Gaya Hidup

Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Saat Traveling di Musim Dingin!

perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : dairysikepik

YOEXPLORE, Liburan Keluarga –  Sahabat explorer, liburan musim dingin memang tepatnya untuk pergi ke luar negeri. Jelas saja, karena Indonesia ini negara tropis, jadi tidak ada yang namanya musim dingin, hanya musim kemarau dan musim hujan saja. Lain ceritanya jika kalian mengunjungi gunung-gunung yang ada di kawasan papua, mungkin di situ lah kalian bisa menemukan yang namanya salju! Hehe. Namun, agar lebih paten kalian bisa mengunjungi negara lain di Eropa atau beberapa negara Asia seperti Jepang contohnya. Bagi orang Indonesia, mungkin dibutuhkan adaptasi yang cukup lama saat ‘bertemu’ dengan yang namanya musim dingin atau salju. Tentu saja tubuh kita sudah terbiasa dengan iklim di Indonesia, dan mendadak harus menghadapi iklim baru tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang wajib kalian bawa.

Perlengkapan Untuk Traveling ke Tempat Dingin

Perlengkapan ini tentunya akan membuat kalian semua nyaman saat sedang pergi ke tempat wisata di tempat dingin tersebut. Berlaku juga jika kalian liburan di dataran tinggi di Indonesia, seperti di wilayah Batu Malang, atau yang lainnya. Pokoknya, jangan sampai kelupaan deh sahabat explorer, karena perubahan cuaca itu tidak bisa diprediksi, daripada kalian sakit, lebih baik semuanya di prepare saja kan sahabat explorer. Bagi kalian yang sedang honeymoon, tentu saja tidak ingin momen indah ini ternodai dengan kondisi tubuh yang tidak fit. Faktor cuaca sudah jelas penyebabnya, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi nih sahabat explorer. Langsung saja simak ulasan perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin berikut ini ya!

Baca Juga : Ingin Serius Menjadi Diver? Kalian Membutuhkan Gear-Gear Ini!

1. Long John

perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : elevania

Perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang pertama adalah membawa baju Long John. Tersedia untuk pria dan wanita juga nih sahabat explorer, jadi kalian tenang saja. Baju ini biasanya digunakan sebagai pelapis setelah dalaman. Baru setelah itu, kalian menggunakan baju luaran lagi. Tentunya, Long John ini akan membuat badan kalian menjadi hangat selama bepergian di tempat musim dingin. Bentuknya yang juga simple dan tidak ribet, membuat kalian tidak perlu memikirkan ootd yang tidak bagus. Karena baju ini hanya dalaman saja, baru kalian bisa menggunakan baju lapis lainnya agar terlihat tetap kece walaupun sedang musim dingin.

Bahan baju ini biasanya terbuat dari Wool, Polyester, atau Katun yang dapat tetap membuat tubuh kalian hangat selama traveling. Jangan sampai kelupaan ya sahabat explorer, ini paling penting nih, makanya kita jadikan nomor 1!

2. Earmuff

perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tokopedia

Perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang selanjutnya adalah membawa Earmuff khusus musim dingin. Tentu saja ini sangat penting bagi kalian yang memiliki telinga sensitif. Biasanya, kalau tidak kuat dingin maka telinga akan menjadi merah dan tentunya sakit, dan juga mungkin gejala lainnya. Dengan menggunakan Earmuff ini, setidaknya dapat mengurangi atau mencegah gejala tersebut timbul sahabat explorer. Apalagi jika kalian pergi ke negara yang memang sedang turun salju disertai angin kencang, maka cuacanya sangat ekstrim dan bahkan bisa minus! Oleh karena itu, fungsi dari benda yang satu ini sangat penting sekali untuk mencegah telinga kalian sakit dari suhu yang menusuk tersebut. Jangan lupa dibawa ya sahabat explorer, dijamin di Indonesia pasti lebih murah deh harganya daripada di luar negeri sana! Bagi kalian yang memang tidak sensitif telinganya juga tidak ada salahnya loh membawa benda yang satu ini untuk sekedar jaga-jaga.

3. Sweater

perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; patagonia

Perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang selanjutnya adalah membawa atau membeli sweater. Tentu saja ini tidak boleh kelupaan juga sahabat explorer, ini bisa jadi pelapis kedua setelah kalian menggunakan Long John, jadi kalian tetap merasakan hangat dan liburan terasa menyenangkan.

Saat musim dingin soalnya sangat mungkin bagi kalian akan ‘bertemu’ dengan suhu nol derajat celcius atau bahkan minus, oleh karena itu penting sekali selalu membawa beberapa pasang sweater ini. Tujuannya sudah tentu untuk menjaga tubuh kalian tetap hangat, dan bisa juga untuk digunakan saat tidur, karena bisa jadi saat di dalam kamar pun hawa dingin masih menembus walaupun kalian sudah menggunakan heater atau penghangat ruangan. Intinya tetap well prepared ya sahabat explorer!

4. Sarung Tangan & Kaus Kaki

perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : elevania

Perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang selanjutnya adalah membawa sarung tangan dan juga kaus kaki ya sahabat explorer. Tentu saja ini penting, karena kadang jari-jari tangan dan kaki akan terasa kaku saat kita sedang berada di cuaca yang dingin. Selain itu, sarung tangan ini juga bisa melindungi kalian dari cipratan air yang tentunya akan menjadi lebih dingin saat musim salju tiba.

Bagi sebagian orang, tangan mereka akan terasa kaku saat musim dingin ekstrim tiba, maka dari itu fungsi benda yang satu ini jangan diremehkan. Walaupun kecil, namun manfaatnya luar biasa banget sahabat explorer, bisa mengurangi risiko kram pada kaki dan tangan kalian. Jangan lupa dibawa ya!

Enjoy Liburan Musim Dingin!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan untuk traveling ke tempat dingin yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk ceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar