Gaya Hidup

Ingin Pergi Road Trip? Siapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Panduan Traveling, YOEXPLORE - persiapan road trip - YoExplore.co.id
image source : gapyear.com

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, traveling ke suatu tempat itu memang sangat menyenangkan. Baik bersama keluarga ataupun dengan teman-teman, sesampainya di lokasi liburan, pasti kalian akan sangat excited. Tapi, pernahkah kalian mencoba yang namanya Road Trip? Road Trip adalah sebuah perjalanan panjang yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi. Konsepnya, kalian memiliki tujuan akhir destinasi kalian, namun dalam perjalanannya, kalian akan berhenti pada beberapa tempat dan menginap di sana. Persiapan Road Trip ini juga harus kalian pikirkan secara matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya, Road Trip ini pastinya akan sangat menyenangkan apabila beramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Persiapan Road Trip Agar Lancar Sampai Tujuan

Apakah sahabat explorer pernah melakukan kegiatan ini? Kalau sudah, kalian bisa berbagi pengalaman kalian ya sama teman yang lain. Dijamin deh, Road Trip ini pasti akan sangat menyenangkan bagi kalian yang ingin berkeliling di Indonesia. Bagi kalian yang belum pernah, akan lebih baik apabila kalian memperhatikan terlebih dahulu tips-tips berikut ini. Kenapa? Karena Road Trip itu tidak hanya sembarangan jalan aja sahabat explorer. Ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan, agar tidak kebingungan sendiri nanti saat perjalanan sudah dimulai. Oke, langsung kita simak aja yuk tips-tips berikut ini!

1. Membuat Itinerary

Dalam persiapan Road Trip, kalian harus membuat itinerary yang jelas, contohnya adalah kita ambil perjalanan Road Trip Jawa – Bali yang bermula dari Jakarta. Pastinya, kalian akan memiliki banyak tempat dan kota yang bisa kalian kunjungi. Perjalanan akan lebih baik dimulai dari pagi hari, sehingga kalian mungkin bisa berhenti untuk sekedar makan siang di wilayah Jawa Tengah seperti di Pekalongan atau Semarang. Kalian juga harus menentukan untuk mau menginap di mana. Dengan demikian, kondisi kalian akan tetap terjaga dan menghindari bahaya menyetir dalam keadaan mengantuk.

Adanya Itinerary yang jelas, membuat kalian dapat memperkirakan waktu berangkat dan tiba di beberapa kota yang kalian singgahi. Bayangkan kalau kalian memiliki Itinerary yang tidak jelas, pastinya kalian akan kebingungan. Dalam arti untuk menentukan tempat peristirahatan, makan siang, dan bahkan waktu tiba yang sangat malam yang dapat membahayakan perjalanan kalian sendiri.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Gunung Bromo

2. Booking Hotel Minimal H-1

Yang namanya Road Trip, pasti kalian akan menginap di salah satu kota yang kalian datangi, contohnya masih perjalanan Jawa – Bali dari Jakarta. Mungkin kalian akan menginap di kota Magelang atau Yogyakarta, karena sesuai dengan perkiraan waktu, kalian akan sampai di Magelang atau Yogyakarta itu pada malam hari. Jika kalian berencana menginap di sana, kalian harus memesan hotel minimal H-1. Kenapa? Tentu karena masalah waktu, jika kalian baru mencarinya sesampai di lokasi, kalian pasti akan ribet sendiri menentukan hotel dan lokasi hotel.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah, jika kalian memesan hotel dari jauh hari dan menggunakan aplikasi-aplikasi penyedia Booking Hotel, biasanya akan mendapat potongan harga tertentu. Manfaat lainnya adalah kalian bisa langsung menaruh barang-barang di hotel, dan beristirahat. Ataupun berkeliling sebentar untuk melihat keindahan kota di malam hari. Jadi, persiapan Road Trip yang satu ini jangan sampai dilewatkan ya sahabat explorer!

3. Service Kendaraan

Karena Road Trip itu akan memakan ratusan kilo jarak dan medan-medan seperti tanjakan atau jalan yang berliku-liku, maka alangkah baiknya jika kalian memperhatikan betul persiapan Road Trip yang satu ini. Lakukanlah Service Mobil sebelum melakukan perjalanan, perhatikan elemen-elemen penting, seperti kondisi ban, oli, balancing dan spooring, air aki, pengecekan mesin dan lainnya. Jangan lupa juga untuk membawa ban serep, kunci ban, dan perlengkapan lainnya yang mungkin dibutuhkan jika terjadi sesuatu di jalan.

4. Ajak Dua Teman Yang Bisa Mengendarai Mobil

Mungkin terdengar sepele, tapi hal yang satu ini juga ternyata sangat penting loh sahabat explorer. Kenapa? Walaupun kalian akan menginap di setiap kota, tapi kalian membutuhkan teman yang bisa setir mobil juga. Alasannya pasti untuk bergantian dengan supir yang sebelumnya, karena dia pasti akan kelelahan dan butuh istirahat di mobil, terutama apabila perjalanan yang kalian lakukan di malam hari. Jika teman kalian mengantuk, bisa digantikan dengan yang lain yang mungkin masih lebih segar matanya 😀

5. Membawa Obat-Obatan

Kalau yang ini sangat penting sahabat explorer. Karena yang namanya perjalanan jauh, mungkin saja salah satu dari  kalian akan ‘mabuk darat’. Oleh karena itu, bawalah beberapa obat-obatan seperti Paracetamol, obat masuk angin, minyak kayu putih, dan jangan lupa membawa obat-obatan khusus bagi kalian yang memiliki penyakit tertentu. Kalau sampai lupa, bisa repot loh sahabat explorer, karena pasti kalian akan susah untuk menemukan apotek. Apalagi kalau kalian sedang berada di jalur Pantura atau Tol, akan sangat susah untuk mencarinya. Jadi, persiapan Road Trip yang satu ini jangan sampai kalian lupakan ya!

6. Membawa Uang Cash

Kalau kalian di kota-kota besar mungkin bisa membayar dengan debit atau kartu kredit, tapi hal tersebut belum tentu bisa di daerah-daerah terpencil atau di jalur-jalur batas kota. Persiapkan uang cash kalian, karena kalau kalian mau makan, isi bensin, atau membeli perlengkapan lainnya, belum tentu semua tempat bisa dibayar dengan kartu debit atau kartu kredit. Selagi kalian melihat ada ATM di sisi jalan, dan kalian merasa uang cash kalian sudah menipis, langsung buru-buru aja diambil sahabat explorer. Persiapan Road Trip ini memang tidak terlihat begitu penting, namun jika kalian kesusahan untuk membayar sesuatu, kalian baru akan merasakan betapa pentingnya hal ini. 😀

Perjalanan Lancar dan Aman!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips persiapan Road Trip yang bisa YoExplore berikan. Semoga, dengan kalian memperhatikan beberapa tips yang tadi, kalian akan memiliki perjalanan Road Trip yang menyenangkan dan nyaman. Sekali lagi, bagi kalian yang sudah pernah melakukan Road Trip, kalian bisa share pengalaman kalian di kolom komentar kami! Have a good trip, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar