Gaya Hidup

Mau Masuk Goa? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan traveling untuk masuk goa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : penjelajah

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dalam bulan Ramadhan ini, tentunya memang akan lebih baik jika kegiatan traveling dihentikan dulu sementara agar kalian bisa fokus untuk beribadah. Hanya sebulan saja, dan sekarang juga sudah memasuk pertengahan nih,jadi sebentar lagi lebaran dan waktu berlibur sudah semakin dekat. Sudah ada rencana belum mau pergi ke mana? Mau kemanapun, beli tiket pesawat dan paket tournya di Qloti saja ya sahabat explorer. Dijamin harganya akan lebih murah deh! Udah gitu, kalian juga bisa berjualan di Qloti dengan menjadi agennya loh. Kalian bisa menjual dan menentukan sendiri mau untung berapa! Jelas berbeda dengan aplikasi lainnya dong, hehe. Baiklah itu sekilas tentang Qloti, sekarang mari kita masuk ke dalam tema mengenai perlengkapan traveling untuk masuk goa. Indonesia memang terdiri dari banyak goa sahabat explorer. Wisata alam yang satu ini sudah mulai digemari oleh banyak anak muda di Indonesia. Apakah kalian salah satunya?

Perlengkapan Traveling Untuk Masuk Goa

Goa itu merupakan sebuah fenomena alam yang terbentuk secara alamiah. Biasanya dari reruntuhan efek gempa atau hal lainnya yang akhirnya membentuk sebuah lubang besar yang menusuk ke arah perut bumi. Di dalam goa tersebut umumnya dilapisi dengan bebatuan dan terkadang ada juga sungai kecil yang berada di dalamnya. Tempatnya tidak tersentuh sinar matahari sahabat explorer, jadi tentu sangat lembab dan memerlukan beberapa peralatan khusus yang tidak boleh kalian sepelekan. Jika kalian berencana atau penasaran dengan aktivitas wisata yang satu ini, maka kalian sudah membaca artikel yang tepat. Beberapa perlengkapan ini wajib banget untuk kalian bawa saat sedang ingin menjelajah goa. Kira-kira ada apa saja sih? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Oleh Wanita

1. Cave Pack

perlengkapan traveling untuk masuk goa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kartsports

Perlengkapan traveling untuk masuk goa yang pertama adalah sebuah tas khusus untuk caving atau masuk goa. Namanya adalah Cave Pack, kalian bisa mencarinya di banyak toko gear-gear travel. Tentu saja tas ini memang sudah didesain khusus untuk masuk ke dalam goa. Biasanya tas ini digunakan untuk menyimpan berbagai macam baterai cadangan, dan lain-lainnya seperti cemilan atau baju ganti.

Jangan pernah gunakan tas ransel biasa ya sahabat explorer, karena tas ini memang sudah dibuatkan untuk memudahkan para penjelajah goa tersebut. Biasanya tas ini sudah sepaket dengan pelindung anti airnya sahabat explorer. Tentu saja benda tersebut jangan sampai tertinggal ya, karena ada beberapa goa yang di dalamnya sangat basah dan kadang dari langit-langitnya meneteskan air. Daripada barang-barang elektronik atau yang rentan kena air menjadi rusak, maka lebih baik gunakan pelindungnya tersebut saat sedang menjelajah goa tersebut sahabat explorer.

Jadi, perlu kalian ingat untuk menggunakan tas khusus ini ya sahabat explorer, jangan tas biasa!

2. Coverall

perlengkapan traveling untuk masuk goa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bukalapak

Perlengkapan traveling untuk masuk goa yang selanjutnya adalah baju coverall. Sekilas memang seperti baju bengkel sahabat explorer, namun untuk masuk ke dalam goa, baju ini memiliki manfaat yang khusus sahabat explorer. Percaya gak percaya, ini adalah pakaian yang paling cocok untuk berkunjung ke perut bumi tersebut.

Pakaian berbahan katun tidak cocok digunakan untuk menjelajah goa, karena bahannya mudah basah dan juga susah kering, jadi ya hindari menggunakan baju berbahan katun ya sahabat explorer, kalian akan kerepotan sendiri nantinya.

Ada baiknya jika kalian segera menanyakan kepada operator wisata goa tersebut kira-kira pakaian berbahan apa yang cocok digunakan di goa itu. Agar, kalian dapat membawa baju ganti yang sesuai sahabat explorer, karena kondisi dalam goa juga kita tidak bisa tahu kalau belum pernah menjelajahnya. Bertanya lebih baik daripada repot sendiri!

3. Helm

perlengkapan traveling untuk masuk goa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : biotagua

Perlengkapan traveling untuk masuk goa yang selanjutnya adalah Helm. Tentu saja ini sangat penting sahabat explorer, karena saat di dalam goa, kepala kita sangat berpeluang besar untuk terbentur dengan langit-langit. Oleh karena itu, benda yang satu ini tidak boleh tidak dipakai ya sahabat explorer. Jika kalian tidak ingin memakainya, maka lebih baik jangan menjelajah goa, karena risiko menjelajah tanpa menggunakan helm itu sangat tinggi sahabat explorer!

Gunakan helm yang keras untuk menyusur goa, sangat disarankan oleh para profesional nih sahabat explorer. Karena benturan yang kita alami kalau tidak sadar itu bisa jadi keras banget, dan tentunya akan berbahaya bagi kepala kalian kan!

4. Alat Penerangan & Baterai

perlengkapan traveling untuk masuk goa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : sukabumiupdate

Perlengkapan traveling untuk masuk goa yang selanjutnya adalah alat penerangan dan baterai cadangan. Biasanya memang ada helm yang sudah dilengkapi dengan penerangan, namun tidak ada salahnya untuk membawa penerangan cadangan dan juga baterainya. Tentu saja ini berguna apabila kalian dalam kondisi yang sulit, seperti misalnya kehabisan baterai dari lampu helm atau membutuhkan pencahayaan yang ekstra saat sedang berada di dalam ruangan yang sangat gelap dan tidak ada sedikitpun cahaya masuk.

Bisa berbentuk senter, atau HP kalian dan juga powerbank yang dilengkapi dengan senter. Apapun yang penting kuat, tahan lama dan kalian tentu memiliki cadangannya sahabat explorer. Kalau sudah ada, maka kalian tidak akan keribetan pencahayaan saat sedang kesulitan untuk mendapatkan penerangan.

Jelajah Goa di Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan traveling untuk masuk goa yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar