontak atau bahkan aliran listrik, powerbank ini baru terasa sekali fungsinya. Kalian bisa mengisi baterai gawai kalian agar memudahkan kalian dalam perjalanan.

Dikarenakan fungsi gawai yang canggih, dengan fitur Maps, maka jika Hp kalian mati tentu amat merugikan. Kalian harus ribet tanya orang-orang dan tentunya memakan waktu yang lebih lama.

Bukan hanya sekedar upload Instagram atau menggunakan Google Map, tapi kalian membutuhkan HP kalian dalam kondisi menyala untuk berjaga-jaga agar bisa memberikan kabar kepada keluarga di rumah atau sahabat-sahabat kalian. Dengan demikian, mereka tidak panik nih saat kalian sibuk dan tidak bisa dihubungi, minimal mereka tahu kabar kalian. Kasian pacar juga kan kalau gak dikabarin? Nanti berantem lagi… :p

4. Gunakan Tas Anti Air

perlengkapan solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jakartanotebook

Perlengkapan Solo Traveling yang selanjutnya adalah menggunakan tas anti air. Mungkin ini bisa dalam bentuk tas kecil saja sahabat explorer. Banyak pastinya di toko-toko online yang menjual tas kecil anti air. Biarkan tas besar atau koper kalian ditinggal di hotel atau penginapan kalian, dan gunakanlah tas yang berukuran lebih kecil saat traveling.

Tas anti air tentu sangat penting, karena faktor cuaca yang takutnya berubah akan membuat barang-barang penting kalian menjadi basah. Oleh karena itu, fungsi tas ini sangat besar, apalagi bagi kalian yang pergi membawa kamera, wah bisa repot banget kan kalau kamera kalian sampai kebasahan. Liburan gak akan happy karena kamera jadi rusak!

Bagi sahabat explorer yang belum punya benda yang satu ini, segera langsung beli ya, karena fungsinya luar biasa banget. Saat kondisi sedang hujan kalian bisa menaruh semua barang-barang penting kalian di tas ini, agar mereka semua selamat sampai tujuan!

Solo Traveler

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan Solo Traveling yang wajib kalian bawa saat traveling. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa untuk ceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar