Gaya Hidup

Siapa Bilang Traveling Bikin Tekor? Perhatikan Tips Hemat Berikut Ini!

tips hemat saat traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : wisatamalangku

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, traveling memang pasti membutuhkan uang. Apalagi jika kalian bepergian hingga ke luar negeri, tentu saja harus menyediakan uang yang sedikit lebih banyak. Baik sendiri, berdua apalagi sekeluarga, maka uang yang harus dipersiapkan bukan main-main loh jumlahnya. Maka dari itu, kegiatan yang satu ini memang tidak bisa dilakukan terus menerus, kecuali jika memang traveling adalah mata pencaharian kalian. Wah, ngebayanginnya enak banget ya, udah traveling, terus dapet duit lagi, pasti enak banget! Namun, bukan berarti bagi kalian yang memang bukan menjadikan traveling sebagai mata pencaharian itu tidak bisa berhemat dong. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas bagaimana tips hemat saat traveling. Baik bersama keluarga ataupun teman-teman, tentu tips ini bisa kalian terapkan loh.

Tips Hemat Saat Traveling

Beberapa tips hemat saat traveling ini memang akan memudahkan kalian dalam manage keuangan. Lebih baik, dana lebih tersebut ditabung lagi untuk traveling berikutnya daripada dihabiskan di satu tempat. Sebenarnya, membengkaknya pengeluaran adalah salah satu hal yang ditakuti oleh setiap orang saat traveling. Selain mereka sudah menghitung pas untuk biaya hotel, akomodasi dan makan, biasanya suka ada saja pengeluaran tambahan nih sahabat explorer. Entah itu tiket masuk wisata yang mengalami kenaikan harga tanpa ada informasinya, atau pengeluaran lain seperti berbelanja dan sebagainya. Oleh karena itu, tips ini bisa menjadi pegangan kalian agar pengeluaran tidak terlalu bengkak. Baiklah, tanpa lama-lama lagi, langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Tetap Tambil Kece Saat Traveling Menggunakan Alat Make Up Simple! Nggak Ribet Kok!

1. Menyewa Apartemen Daripada Hotel Atau Homestay

Tips hemat saat traveling yang pertama adalah coba untuk menyewa apartemen saja atau menginap di homestay yang disediakan penduduk lokal. Tentunya, hitungan apartemen akan lebih murah jika dibanding dengan hotel. Kalian bisa memesan apartemen dengan fasilitas 2 atau 3 kamar. Tentunya bisa dipakai hingga 5-6 orang loh sahabat explorer. Harga permalamnya juga kalau dihitung-hitung bisa lebih murah dibanding hotel.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan yang namanya Homestay atau Guesthouse yang disediakan oleh penduduk lokal. Biasanya, ada yang menyewakan kamar, dan ada juga yang menyewakan satu rumahnya, tergantung dari penduduk lokal itu sendiri. Harganya sudah jelas lebih jauh daripada hotel, dan kalian juga sudah diberikan makanan pagi, siang , dan malam loh sahabat explorer. Keuntungan lainnya adalah kalian bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal, dan tentunya bisa menambah ilmu dan wawasan kalian mengenai destinasi wisata di sekitar lokasi tersebut. Pengalaman yang didapat pasti luar biasa banget deh sahabat explorer! Silahkan dicoba sendiri ya kalau tidak percaya, kalian bisa langsung bandingkan harganya!

2. Masak Sendiri Daripada Beli

Tips hemat saat traveling yang selanjutnya adalah memasak sendiri daripada membeli. Jadi begini, kalian sudah menyewa apartemen, setelah itu kalian tentu disediakan alat memasaknya sahabat explorer. Manfaatkan alat tersebut untuk memenuhi perut setiap harinya selama traveling. Mungkin jika kalian sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil, tentu kalian harus membawa makanan dari rumah dan juga makanan favorit si kecil. Dengan demikian, kalian bisa masak untuk mereka, dan juga bisa membawa bekal untuk siang hari bagi si kecil.

Dengan memasak sendiri tersebut, tentu kalian tidak perlu lagi membeli makanan di luar, apalagi jika membelinya di tempat rekreasi. Tentu harganya akan selangit, lebih baik masak sendiri. Betul tidak? Selain jauh lebih sehat, ongkos yang keluar juga tidak besar! Yang penting, perut kenyang, jalan-jalan seru, keluarga senang!

Ini juga berlaku bagi kalian yang traveling ramai-ramai bersama teman. Memasak bersama juga selain seru, ini dapat menghemat pengeluaran kalian. Uangnya bisa ditabung lagi untuk traveling berikutnya atau berbelanja di pusat perbelanjaan lokal. Dijamin pengeluaran kalian tidak akan membengkak deh sahabat explorer!

3. Penerbangan Murah di Pagi Hari atau Larut Malam

Tips hemat saat traveling yang selanjutnya adalah pemilihan jadwal penerbangan. Biasanya, maskapai akan memberikan harga yang lebih murah pada saat jam-jam tertentu. Misalnya pada saat larut malam (di atas jam 10 malam) atau pagi-pagi sekali seperti jam 6 pagi misalnya. Tentunya, hal ini jelas akan membuat kantong kalian tidak kering sahabat explorer. Sesampainya di lokasi, kalian juga bisa bersantai-santai terlebih dahulu sebelum langsung menuju hotel. Bandara juga tentunya belum mulai sibuk jika kalian sampai pagi hari atau larut malam. Bisa tenang menikmati makan malam dan bisa langsung memesan taksi atau kendaraan online tanpa harus menunggu lama. Gak percaya? Coba langsung aja buktikan sendiri!

4. Gunakan Kendaraan Umum

Bagi kalian yang sudah sampai di lokasi tujuan. Kalian bisa memanfaatkan kendaraan umum daripada menyewa motor atau mobil saat berkeliling. Tentunya, tujuan wisatanya harus yang dilalui oleh transportasi umum tersebut. Misalnya kalian jalan-jalan di Eropa, tentu akan lebih enak pergi keliling menggunakan bus atau kereta nih sahabat explorer. Selain murah, kalian juga bisa berbaur dengan warga lokal dan lebih puas berfoto-foto atau melihat pemandangan kota.

Dibanding jika kalian menyewa kendaraan seperti mobil, tentu akan menambah biaya dan juga memiliki batasan waktu tertentu. Apabila lewat dari batasan waktu tersebut, maka biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

Traveling Hemat ala YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips hemat saat traveling versi YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin pergi liburan di luar kota atau luar negeri ya sahabat explorer. Jangan lupa untuk sharing cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar