Gaya Hidup

Diet Saat Traveling? Bisa Kok! Ini Tipsnya!

tips diet saat traveling - yoexplore - okezone
image source: okezone

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, kamu dilema mau pergi liburan tapi sedang diet? Memang harus diakui diet saat traveling itu susah banget! Bahkan nggak jarang keluarga atau teman kamu malah melarang kamu diet di hari yang menyenangkan itu. “Halah nggak usah diet-diet segala lah! Liburan tuh enaknya makan, cobain semua makanannya!” Duh, jadi makin susah diet nih! Tapi, coba deh kamu renungkan sejenak semua kalori, lemak, dan gula yang akan kamu konsumsi saat liburan. Es krim berbagai rasa, cake warna warni, beraneka ragam street foods yang berlemak, pasta, pizza, fast foods, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan makan tanpa mengontrol diri atau bahkan lupa diri akan menimbulkan masalah serius untuk kesehatan kamu. Dengan memikirkan kondisi kesehatan dikemudian hari, kamu tentunya harus tetap mempertahankan pola makan yang benar (diet sehat) sekalipun dalam masa liburan. Susah jangan kamu jadikan alasan untuk menolak diet saat traveling yah! Coba deh ikuti tips diet saat traveling dibawah ini. Selamat mencoba!

Riset, Riset, Riset!

tips diet saat traveling - yoexplore - travelingyuk

Image source: travelingyuk

Nah, tips diet saat traveling yang pertama adalah riset! Kalau sebelumnya kamu hanya fokus melakukan mini research untuk destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, sekarang kamu perlu menambahkan poin penting lainnya. Apalagi kalau bukan pilihan makanan sehat yang ada di kota wisata itu? Kamu bisa membaca ulasan mengenai restoran yang menyediakan berbagai menu makanan sehat dan membuat daftar restoran vegetarian serta menu sehat unik yang hanya ada di kota itu. Dengan begitu, kamu nggak ada alasan untuk nggak diet saat traveling, kan?

Membawa Makanan/Snack Sehat

tips diet saat traveling - yoexplore - turiscantik

Image source: turiscantik

Membawa makanan/snack sehat juga merupakan tips diet saat traveling loh! Harus diakui kalau traveling bisa membuat kamu jadi lupa makan atau  setidaknya terlambat makan. Saat sedang laparpun, belum tentu jarak restoran yang menyediakan menu makanan sehat itu dekat dengan lokasimu saat itu. Saat seperti ini, ada baiknya kamu memiliki persiapan makanan/snack sehat yang bisa kamu makan untuk mengganjal perut yang kelaparan. Sebagai contoh makanan/snack sehat yang bisa kamu bawa dalam tasmu yaitu satu atau dua botol selai kacang, satu paket kacang, beberapa batang protein dan granola, atau buah-buahan.

Minum Air Putih

tips diet saat traveling - yoexplore - orami

Image source: orami

Tips diet saat traveling yang ketiga tidak kalah penting juga yaitu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Nah, selain jadwal makan yang bisa jadi berantakan, kamupun bisa lupa minum air putih. Untuk mencegah kebiasaan buruk ini, sebaiknya kamu membawa botol air minum di dalam tas. Selain untuk mengingatkan kamu minum air setiap kali membuka tas, tips ini juga akan mencegah kamu membeli minuman manis atau bersoda.

Melatih Teknik Hara Hachi Bun Me

tips diet saat traveling - yoexplore - wajibbaca

Image source: wajibbaca

Sahabat explorer, tips diet saat traveling yang keempat ini agak unik loh! Apa sih itu Hara Hachi Bun Me? Ternyata, ini adalah cara makan orang Jepang yang membatasi kamu makan sampai batas kenyang 80%. Hal ini karena diperlukan waktu 20 menit agar otak merasakan sinyal kekenyangan. Tapi seringkali kamu malah mengukur rasa kenyang atau belum kenyang dari makanan yang kamu lihat di piring dan bukan dari perasaan. Maka dari itu, coba deh untuk berhenti makan saat merasa hampir kenyang dan membungkus sisa makananmu untuk dibawa pulang. Dengan berlatih cara makan ala orang Jepang ini, kamu bisa sambil berhemat dengan tidak memboroskan uang untuk membeli banyak makanan.

Jangan Lewatkan Sarapan

tips diet saat traveling - yoexplore - nakita.grid

Image source: nakita.grid

Meskipun tips diet saat traveling ini terlihat begitu sederhana, tapi jangan salah karena manfaatnya ada banyak loh! Saat traveling tentu kamu butuh energi yang banyak untuk menjelajahi setiap sudut dari kota wisata tujuan kamu, kan? Belum lagi dengan berbagai situasi dan kondisi yang membuat kamu sering terlambat makan. Nah, maka dari itu sebaiknya kamu membuat sarapanmu sendiri yang tentunya bergizi dan mengenyangkan! Kamu bisa membuat muesli dan susu yang akan membantumu tetap kenyang hingga siang hari.

Sumber: cosmopolitan

Tentang penulis

Emily Emanuela

Emily Emanuela

Hi, Sahabat explorer! Saya adalah kontributor untuk konten di Majalah YoExplore. Saya suka banget menulis, termasuk menulis puisi. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di President University pada jurusan Public Relation. Saya berharap Sahabat explorer bakal menyukai tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar