Gaya Hidup

Mau Bikin Band? Simak Dulu Nih Tips Berikut Ini

tips membuat band - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: wearerobot

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, musik memang menjadi salah satu hiburan yang kita miliki sebagai manusia. Rasanya dunia akan hampa tanpa kehadiran musik dan instrumennya. Sepertinya kita sudah ‘tersihir’ dengan alunan musik yang menenangkan hati dan menyenangkan jiwa ya sahabat explorer. Mulai dari lagu klasik, pop, rock, metal, jazz, blues, sampai genre Instrumental dan lainnya pasti memiliki penggemarnya. Tidak sedikit juga band-band yang mengeluarkan lagu-lagu enak dalam satu album. Dari yang awalnya hanya iseng aja ngeband eh gak taunya malah jadi serius dan jadi terkenal sahabat explorer. Dalam tema artikel hari ini, YoExplore akan memberikan kalian beberapa tips membuat band supaya bisa jadi terkenal.

Tips Membuat Band

Membuat band memang tidak segampang itu saja sahabat explorer. Jangan mentang-mentang dapat personil lalu langsung bikin  band gitu aja. Ada beberapa hal juga yang harus dipertimbangkan loh. Kira-kira apa saja ya tipsnya sahabat explorer? Baiklah kalau begitu mari langsung kita simak saja ulasannya yuk!

Baca Juga: Banyak Kasus Orang Tersesat Di Gunung! Hindari Dengan Melakukan Tips Ini Ya!

1. Cari Personil Yang Serius

Tips membuat band yang pertama adalah mencari personil yang serius. Sekarang siapa sih sahabat explorer yang suka di gak seriusin? Sama juga kaya band! Kalau ada anggota personil yang gak serius ya band kalian juga tidak akan maju sahabat explorer

Serius yang dimaksud adalah memiliki satu visi dan tujuan. Jadi jika sesuatu yang tidak mengenakkan band kalian terjadi, masing-masing personil tetap bisa mengerti keadaan dan tetap mau berjuang untuk kesuksesan. 

Sebagai contoh band-band yang sudah ada namanya saja sahabat explorer.  Dibalik mungkin kelucuan mereka atau kelakukan yang tidak senonoh lainnya, mereka ternyata adalah orang-orang yang serius. Bisa terlihat dari konsistensi mereka yang mungkin masih eksis sampai sekarang walaupun sudah ngeband berpuluh-puluh tahun. Jadi sekali lagi kami ingatkan, sortir banget personil yang ingin kalian pilih ya sahabat explorer!

2. Sering Nongkrong Bareng

Setelah mendapatkan personil yang serius, masih ada chemistry yang perlu dibangun sahabat explorer. Kenapa? Karena yang namanya musik itu butuh harmonisasi, ikatan batin dan juga kesamaan. Kesamaan yang dimaksud adalah saling tau masing-masing personil sehingga tau bagaimana selera mereka bermain dan juga selera musik mereka. Kadang kala kita butuh untuk menyamakan ide dengan personil kita yang lainnya sahabat explorer

Jadi tips membuat band dari mimin yang ini adalah sering nongkrong bareng. Gak perlu nongkrong hanya pas mau latihan saja, tapi sering-sering lah kalian ngumpul atau liburan bareng. Semua itu bertujuan untuk membuat sebuah chemistry dan juga mengakrabkan antar sesama personil sahabat explorer. Jangan sepelekan tips yang satu ini ya! Manfaat untuk band kalian banyak banget! Kalian bisa rasakan sendiri kok!

3. Konsisten Latihan

Tips membuat band yang selanjutnya adalah konsisten latihan. Mungkin bisa di rumah salah satu personil yang memang punya studio atau langganan saja studio di luar sana sahabat explorer. Sekarang sudah banyak kok yang menyewakan jasa penyewaan studio musik. Biasakan untuk latihan seminggu sekali atau 2 kali agar kekompakan terjaga dan juga semakin solid ya sahabat explorer. Biasanya di dalam studio ide-ide untuk membuat lagu atau aransemen itu bermunculan, jadi kalian memang harus sering-sering masuk ke dalam studio, kalau bisa setiap hari malah lebih bagus kan! Intinya ingat, practice make perfect sahabat explorer!

4. Ikut Festival

Tips membuat band yang baik selanjutnya adalah rajin mengikuti berbagai festival. Selain untuk ‘memperkenalkan’ band kalian kepada para pendengar, kegiatan ini juga dapat mengasah mental kalian. Di atas panggung sana lah semuanya diuji, baik dari aransemen musik, skill personil dan juga kekompakan. Aksi panggung juga tidak kalah wajib untuk dipelajari sahabat explorer, namanya juga festival pasti juri akan menilai dari berbagai aspek. 

Selain itu mengikuti festival juga dapat menambah koneksi kalian sahabat explorer. Biasanya saat festival itu suka ada produser yang datang loh! Siapa tau dia suka dengan band kalian dan siap mengorbitkan band kalian! Keberuntungan ada dimana-mana kok!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips membuat band yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar