Gaya Hidup

Saat Solo Traveling, Jangan Lakukan Hal Berikut Ini!

solo traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, solo traveling memang kegiatan yang seru dan juga menantang. Sekarang sudah mulai banyak orang yang mulai melakukan kegiatan solo traveling ini. Kenapa sih kegiatan yang satu ini menyenangkan? Jawabannya terletak pada kebebasan tentunya, sahabat explorer. Kalian bisa dengan bebas menentukan destinasi yang akan dituju, transportasi, akomodasi, makan dan minum dan juga berbagai macam hal yang lainnya. Disiplin kalian akan teruji jika melakukan yang namanya solo traveling ini, sahabat explorer. Masih banyak lagi manfaat yang lainnya yang bisa kalian dapatkan saat melakukan perjalanan ini. Dijamin, sekali sudah solo traveling, kalian akan ketagihan untuk mengulangnya lagi di tempat yang berbeda tentunya. 

Solo Traveling

Namun, secara tidak sadar mungkin kalian masih melakukan beberapa kesalahan ini saat sedang solo traveling. Kesalahan tersebut yang pada akhirnya membuat kalian menjadi tidak nyaman dan aman, sahabat explorer. Sekedar mengingatkan, jangan pernah lagi melakukan kesalahan seperti berikut ini ya!

Baca Juga: Berikut Adalah Langkah Antisipasi Bencana Banjir!

1. Tidak Harus Selalu Di Hotel

Kesalahan saat solo traveling yang pertama adalah apabila kalian terlalu memakan waktu yang lama untuk berada di dalam hotel. Umumnya, saran orang-orang adalah untuk mencari sebuah tempat penginapan yang banyak digunakan oleh para solo traveler lainnya. Namun, kalian perlu ingat, kalau hotel itu hanya sekedar tempat untuk menginap dan beristirahat. Carilah hotel yang nyaman dan aman untuk turis, karena kalian tidak boleh berlama-lama di dalam hotel dengan mengobrol atau melakukan kegiatan lainnya yang memakan waktu. Kalian memiliki waktu yang banyak untuk berkeliling dan explore tempat yang kalian kunjungi. 

2. Jangan Terlalu Ambisi

Yang selanjutnya adalah jangan terlalu ambisi di hari pertama kalian, sahabat explorer. Ketika baru datang di kota tujuan pakailah waktu kalian untuk hal-hal yang baik untuk mengisi tenaga, pikiran dan semangat. Kalian pastinya sudah capek mengatur barang bawaan kalian saat akan berangkat. Kalian bisa mengisi ulang tenaga kalian dengan pergi ke beberapa tempat yang dekat dengan penginapan dan juga bisa bersantai di sana. Hal yang sama juga berlaku ketika kalian sudah ingin pulang, sahabat explorer. Tentunya kalian juga harus menjaga tenaga kalian untuk mempersiapkan perjalanan pulang yang bisa jadi lebih melelahkan daripada berangkatnya!

3. Jangan Kehabisan Uang Tunai

Selanjutnya adalah jangan sampai kehabisan uang tunai. Karena kalian sendiri, tentu akan susah untuk meminta bantuan orang lain, apalagi dalam hal uang, sahabat explorer. Agar aman, kalian bisa menaruh uang di tempat lain selain dompet untuk berjaga-jaga jika kalian kehabisan atau kehilangan uang tunai kalian. 

Tips aman dari kami adalah membawa uang tunai sedikit lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari kalian, karena kita tidak tahu kapan kita membutuhkan uang ekstra tersebut. Apalagi jika kalian bepergian di wilayah yang terpencil, tentunya akan lebih sulit mencari mesin ATM dibanding di kota besar. 

4. Jangan Fokus Mencari Teman Baru

Judulnya saja sudah Solo Traveling, akan salah jika fokus kalian adalah mencari teman baru di sana. Kalau dengan adanya teman namanya sudah bukan solo traveling lagi, sahabat explorer. Ini akan menjadi kontraproduktif. Sebab pada awalnya kalian juga memiliki tujuan sendiri mengapa ingin melakukan yang namanya solo traveling. Jadi, sekali lagi ingat tujuan kalian ya, sahabat explorer. Walaupun memang traveling secara grup juga menyenangkan, tetapi alasan kalian untuk bepergian sendirian itu harus bisa menahan rasa rindu dengan teman-teman saat traveling bersama, ya!

5. Jangan Mabuk-Mabukan

Mungkin kalian membutuhkan hiburan saat lelah bepergian seharian. Namun perlu diingat, jangan pernah mabuk saat sedang solo traveling, sahabat explorer. Sudah jelas kan kalian sendirian, jadi jika terjadi sesuatu yang bisa menolong kalian adalah diri kalian sendiri. Maka dari itu, jika kalian pergi ke bar, tetaplah sadar dan berhati-hati. Kalian tetap bisa bersenang-senang namun pastikan pulang dalam keadaan sadar, ya, sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa hal yang jangan kalian lakukan saat sedang solo traveling. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar