Backpacker Gaya Hidup

Mau Backpacker-an? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

perlengkapan traveling backpacker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : alidesta

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian ingin pergi traveling Backpackeran? Namun sepertinya arti backpacker sekarang sudah berubah ya, hanya sekedar namanya saja, tapi menginapnya tetap di hotel dan berkendara dengan kendaraan sewa. Sekarang orang menganggap Backpacker adalah orang yang traveling dengan membawa ransel yang besar. Biasanya memang identik dengan anak gunung ya sahabat explorer, namun apa masih ada dari kalian yang sekarang ini merupakan Backpacker sejati? Kalau ada, pasti kalian sangat hafal dengan perlengkapan traveling backpacker yang akan YoExplore bahas kali ini. Peralatan untuk Backpacker ini memang lumayan banyak, oleh karena itu mereka selalu membawa tas yang besar agar semua barangnya masuk sahabat explorer.

Perlengkapan Traveling Backpacker

Backpacker memang mengalami perubahan arti akhir-akhir ini, padahal arti sebenarnya adalah pergi traveling ke suatu tempat yang jarang diketahui orang dan dengan uang yang pas-pasan. Biasanya, mereka akan menginap di rumah warga atau sebuah hostel yang satu kamar beramai-ramai untuk menghemat pengeluaran. Bahkan, versi yang lebih ekstrimnya lagi adalah membangun tenda dan mandi di sungai! Wah, itu benar-benar yang namanya menyatu dengan alam ya sahabat explorer. Biasanya, orang yang seperti itu tidak begitu peduli dengan dunia internet! Selama alam masih ada, maka mereka akan tetap bahagia! Semakin menarik untuk melihat isi tasnya, kira-kira ada apa saja sih perlengkapan traveling backpacker itu? Mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Lakukan Tips Ini Agar Bisa Hemat Saat Liburan di Singapura!

1. Peralatan Memasak

perlengkapan traveling backpacker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bukalapak

Perlengkapan traveling Backpacker yang pertama adalah peralatan memasak. Percaya tidak percaya sahabat explorer, memang benar-benar sebanyak ini mereka bawa di dalam tas mereka. Tentu tujuannya adalah untuk memasak saat sedang camping atau memang sedang berhemat. Kompor gas elektrik, panci, piring dan gelas plastik, dan sodet tidak ada yang terlupakan untuk dibawa. Bahan makanannya mereka bisa beli di pasar manapun yang mereka kunjungi saat sedang traveling.

Suasananya memang seru sahabat explorer saat memasak bersama di alam, dan makan bersama teman-teman atau keluarga. Rasa makanan apapun yang dimasak akan terasa lebih nikmat dibandingkan makanan di restoran! Gak percaya? Silahkan dicoba sendiri ya sahabat explorer!

2. Peta, Kompas, Dan Lain-Lain

perlengkapan traveling backpacker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pagguci

Perlengkapan traveling backpacker yang selanjutnya adalah peralatan navigasi seperti busur segitiga, peta, kompas, dan lain-lainnya. Bukannya tidak melek teknologi yang ada, tapi memang ini penting juga bagi kalian yang hobi traveling ke tempat yang terpencil atau menjelajah hutan. Di dalam sana, belum tentu kalian mendapatkan sinyal untuk internet dan membuka Google Maps, sudah bisa telfon saja masih beruntung sahabat explorer.

Barang-barang ini wajib ada dan dibawa untuk seorang backpacker, keahlian mereka membaca peta memang akan terlatih jika sering-sering melakukan traveling dan membiasakan menggunakan alat-alat ini dalam mencari arah.

Bagi kalian yang ingin menjadi backpacker yang sesungguhnya, maka kalian harus mencoba latihan menggunakan alat-alat ini sahabat explorer. Dengan bisa membaca peta, kalian tentu akan merasa lebih aman dan kemungkinan kecil untuk tersesat. Jadi, selamat mencoba ya sahabat explorer!

3. Jaket Anti Air

perlengkapan traveling backpacker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : shopee

Perlengkapan traveling backpacker yang selanjutnya adalah jaket anti air. Ini sangat penting sahabat explorer! Selalu gunakan jaket ini kemanapun kalian bepergian saat sedang melakukan perjalanan sebagai backpacker. Tentunya akan melindungi kalian dari hujan, angin, atau cuaca ekstrim lainnya. Kalau bisa, kalian membawa lebih dari 1 dari jaket ini ya! Kalau kalian perhatikan para backpacker yang sudah berpengalaman, mereka memang selalu mengenakan jaket yang tebal ini kemanapun mereka pergi. Tentu saja agar mereka tidak ribet harus melepas atau memasang saat mendadak hujan atau kondisi cuaca berangin kencang.

Selain itu, kalian juga bisa melindungi barang-barang penting di dalam kantong jaketnya, seperti HP, kamera (mirrorless) atau barang-barang elektronik lainnya yang rentan rusak kalau terkena air. So, jangan melupakan perlengkapan yang satu ini ya sahabat explorer!

4. Sandal Atau Sepatu Gunung

perlengkapan traveling backpacker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Perlengkapan traveling backpacker yang selanjutnya adalah Sandal atau Sepatu gunung. Kenapa? Padahal kan belum tentu naik gunung! Yap, memang betul, tapi biasanya sandal atau sepatu gunung itu di desain untuk medan-medan yang ekstrim, seperti licin, becek, atau yang lainnya. Kaki kalian juga akan tetap terasa ringan saat menggunakan sepatu atau sandal yang memang sudah di desain khusus ini sahabat explorer.

Selain itu, modelnya juga kece-kece kok! Jadi juga bisa buat bergaya saat difoto! Bahannya juga pada umumnya kuat-kuat, jadi tidak mudah rusak walaupun dipakai berkali-kali dengan medan yang ekstrim. Yang penting kalian rajin untuk membersihkannya saja ya sahabat explorer, jangan biarkan noda membandel menempel pada sepatu atau sandal gunung kalian tersebut.

Jelajah Indonesia Bersama YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan traveling backpacker yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar