Gaya Hidup

Main Instagram? Sudah Tahu Sejarahnya?

sejarah Instagram - yoexplore
image source : teneighty

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, jaman sekarang, siapa sih yang gak main Instagram? Bisa dibilang hampir semua lah ya. Mungkin yang gak main itu yang orang-orang sudah lanjut usia saja. Kebanyakan anak millenials, dan kidz zaman now pasti pada main aplikasi yang satu ini. Berbagai macam fitur seperti Instastory, IG TV, Repost Story, Filter Photo, dan yang mungkin nantinya akan bertambah. Semua fitur tersebut, sangat menarik minat anak-anak jaman sekarang. Sejarah Instagram itu sendiri, juga pernah mengganti logo mereka. Mungkin hal tersebut dilakukan agar tampilannya lebih segar, berwarna, dan sedikit memberi kesan futuristik. Selain tampilan, berbagai fitur juga terus mengalami perubahan. Semakin ke sini, fungsi Instagram akhirnya menjadi sangat penting.

Sejarah Instagram

Kepentingan tersebut tidak lain adalah untuk urusan bisnis. Baik bagi perusahaan-perusahaan besar untuk terus memberikan informasi mengenai produk-produk mereka, maupun bagi perusahaan baru. Selain itu, fenomena Selebgram juga bermunculan karena Instagram. Dari istilahnya saja, sudah jelas Selebritis Instagram. Singkatnya, mereka adalah orang-orang yang terkenal di dan karena Instagram.  Namun, apakah kalian tau atau pernah dengar bagaimana sejarah Instagram itu sendiri berdiri? Jadi, lebih baik kalau kalian tau dulu nih asal muasal aplikasi yang kalian pakai satu ini. Yauda yuk sahabat explorer, langsung kita simak aja ulasannya!

Instagram, merupakan sebuah aplikasi berbasis di smartphone baik Android maupun IOS. Awalnya, berdiri sebuah perusahaan dengan nama Burbn Inc pada tahun 2010. Perusahaan startup ini bergerak pada bidang teknologi pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Fokus mereka yang terlalu banyak terhadap HTML5 mobile, membuat kedua CEO yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger ingin memfokuskan pada satu saja.

Setelah satu minggu mereka berdiskusi untuk menemukan ide yang bagus, tercipta lah sebuah produk pertama dari Burbn Inc. Namun, didalamnya masih banyak hal yang tidak sempurna, dan terlalu banyak fitur. Bagi mereka, akan sangat sulit untuk menghapus fitur-fitur tersebut, sehingga mereka mengulang lagi dari awal. Pada akhirnya, mereka memfokuskan terhadap bagian foto, kolom komentar, dan fitur untuk menyukai foto. Itulah sejarah Instagram yang akhirnya menjadi aplikasi yang kita gunakan sehari-hari.

Asal Muasal Nama ‘Instagram’

Nama Instagram berasal dari pengertian fungsi dari aplikasi itu sendiri. Kata Insta, berasal dari kata ‘Instan’, seperti kamera Polaroid yang pada masanya dikenal dengan sebutan ‘foto instan’. Maksudnya, Instagram juga bisa menampilkan foto secara instan layaknya kamera Polaroid tersebut. Sedangkan kata Gram, berasal dari kata Telegram, dimana Telegram itu secara fungsi adalah untuk menyampaikan informasi secara cepat. Konsepnya sama dengan Instagram yang dapat mengunggah foto beserta dengan informasi yang pada akhirnya bisa diakses dengan cepat oleh khalayak. Dengan kata lain, nama Instagram berasal dari dua kata yaitu Instan-Telegram.

Satu fitur yang unik dari Instagram itu sendiri adalah Instagram akan memotong foto yang akan diunggah menjadi bentuk persegi. Tampilan tersebut, sesuai dengan tampilan foto yang dihasilkan oleh kamera Polaroid atau Kodak Instamatic. Berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Instagram dapat digunakan di Iphone, Ipad, Ipad Touch atau apapun brand Apple dengan minimal sistem operasi IOS 3.1.2. Sedangkan di Android, bisa digunakan dengan minimal sistem operasi O.S 2.2 (Froyo). Aplikasi ada dapat diunduh pada Google Play Store, atau Apple Store di masing-masing smartphone kalian.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 Miliar. Walaupun sekarang di 2018, terdengar isu bahwa Instagram ingin ‘berdiri’ sendiri lagi, namun sampai sekarang belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak.

Baca Juga : Dapet Uang Banyak Dari Internet? Bisa Kok!

Instagram Yang Sudah Menjadi Kebutuhan

Sahabat explorer, itulah sejarah Instagram yang bisa kami berikan secara singkat. Intinya, ini hanya sekedar informasi saja, mungkin kalian penasaran kan bagaimana dan siapa orang dibalik layar dari suksesnya sebuah aplikasi ini. Zaman sekarang, siapa yang tidak main Instagram? Bisa dibilang, aplikasi satu ini sudah menjadi aplikasi yang sangat penting. Terutama bagi mereka yang berbisnis di bidang online, kebutuhan akan memiliki akun Instagram ini tentu menjadi sangat penting. Seperti online shop misalnya, tentu mereka membutuhkan Instagram untuk mempromosikan barang yang mereka jual. Selain itu, fungsi komentar dan yang lainnya, juga bisa menjadi alat untuk interaksi antara pembeli dan penjual, sehingga hal itu memudahkan transaksi. Sekian sampai disini, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar

1 Komentar