Gaya Hidup

Traveling Tetep Pengen Nikmatin Kopi Sendiri? Simak Tipsnya!

tips bikin kopi saat traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: otten

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Ngopi, merupakan sebuah kata yang mungkin paling sering disebut oleh masyarakat di Indonesia. Kegiatan yang satu ini memang menjadi ‘penengah’ dari kegiatan kita atau mungkin sekedar untuk bersantai-santai. Indonesia sendiri memang salah satu negara terbesar produsen kopi. Dari Pulau Sumatera hingga Papua memang tanah kita ini subur untuk kopi. Jenis Arabika dan juga Robusta tumbuh subur di pegunungan Nusantara. Dengan demikian, masyarakat kita ini sudah sangat akrab sahabat explorer dengan kegiatan minum kopi ini. Bahkan, sampai-sampai sedang traveling pun kopi tetap menjadi pilihan utama saat sedang beristirahat di perjalanan. Ada beberapa tips bikin kopi saat traveling yang YoExplore mau bagikan kepada kalian semua nih. Simak terus ya!

Tips Bikin Kopi Saat Traveling

Kopi yang dimaksud tentunya bukan kopi saset atau yang 3 in 1 ya sahabat explorer. Kopi yang dimaksud adalah kopi asli yang memang biasa disebut dengan speciality coffee. Di Indonesia sudah banyak speciality coffee, salah satunya adalah Aceh Gayo atau Toraja Sapan. Kopi ini memiliki nilai yang tinggi saat diadakan cupping skala internasional dan juga kontes kopi dunia. Gelar juara sudah berkali-kali didapatkan kedua kopi ini. Pokoknya Indonesia mantul banget deh untuk urusan kopi di mata dunia! Jadi, mari kita budayakan kopi lokal kita! Sekarang langsung kita simak saja yuk tips bikin kopi saat traveling!

Baca Juga: Mau Sukses Interview Kerja? Perhatikan Tips Berikut Ini!

1. Bawa Kopi Sendiri

Tips bikin kopi saat traveling yang pertama adalah dengan membawa kopi kalian sendiri sahabat explorer. Usahakan menggiling kopinya sebelum diseduh ya sahabat explorer, karena kopi yang sudah digiling apabila terkena oksigen, maka akan menghilangkan zat-zat penting pada kopi itu sendiri. 

Oksigen akan masuk ke dalam kopi dan menggantikan karbondioksida di dalam kopi. Hal ini lah yang membuat kandungan dan juga rasa di dalam kopi itu sendiri menghilang. Alangkah lebih baik jika kalian punya penggiling manual atau hand grinder sahabat explorer. Dengan demikian kalian bisa tetap ngopi dimanapun tanpa harus kehilangan rasa dari kopi itu sendiri. Jika kalian tidak punya grinder manual tersebut, maka lebih baik kalian giling kopi kalian dari rumah, namun langsung masukkan ke dalam wadah yang rapat ya sahabat explorer, agar oksigen yang masuk tidak terlalu banyak. 

Jika tidak punya mesin gilingan, kalian bisa datang ke coffeeshop dan minta giling saja, ukurannya sesuai yang kalian mau. Biasanya kopi digiling halus-sedikit kasar. 

2. Menandai Gelas

Tips bikin kopi saat traveling yang selanjutnya adalah menandai gelas yang biasa kalian gunakan untuk ngopi. Rasio merupakan hal yang sangat penting dalam menyeduh kopi sahabat explorer, biasanya kopi yang enak itu ada di rasio 1:10-1:15. 

Jika bingung rasio itu seperti apa, maka perbandingannya seperti ini jika 1:10, maka itu artinya 1 gram kopi dengan 10 mililiter air. Dengan demikian jika gramasinya 20 gram, maka 20×10 = 200 mililiter air sahabat explorer. Semakin tinggi rasionya, semakin encer pula kopi yang didapat sahabat explorer

Tandai gelas jika kalian gak mau ribet perlengkapan kopi saat traveling. Caranya adalah tuangkan air sesuai dengan mililiter yang kalian mau di gelas kalian, lalu tandai dengan garis. Jadi nanti saat traveling, kalian tinggal tuang saja sahabat explorer airnya sesuai dengan takaran yang kalian sudah tandai tersebut. 

3. Siapkan Air Panas

Tips bikin kopi saat traveling yang selanjutnya adalah menyiapkan air panas. Tentu saja ini merupakan yang paling vital, karena meminum kopi dengan air dingin itu tidak enak sama sekali sahabat explorer. Kami menyarankan kalian untuk membawa termos yang tahan panas lama dari rumah, namun jika repot, maka kalian bisa cari sumber api terdekat. 

Biasanya kalau anak gunung, suka bawa kompor elektrik sendiri nih ya agar urusan masak memasak tidak repot. Kalian bisa gunakan untuk merebus air juga sahabat explorer. Rebuslah hingga berbuih, dan tuang ke kopi yang sudah ada di dalam gelas setelah buihnya menghilang. Jangan merebus bersamaan dengan kopinya ya sahabat explorer, karena dapat merusak cita rasa kopi dan membuat rasa kopi kalian seperti terbakar. 

Metode tubruk ini merupakan metode yang paling pas, karena rasa kopi akan sangat keluar sahabat explorer. Nikmat kan ngopi sambil lihat pemandangan di sekitar gunung? Mantul banget!

Ngopi Dimana pun Tetap Nikmat!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips bikin kopi saat traveling yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar