Gaya Hidup

Suka Fotoin Makanan Pake HP? Nih Ada Tipsnya!

tips foto makanan dengan HP - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : diahdidi

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati makanan favorit memang pasti akan sangat menyenangkan. Apalagi jika kalian menikmatinya di restoran atau cafe yang memang sudah menjadi langganan. Kemungkinan rasa berbeda itu sangat tipis, karena yang membuatnya adalah orang yang sama. Di Indonesia, banyak sekali makanan yang rasanya sangat luar biasa, mulai dari kuliner lokal, hingga sajian western, dan asian. Di Jakarta sendiri juga restoran dengan tema-tema tersebut sudah sangat banyak jumlahnya. Namun, yang terpenting di zaman sekarang adalah cara penyajian makanan tersebut. Sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa penyajian makanan yang Instagramable, pasti akan ramai dikunjungi orang. Oleh karena itu, artikel hari ini YoExplore akan memberikan tips foto makanan dengan HP. Kenapa dengan HP? Karena HP zaman sekarang sudah canggih, dan tentunya akan merepotkan jika kalian harus membawa kamera.

Tips Foto Makanan Dengan HP

Kegiatan ini digemari mulai dari anak muda hingga ke orang tua sekalipun. Tidak heran, jika para pelaku bisnis melihat dengan sangat baik peluang yang satu ini. Dengan menampilkan penyajian makanan yang unik dan bagus, serta bagus untuk difoto, maka sudah dijamin akan menarik minat pembeli. Tujuan utamanya bisa dibilang hanya untuk sekedar eksis di Instagram saja, namun rasa juga tetap harus diperhatikan. Banyak sekali sekarang orang yang beralih menjadi food blogger atau food vlogger. Dari segi pendapatan memang menggiurkan, udah gitu kerjanya juga enak, tinggal makan doang! Tapi, tentu saja kalian butuh fotografi yang bagus agar feeds Instagram kalian ramai dikunjungi. Baiklah sahabat explorer, langsung aja kita simak tips foto makanan dengan Hp-nya yuk!

Baca Juga : Bagasi Pesawat Beberapa Maskapai di Indonesia Sekarang Dikenakan Tarif!

1. Pencahayaan Natural

tips foto makanan dengan HP - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : resepkoki

Tips foto makanan dengan HP yang pertama adalah memanfaatkan pencahayaan natural. Apa itu maksudnya pencahayaan natural? Yang dimaksud adalah, saat foto makanan usahakan kalian duduk di dekat dengan kaca yang menghadap keluar. Dengan demikian, cahaya matahari yang masuk akan menambah estetika foto pada saat kalian lihat di kamera HP.

Seperti yang ada pada gambar di atas, terlihat cahaya masuk dari bagian kanan foto, dan akan sedikit gelap pada bagian kiri makanan. Perpaduan kontras tersebut, tentu akan melihat foto kalian semakin cantik. Apalagi jika kalian sudah menggunakan HP dengan teknologi kamera yang lumayan canggih, dijamin sip banget deh!

2. Penataan Makanan

tips foto makanan dengan HP - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : hipwee

Tips foto makanan dengan HP yang selanjutnya adalah penataan makanan. Jika kalian memang memiliki feeds Instagram yang kekinian, tentu kalian harus melihat banyak sekali referensi. Kebanyakan dari mereka yang sudah profesional, pasti mereka menata kembali makanan yang akan mereka foto.

Agar lebih mudah, coba kalian menggunakan yang namanya teknik rule of third. Dimana teknik tersebut ialah menaruh objek foto pada titik persimpangan garis horizontal dan vertikal. Jadi, bukan hanya di tengah saja nih objek fotonya sahabat explorer.

Di HP zaman sekarang sudah ada kok feature rule of third tersebut, jadi kalian tinggal aktifkan dan silahkan berkreasi dengan penataan makanan tersebut. Dijamin, konsep yang satu ini pasti akan sangat bermanfaat bagi kalian. Estetika foto itu penting, apalagi jika kalian memang berniat untuk menjadi Food Vlogger atau Food Blogger. Semuanya dimulai dari konten foto yang berkualitas.

3. Angle Foto

tips foto makanan dengan HP - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tokopedia

Tips foto makanan dengan HP yang selanjutnya adalah pengambilan Angle Foto. Kalau yang satu ini, memang dibutuhkan banyak latihan dan referensi nih sahabat explorer. Tidak semua orang memiliki feeling yang bagus untuk pengambilan Angle Foto.

Namun bukan berarti teknik ini tidak bisa dipelajari loh, kalian bisa melihat berbagai macam referensi di aplikasi Pinterest, atau para Food Blogger dan Vlogger di Instagram.

Pengambilan Angle foto ini sangat penting, karena ini berkaitan juga dengan estetika dan tampilan dari makanan itu sendiri. Semakin kalian mengambil Angle yang bagus untuk foto kalian, maka akan terlihat semakin menarik fotonya. Oleh karena itu, kalian harus sering melihat referensi ya sahabat explorer, setelah itu langsung terapkan dengan HP kalian deh!

4. Warna Foto

tips foto makanan dengan HP - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detikfood

Tips foto makanan dengan HP yang selanjutnya adalah warna foto. Secara psikologis manusia, warna makanan yang cenderung ke arah kuning, merah, dan oranye, akan membuat selera makan meningkat. Oleh karena itu, kalian pelajari terlebih dahulu warna makanan yang kira-kira cocok untuk tema makanan yang kalian pilih. Jika memang makanan tersebut pedas, maka kalian harus sedikit memberikan nuansa merah atau oranye dalam foto tersebut. Jika memang sayuran dan buah, maka beri sedikit warna kuning yang dicampur dengan hijau. Teknik ini bisa kalian pelajari dan lihat sendiri saat sedang proses editing foto di HP.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan fitur White Balance yang ada di HP kalian. Pilihlah White Balance yang cocok dengan makanan kalian. Dites dulu nih intinya sebelum di edit lebih lanjut dan di post di Instagram. Semakin bagus pilihan warna, maka akan semakin bagus dan enak juga dilihatnya sahabat explorer. Yang terpenting adalah jangan berlebihan dalam memberikan nuansa warna tersebut, justru akan semakin terlihat jelek fotonya.

Fotografi Penting di Zaman Now!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips foto makanan dengan HP yang bisa YoExplore berikan. Jika kalian bisa memadukan semua tips tersebut dalam sebuah food photography, maka fotonya dijamin keren! Gak perlu kamera mahal untuk melakukannya, dengan HP zaman sekarang sudah sangat mumpuni.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar