Gaya Hidup

Hemat Pangkal Miliarder, Bagaimana Cara Mereka? Simak Ulasannya!

tips hemat ala miliarder - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Menjadi miliarder memang impian bagi hampir semua orang yang ada di muka bumi ini sahabat explorer. Apa saja bisa kita miliki dengan menjadi seorang miliarder. Memang, untuk menjadi miliarder dibutuhkan usaha yang luar biasa keras, pengorbanan, dedikasi dan juga konsistensi. Semua hal tersebut memang harus kita lakukan untuk mendapatkan ‘goal’ yang kita inginkan yaitu menjadi seorang yang sukses. Jika kita lihat orang-orang terkaya di dunia, mereka juga tidak dengan mudahnya menjadi orang terkaya sahabat explorer. Berbagai macam jatuh bangun sudah mereka lewati. Orang seperti mereka ini sudah terbiasa dengan yang namanya penolakan, atau mungkin makian dari orang lain. Salah satu kuncinya menurut mereka agar sukses adalah hidup hemat. Namun bagaimana sih tips hemat ala miliarder ini? 

Tips Hemat Ala Miliarder

Hidup hemat sudah menjadi kebiasaan mereka sahabat explorer. Baik saat belum kaya hingga sudah menjadi miliarder. Kebiasaan ini yang memang pada akhirnya membuat mereka semua mendulang kesuksesan yang luar biasa. Memang kutipan ‘hemat pangkal kaya’ itu benar adanya sahabat explorer. Orang-orang seperti Bill Gates, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg dan lain-lain sudah membuktikan khasiatnya menjadi orang yang hemat. Kira-kira ada apa saja ya tipsnya? Baiklah kalau begitu, mari kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Liburan Bersama Keluarga Keliling Hongkong Bersama YoExplore!

1. Penggunaan Kartu Kredit

Tips hemat ala miliarder yang pertama adalah dalam penggunaan kartu kredit. Memang, kartu kredit itu memudahkan kita sahabat explorer dalam membeli barang yang kita inginkan. Namun, jika kalian tidak bisa mengontrolnya, maka yang ada pengeluaran kita akan membengkak dan amburadul. 

Belilah barang yang kalian perlukan sahabat explorer bukan yang kalian inginkan. Boleh saja sih untuk menghibur diri sesekali, namun tetap harus kontrol penggunaannya. Kalian harus bisa memberikan ‘limit’ bagi diri kalian sendiri sahabat explorer. Jangan sampainya mimpi indah kalian berbuah menjadi mimpi buruk di kenyataan!

2. Cek Pengeluaran

Tips hemat ala miliarder yang selanjutnya adalah mengecek pengeluaran sahabat explorer. Bisa menggunakan aplikasi atau menulis tangan biasa. Kalau kami sih menyarankan dengan menulis, karena dengan menulis menggunakan tangan kita, maka kita akan lebih ingat apa-apa saja yang kita tulis sahabat explorer dibanding dengan menggunakan alat bantu. 

Jika kalian rajin mencatat pengeluaran kalian, maka kalian tau seberapa boros atau hematnya kalian. Jika pengeluaran lebih banyak, maka mulai kurangilah membeli atau melakukan sesuatu yang tidak penting! Harus memiliki prinsip pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran ya sahabat explorer!

3. Jangan Buru-Buru Ganti Hp

Tips hemat ala miliarder yang selanjutnya adalah dalam urusan gadget nih sahabat explorer. Kalau ngeliat HP keluaran terbaru, pasti rasa ingin memilikinya tuh tinggi ya sahabat explorer. Namun jangan sampai jadi menyesal loh! Harga smartphone zaman sekarang makin tidak masuk akal saja sahabat explorer, dengan demikian kalian harus bisa mengontrol diri untuk tidak gampang mengganti gawai. 

Biasakan gunakan HP kalian sampai rusak (jangan sengaja dirusak) baru deh ganti ke yang baru. Untuk membeli juga ada triknya sahabat explorer! Jika kalian ingin merk A dengan Tipe B, akan lebih baik jika Merk A mengeluarkan Tipe C, dengan demikian kalian bisa mendapatkan Tipe B dengan harga yang sudah turun jauh tentunya sahabat explorer. Gapapa kok nunggu, paling lama juga setahun! HP zaman sekarang kan keluarnya cepet-cepet banget sahabat explorer!

4. Investasi Terhadap Diri Sendiri

Tips hemat ala miliarder yang selanjutnya adalah investasi terhadap diri sendiri. Investasi ini bisa dibilang sebagai investasi yang paling penting sahabat explorer. Mengapa begitu? Karena dengan kita membekali diri dengan skill maka keberhasilan juga akan datang! Jika masih muda dan belum menikah, lebih baik kalian bekali diri dengan les-les singkat atau kursus singkat sahabat explorer. Itung-itung menambah portofolio kalian loh sahabat explorer!

Dengan banyaknya skill yang kalian miliki, tentu saja akan banyak kemudahan dan kesuksesan yang akan menanti kalian!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips hemat ala miliarder yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar