Gaya Hidup

Perlengkapan Untuk Study Tour Yang Wajib Kalian Bawa!

perlengkapan untuk study tour - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: merdeka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, namanya sekolah atau kuliah sudah jelas ada yang namanya study tour. Kegiatan yang satu ini memang sangat mengasyikkan sahabat explorer. Kenapa? Karena kita bisa berjalan-jalan bersama teman sambil belajar. Bedanya, kita akan mengunjungi sebuah tempat yang bisa memberikan kita nilai edukatif dan juga wawasan yang bisa berkembang. Dengan mengikuti study tour, pikiran kita menjadi terbuka dan bisa melihat bagaimana suasana tempat tersebut secara langsung tidak hanya dari buku atau internet. Tentu saja sensasinya akan lebih berbeda ya sahabat explorer. Perbedaannya jelas karena kita akan dipandu langsung oleh guru atau perwakilan dari pengelola tempat yang kita tuju. Oleh karena itu, ada beberapa perlengkapan untuk study tour yang perlu kalian bawa sahabat explorer

Perlengkapan Untuk Study Tour

Study tour adalah aktivitas yang berbeda dibandingkan dengan berliburan, berwisata ataupun traveling sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan study tour yang penting namun tidak menyulitkan juga untuk dibawa. Jangan sampai perjalanan study tour kalian kesulitan akibat banyaknya barang bawaan. Perlengkapan ini bisa dibilang wajib untuk dibawa, agar kalian tidak kerepotan nantinya. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya. Kira-kira ada apa saja ya?! Cekidot!

Baca Juga: Review Fontana Hotel Bali

1. Uang Saku

Perlengkapan untuk study tour yang pertama tentunya adalah uang saku. Yang ini jangan sampai ketinggalan ya sahabat explorer, bisa repot! Uang saku jelas menjadi kebutuhan yang utama. Bisa saja kalian berangkat study tour dengan tanpa membawa peralatan tertentu dan nantinya bisa dibeli pada saat perjalanan dengan uang saku yang kalian bawa. Meski begitu, bawalah uang saku yang pas dengan perkiraan rencana study tour kalian sahabat explorer. Jangan sampai kekurangan atau terlalu banyak sehingga kalian akan khawatir selama perjalanan study tour. Kekhawatiran ini tentu saja akan mengurangi keceriaan kalian selama study tour.

2. Pakaian

Perlengkapan untuk study tour yang selanjutnya adalah pakaian. Bawalah pakaian seperlunya saja. Pastikan kalian membawa pakaian tertentu yang selalu perlu diganti dan pakaian yang bisa dipakai beberapa kali. Bawalah pakaian lebih untuk pakaian yang perlu diganti namun tetap saja harus sesuai dengan perkiraan pemakaian selama aktivitas study tour berlangsung. Untuk pakaian yang bisa dipakai beberapa kali, di sini kalian bisa mengatur efisiensi. Dengan membawa pakaian dengan jumlah yang sesuai kebutuhan, kalian akan nyaman selama perjalanan study tour.

3. Gadget

Perlengkapan untuk study tour yang selanjutnya adalah gadget.  Gadget yang dimaksud disini adalah seputar alat komunikasi dan juga dokumentasi. Alat komunikasi biasanya merupakan handphone sedangkan untuk dokumentasi adalah kamera. Jika kalian memiliki handphone dengan kamera yang mumpuni, tentu lebih efisien kan sahabat explorer, jadi tidak perlu membawa kamera tambahan. Karena tujuan study tour sendiri bukanlah mengabadikan seluruh pemandangan. Tetapi kalian juga tetap bisa mengatur agar kamera bisa tetap dibawa dengan perlengkapan berupa tas yang flexible yang menjadikan kamera dengan handphone bisa selalu kalian bawa kemanapun. Karena disini juga harus diperkirakan faktor keamanan selain faktor kenyamanan.

4. Ransel

Perlengkapan untuk study tour yang selanjutnya adalah ransel. Tentunya yang proporsional ya sahabat explorer! Bawa ransel yang proporsional dengan rencana study tour kalian. Kadang kala perjalanan study tour bisa dilakukan dalam waktu seharian. Tetapi bagaimana jika perjalanan kalian berhari-hari? Maka tentukan agar seluruh barang kebutuhan kalian tetap bisa dalam kendali kalian sahabat explorer. Dengan membawa ransel yang besar misalnya, kalian tidak perlu memegang tas tambahan dengan demikian kalian lebih fleksibel dalam pergerakan. Jika hanya untuk perjalanan seharian, kalian cukup untuk membawa tas yang simpel tidak terlalu besar. Jika kalian ingin membawa pulang oleh-oleh, bawalah tas tambahan sebagai backup. Namun pastikan seefisien mungkin karena yang penting study tour kalian tetap berjalan lancar.

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan untuk study tour yang bisa kalian bawa. Semoga rekomendasi dari YoExplore ini bermanfaat ya! Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar