Gaya Hidup

Suka Foto-Foto Saat Traveling? Perhatikan Tips Berikut Ini ya!

tips memotret saat traveling - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source : okezone

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Zaman sekarang, sudah bukan rahasia lagi jika media sosial merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki. Baik untuk kebutuhan pribadi, sekedar penghibur, atau untuk kebutuhan berbisnis. Prospek memiliki media sosial ini sangat bagus apabila kita memahamai bagaimana kinerjanya dan bagaimana pula cara menghasilkan uang dari sana. Salah satu media yang sekarang digemari oleh masyarakat khususnya generasi millenials dan kebawah adalah Instagram. Siapa sih kids zaman now yang gak punya IG? Kayaknya sedikit banget ya, hehe. Konsep dari sosial media yang satu ini adalah untuk membagikan momen kalian dalam bentuk foto atau video. Berbagai macam fitur juga tersedia di Instagram yang membuat betah para penggunanya. Tapi, yang terpenting adalah bagaimana foto kita tersebut dapat menarik perhatian orang lain. Semuanya dimulai dari bagaimana cara kita memotret. Artikel kali ini akan memberikan tips memotret saat traveling.

Tips Memotret Saat Traveling

Kebutuhan memiliki foto yang bagus atau biasa disebut dengan Instagramable ini, sudah menjamur ke berbagai kalangan. Dari yang muda hingga yang tua, mereka ingin feeds Instagramnya terlihat bagus. Tapi, tidak semua orang loh ya mau kayak gini, ada juga yang bahkan sekedar punya, tapi gak pernah post foto, karena pengen liat-liat aja, makanya dia bikin. Pasti kalian punya deh temen satu yang kaya gini, bener gak? Namun kita sekarang gak ngebahas mereka dulu nih, sekarang kita akan membahas kalian yang menyukai kegiatan fotografi ini. Biasanya, konten yang paling ‘pas’ untuk di posting itu adalah konten traveling. Kegiatan yang satu ini memang lagi digilai sama kaum millenials banget loh, jadi hal ini berkaitan. Untuk mendapatkan followers yang banyak, tentu kalian harus memiliki konten yang menarik. Oleh karena itu, kami akan memberikan kalian tips memotret saat traveling, agar hasilnya bagus dan banyak dapet followers deh! Simak ya!

Baca Juga : Peralatan Travel dan Fungsinya Yang Wajib Kalian Bawa

1. Menggunakan Tripod

tips memotret saat traveling - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source :B&H

Memotret memang akan hasilnya maksimal jika kalian tidak menggunakan HP, melainkan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Kenapa gak maksimal dengan HP? Karena mau bagaimanapun, HP itu memiliki batasan dari segi hardware kameranya, sedangkan DSLR dan mirrorless memang khusus untuk foto, otomatis hardware-nya jauh lebih spesifik daripada HP.

Jika kalian memang seseorang yang baru terjun ke dunia fotografi, maka jangan pernah sepelekan fungsi dari benda yang satu ini. Tips memotret saat traveling yang pertama ini memang kadang bikin orang males. Alasannya karena ribet bawanya, ribet masangnya, dan lain-lain.

Namun, penggunaan alat yang satu ini, tentu sangat membantu, terutama dikondisi minim cahaya atau low light. Jika dalam kondisi gelap, kalian memotret tanpa bantuan tripod, kemungkinan besar hasilnya akan blur. Dengan menggunakan tripod, jelas kamera bisa lebih stabil dan dapat menangkap gambar dengan tajam. Jadi, jangan remehkan benda yang satu ini ya sahabat explorer!

2. Menggunakan Konsep Rule Of Third

tips memotret saat traveling - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : photographymad

Tips memotret saat traveling yang selanjutnya adalah menggunakan konsep Rule Of Third. Penjelasannya sederhana, sebuah frame diisi dengan dua garis vertikal dan horizontal. Terdapat 4 titik temu dari kedua garis tersebut. Letakkan objek foto pada titik-titik tersebut, maka foto kalian akan terlihat lebih estetik.

Berbeda jika kalian selalu menaruh objek foto di tengah, untuk beberapa gambar, akan terlihat ‘sesak’ dan tidak enak dilihat. Coba kalian menggunakan metode yang satu ini, apalagi saat kalian foto landscape, wah hasilnnya dijamin keren banget deh!

Kalian bisa cek setting kamera kalian masing-masing, karena beda brand beda juga cara mengaktifkan rule of third di screen kamera kalian.

3. Bawa Baterai Cadangan

tips memotret saat traveling - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : blibli

Tips memotret saat traveling yang selanjutnya adalah membawa baterai cadangan. Walaupun ini bukan salah satu pembahasan mengenai teknis fotografi, tapi hal ini sering diacuhkan. Memiliki dua baterai ini sangat penting loh, dan secara fungsi pasti sudah jelas.

Bagi kalian yang sedang berkeliling destinasi wisata seharian dan sering menggunakan kamera, maka kalian jangan sampai tidak memiliki baterai cadangan. Jika baterai utama kalian habis, kalian masih bisa menangkap momen-momen bagus dengan baterai yang lainnya.

Kalau saja cuma punya satu baterai, saat kehabisan kalian akan susah untuk mencari tempat untuk charge baterai kalian. Sekalinya ada juga pasti bakalan lama banget nunggunya, jadi buang-buang waktu, dan kalian melewatkan banyak momen untuk dijepret!

4. Menggunakan Mode Auto

tips memotret saat traveling - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : digitaltrends

Tips memotret saat traveling yang selanjutnya adalah menggunakan mode Auto. Jika kalian mendapatkan objek foto yang tidak bergerak, tentu mode manual akan lebih enak, karena kalian bisa leluasa menentukan pencahayaan dan sebagainya. Namun, jika kalian sedang traveling dan tidak ingin kehilangan momen bagus yang bergerak, maka gunakanlah mode Auto.

Serahkan saja urusan pencahayaan dan sebagainya ke kamera kalian. Dengan inin, kalian bisa memotret benda bergerak atau objek apapun yang membutuhkan timing pemotretan yang cepat. Hasil yang diberikan juga bagus kok, kalian bisa utak-atik lagi pada saat proses editing.

Salam Motret!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips memotret saat traveling yang bisa YoExplore berikan. Kalian bisa share hasil foto traveling kalian dan Tag Instagram kami di YoExplore. Foto yang terbaik dan keren, akan kami repost! Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berlibur, selamat memotret dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar