Gaya Hidup

Suka Wall Climbing? Usahakan Kalian Punya Sendiri Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan traveling untuk panjat tebing - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : pagguci

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian salah satu pecinta alam? Jika iya, mungkin saja kalian pernah atau tertarik untuk melakukan kegiatan panjat tebing. Biasanya, saat masih kuliah, sarana latihan untuk panjat tebing itu disediakan sahabat explorer. Dengan demikian, saat pergi untuk benar-benar panjat tebing, ada teknik dasar yang sudah kalian kuasai. Untuk menjadikan hobi ini menjadi serius, tentu kalian harus memiliki perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang profesional. Selain itu, kegiatan yang satu ini juga akan lebih baik jika dilakukan lebih dari 2 orang sahabat explorer. Karena akan terasa lebih seru dan menyenangkan dibanding dengan sendiri, dan kalian juga tidak kerepotan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apa kalian tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini? Tentunya pemandangan saat sudah mencapai puncak tebing itu luar biasa, rasa capek hilang seketika sahabat explorer!

Perlengkapan Traveling Untuk Panjat Tebing

Adrenalin memang sangat terpacu sahabat explorer kalau kalian mencoba olahraga yang satu ini. Di Indonesia itu sendiri juga banyak sekali tebing-tebing yang bisa kalian banyak. Indonesia memang sangat lengkap deh untuk urusan kegiatan traveling yang bersangkutan dengan olahraga outdoor. Namun, alat yang digunakan juga bukan alat yang kaleng-kaleng sahabat explorer. Tentu diperlukan alat yang bahannya bagus dan juga kuat, karena kalian kondisinya sedang langsung panjat tebing di alam. Berbagai macam kondisi harus diperhatikan, mulai dari cuaca, ketinggian, bebatuan yang dipanjat, sampai ke kondisi angin. Memang harus sangat matang perhitungannya sahabat explorer, karena demi keamanan kalian juga. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Ingin Coba Jelajah Hutan? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

1. Kernmantle Rope

perlengkapan traveling untuk panjat tebing - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kratossafety

Perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang pertama adalah Kernmantle Rope atau Tali Karnmantel. Yang namanya panjat tebing, pasti tidak lepas dengan yang namanya tali sahabat explorer. Namun, tentu saja tali yang digunakan juga bukan tali yang sembarangan, ini adalah tali khusus sahabat explorer. Jika dengan sembarangan tali, maka risikonya berbahaya sekali sahabat explorer, bisa-bisa putus talinya, tentu sangat berbahaya!

Fungsi tali ini salah satunya adalah untuk menjaga kalian apabila terjatuh sampai menyentuh tanah atau biasa disebut dengan freefall. Tali Kernmantle ini dibagi menjadi 3 sahabat explorer, yang pertama ada Tali Statis yang mempunyai kelenturan 15-20%, standar yang digunakan adalah 10,5mm. Fungsinya sebagai rappelling atau turun dari ketinggian. Lalu ada Tali Dinamis yang mempunyai kelenturan 30%. Dengan kelenturan yang tinggi, sehingga memiliki daya kejut yang tinggi pula, oleh karena itu tali yang satu ini cocok untuk rock climbing. Yang terakhir adalah Tali Semi Statis, yang memiliki kelenturan ditengah dari kedua tali sebelumnya. Selain cocok untuk rappelling dan climbing, tali yang satu ini juga bisa digunakan untuk rescue sahabat explorer.

Sudah tau kan kira-kira mana yang kalian perlukan? Agar aman, beli semuanya saja ya sahabat explorer! Hehe

2. Harness

perlengkapan traveling untuk panjat tebing - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : mecca

Perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang selanjutnya adalah Harness. Alat panjat tebing yang satu ini merupakan sebuah alat penopang tubuh yang terikat di pinggang sebagai pengaman yang nantinya juga akan dihubungkan dengan tali. Berdasarkan bentuknya, Harness dibagi menjadi tiga sahabat explorer. Yang pertama adalah seat harness, lalu ada chest harness, dan juga full body harness. Khusus untuk yang terakhir, harness akan melilit seluruh tubuh dan juga dilengkapi dengan sangkutan alat di sekeliling pinggang si pemanjat.

Biasanya, orang-orang banyak yang menggunakan seat harness sahabat explorer, karena lebih banyak memberikan ruang gerak untuk si pemanjat.

Kira-kira, kalian mau pakai yang mana nih sahabat explorer? Kalau untuk pemula lebih baik yang full body kayaknya ya sahabat explorer!

3. Carabiner

perlengkapan traveling untuk panjat tebing - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dmclimbing

Perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang selanjutnya adalah Carabiner. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi melihat gambar ini ya sahabat explorer, karena banyak dipakai dalam olahraga apapun yang membutuhkan keamanan ekstra. Biasanya, bahan yang satu ini terbuat dari alumunium alloy yang ringan namun memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Carabiner ini bisa dibilang sebagai cincin kait yang menghubungkan alat yang satu dengan alat yang lainnya sahabat explorer. Namun kalian juga harus melihat kondisinya ya sahabat explorer, karena akan bergantungan pada tumpuan pen yang ada. Apabila kalian melihat sudah longgar, maka jangan digunakan ya! Beli yang baru saja, agar tidak terbuka saat sedang memanjat, tentu sangat berbahaya sahabat explorer!

Berdasarkan bentuknya, Carabiner ini ada dua jenis, yaitu carabiner screw gate (menggunakan kunci pengaman) dan carabiner snapgate (tidak berkunci). Kalian bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian yang mana. Intinya, tetap beli yang kualitas terbaik, mahal tidak apa-apa, asal keamanan terjamin.

4. Chalk Bag (Kantung Magnesium)

perlengkapan traveling untuk panjat tebing - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : blackdiamondequipment

Perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang selanjutnya adalah Chalk Bag atau kantung magnesium. Tidak menutup kemungkinan jika kita memanjat dengan kondisi siang hari yang panas, kita akan mudah berkeringat sahabat explorer. Terutama di bagian tangan yang memang rentan berkeringat, karena kita banyak memanjat. Tentunya pegangannya akan menjadi sangat susah dan licin, oleh karena itu kalian harus sedia Chalk Bag ini ya. Isinya sudah jelas magnesium yang berguna sebagai anti keringat agar dapat meminimalisir kemungkinan pegangan kita terselip.

Wisata Seru Bersama YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan traveling untuk panjat tebing yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Masih banyak alat yang lainnya, yang tentunya menjaga keamanan kalian, seperti helm, sepatu yang cocok, Ascender dan Descender dan yang lain-lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Jangan lupa juga untuk download aplikasi Qloti di tautan ini ya!

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar