Gaya Hidup

Suka Bersepeda Gunung? Kalian Wajib Memiliki Perlengkapan Ini!

perlengkapan untuk bersepeda gunung - yoexplore, liburaan keluarga - yoexplore.co.id
image source: polygonbikes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian termasuk penggemar bersepeda gunung? Kegiatan yang satu ini memang olahraga banget dan tentunya sangat memacu adrenalin. Medan gunung atau perbukitan yang kadang curam dan licin, menjadi tantangan sendiri bagi para pesepeda tersebut. Selain mendapatkan tantangan, tentunya ini juga menyehatkan sahabat explorer, bayangkan berapa kalori yang terbakar selama bersepeda mengelilingi bukit atau gunung ini. Wah, pasti kalian akan semakin segar saja deh rasanya! Bagi kalian yang masih ingin mencoba, maka ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan. Salah satunya adalah perlengkapan untuk bersepeda gunung ini yang wajib kalian miliki. Wajib kalian ketahui sahabat explorer, agar bersepeda kalian tetap nyaman dan juga jauh dari bahaya. 

Perlengkapan Untuk Bersepeda Gunung

Hobi yang satu ini memang terbilang murah-murah mahal, harga sepedanya memang lumayan. Namun, untuk perlengkapan lainnya terbilang lumayan murah kok sahabat explorer. Tergantung kalian pintar-pintar memilih saja. Sekali pernah bersepeda gunung, dijamin kalian bakalan ketagihan sahabat explorer, karena kegiatan yang satu ini memang sangat mengasyikkan deh! Baiklah kalau begitu, mari kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga: Mungkin Cara Unik Ini Bisa Kalian Coba Untuk Menghilangkan Stress!

1. Pengecek Rantai Sepeda

perlengkapan untuk bersepeda gunung - yoexplore, liburaan keluarga - yoexplore.co.id

image source: harga-jual

Perlengkapan untuk bersepeda gunung yang pertama adalah pengecek rantai sepeda. Alat ini sangat penting sahabat explorer! Bahkan bisa dibilang vital! Ini demi keselamatan kalian. Alat ini berfungsi untuk melihat keadaan rongga pada rantai sepeda kalian. Kalau memang terlalu longgar, sebaiknya langsung diganti, karena risikonya adalah keselamatan kalian sendiri sahabat explorer. Keterlambatan dalam menyadari molornya rantai bisa berakibat fatal. Selain luka lecet kalau jatuh, nasib sial kecelakaan parah juga bisa mengintai sahabat explorer. Untuk perawatan komplit, jangan lupa selalu bersihkan dan tambahkan pelumas ya di rantai kalian. Biasakan mengecek bagian ini terutama sebelum berangkat bersepeda. 

2. Cable Tie

perlengkapan untuk bersepeda gunung - yoexplore, liburaan keluarga - yoexplore.co.id

image source: securecableties

Perlengkapan untuk bersepeda gunung yang selanjutnya adalah Cable Tie. Cable tie atau yang biasa disebut juga dengan tyraps ini adalah tali serbaguna yang biasanya digunakan untuk mengikat sekumpulan kabel. Namun, untuk para pesepeda gunung, cable tie ini akan sangat berguna dalam keadaan darurat sahabat explorer!

Contohnya, ketika rantai sepeda kamu putus di tengah jalan akibat guncangan medan di pegunungan. Dengan cable tie, kamu bisa menyambungkan dua pin rantai yang putus untuk melanjutkan perjalanan sementara sebelum akhirnya ke bengkel dan mengganti pin rantai yang putus tadi sahabat explorer. Ingat ya, sifatnya hanya sementara, namun sangat berguna banget! Jadi, jangan sepelekan benda kecil ini ya sahabat explorer!

3. Helm Sepeda

perlengkapan untuk bersepeda gunung - yoexplore, liburaan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan untuk bersepeda gunung yang selanjutnya adalah Helm Sepeda. Menggunakan helm saat bersepeda gunung ini sama pentingnya dengan berkendara dengan motor loh sahabat explorer. Besar kemungkinan kalian akan jatuh apalagi yang belum berpengalaman dikarenakan medannya yang cukup sulit dan tidak bisa diprediksi. Ciri-ciri helm  sepeda yang oke adalah ringan, berventilasi yang baik, dan juga bahan bantal yang nyaman dan mudah menyerap, serta strap yang mudah diatur. Namun hal yang paling penting adalah ukuran yang pas di kepala ya sahabat explorer. Ini paling penting nih, walaupun ada strap tapi kebesaran, malah kalian jadi repot dan juga risiko berbahayanya masih tinggi sahabat explorer

Kalian bisa beli secara online atau langsung datang dan memilih sendiri barang yang kalian inginkan. 

4. Pelindung Badan

perlengkapan untuk bersepeda gunung - yoexplore, liburaan keluarga - yoexplore.co.id

image source: blibli

Perlengkapan untuk bersepeda gunung yang selanjutnya adalah Pelindung Badan. Saat bersepeda gunung dalam cuaca, medan, dan juga terpaan angin saat mengayuh, tentunya badan kalian akan memerlukan perlindungan lebih dibandingkan jika bersepeda keliling di komplek perumahan. Salah satunya adalah baju olahraga dengan bahan jersey yang menyerap keringat sehingga ringan dan nyaman untuk dipakai.

Selain itu, perlindungan tangan, kaki, dan badan pun jangan dilupakan untuk menghindari risiko cedera fatal sahabat explorer. Bahkan matamu pun jangan luput dari perlindungan! Kacamata bersepeda penting banget dalam melindungi mata kalian dari debu dan panas saat bersepeda. Jangan sepelekan benda yang satu ini ya sahabat explorer!

Bersepeda Dengan Aman Ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan untuk bersepeda di gunung yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar