Gaya Hidup

Mau Bikin Komunitas? Simak Tips-Tips Berikut Ini Ya!

tips membuat komunitas - yoexplore - yoexplore.co.id
image source: gaweanomah

YOEXPLORE, Liburan Keluarga –  Sahabat explorer, semakin majunya perkembangan teknologi, tentu beriringan dengan adanya hobi-hobi baru. Seperti misalnya sekarang sudah banyak orang yang menggunakan kamera drone, tentu kalau kita cari pasti ada sekarang komunitas para pecinta dan pengguna drone. Kegiatannya bermacam-macam, ada yang memang sekedar buat kumpul-kumpul, atau melakukan aktivitas outdoor misalnya. Semua tergantung dari jenis komunitas apa yang mereka gabung tersebut. Jika kalian tertarik dalam suatu bidang dan ingin membuat sebuah komunitas, kami punya tips membuat komunitas yang mungkin bermanfaat bagi kalian sahabat explorer. Tujuannya adalah agar komunitas ini menjadi besar dan juga banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama.

Tips Membuat Komunitas

Keuntungan bergabung dalam komunitas itu banyak kok! Selain menambah wawasan, teman kalian juga dapat langsung arahan dari profesional yang memang sudah menggeluti lama dalam bidangnya. Tidak ada negatifnya deh sahabat explorer ikut yang namanya komunitas, tapi kalian juga harus tau terlebih dahulu detail komunitasnya seperti apa. Kalau kalian mau bikin juga harus jelas ya, visi dan misi serta kegiatan yang akan dilakukan oleh komunitas tersebut. Ada beberapa tips membuat komunitas, agar komunitas kalian juga tetap banyak peminat dan semakin solid. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer! Cekidot ya!

Baca Juga: Duit Gajian Habis Melulu? Simak Tips Hematnya!

1. Pastikan Medsos Kalian Aktif

Tips membuat komunitas yang pertama adalah memastikan sosial media dari komunitas kalian itu aktif. Tujuannya adalah untuk menjadi gerbang informasi yang up to date, dan tentunya akan menarik perhatian orang lain. Anggap saja kalian mau buat event, tentunya dengan sosial media yang aktif, apalagi dengan followers yang banyak dan aktif akan membuat sponsor tertarik untuk membantu komunitas kalian.

Selain untuk berbicara mengenai informasi komunitas, di sosial media kalian juga bisa membahas hal lain mengenai dunia sekitar yang berkaitan dengan kegiatan kalian. Sesekali tidak masalah jika kalian masukkan sedikit jokes agar followers sedikit terhibur dengan konten yang kalian sajikan.

Intinya, sosial media zaman sekarang sudah banyak sekali fungsinya sahabat explorer. Dengan demikian kalian harus benar-benar mengatur sosmed kalian, karena  ini merupakan pintu dari kesuksesan komunitas kalian itu sendiri.

2.  Buat Jadwal Kopdar Secara Rutin

Tips membuat komunitas yang selanjutnya adalah membuat jadwal kopdar atau ketemuan secara rutin. Biasanya minimal sebulan sekali sahabat explorer, bisa sekedar nongkrong-nongkrong saja atau melakukan kegiatan lainnya. Dengan demikian, para anggota juga tidak jenuh dengan kegiatan yang begitu-begitu saja. Jika kalian adalah komunitas fotografi, maka sesekali boleh adakan hunting foto bersama. Kalau memungkinkan, kalian bisa saja menggaet sponsor untuk mengadakan lomba fotografi loh sahabat explorer!

Kebiasaan ini yang tidak boleh dihilangkan sahabat explorer, karena inilah asal muasal keakraban dalam komunitas itu terjadi. Untuk masalah waktu, usahakan agendanya yang bisa diikuti oleh semua anggota komunitas ya sahabat explorer.

3. Menyiapkan Program dan Juga Visi Misi

Tips membuat komunitas yang selanjutnya adalah menyiapkan program dan juga visi misi yang jelas. Anggota harus dijelaskan mengenai program dan juga visi misi agar mereka mengetahui arah dari komunitas itu sendiri.

Usahakan visi dan misinya jelas ya sahabat explorer, satukan kepala dengan anggota lainnya agar komunitas ini tetap terjaga keutuhannya. Program dari komunitas juga harus dipersiapkan dengan matang, agar tidak carut marut. Karena setiap orang pasti memiliki pilihan yang berbeda. Dengan demikian, akan lebih baik jika kalian sebagai pengurus inti yang melakukan pilihan tersebut, dan anggota ikut arahan dari kalian. Kalau diberi kebebasan untuk menentukan, kami jamin tidak akan kemana-mana deh jadinya sahabat explorer!

4. Merchandise Untuk Komunitas

Tips membuat komunitas yang selanjutnya adalah membuat merchandise atau identitas bagi para anggota komunitas. Memang akan mengeluarkan dana lebih, namun tidak ada salahnya sahabat explorer jika kita memang memiliki identitas sebagai komunitas. Biasanya berbentuk pin, kaos, atau seragam dalam bentuk lainnya.

Identitas ini memang menunjukkan kekompakan, keseriusan serta program visi dan misi yang jelas dari komunitas kalian tersebut. Selain itu, dengan adanya merchandise ini juga dapat menarik perhatian orang lain agar mau dan tertarik untuk bergabung dengan komunitas kalian. Namun, kami sarankan untuk hal yang satu ini jangan langsung dibuat di awal ya sahabat explorer. Tunggu anggota komunitas kalian ini akrab, timbul rasa saling percaya dan lain-lainnya. Baru deh kalian bisa buat merchandise untuk komunitas kalian ini.

Punya Komunitas itu Seru Loh!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips membuat komunitas yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik  traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar