Gaya Hidup

Gak Bisa Tidur Saat Sampai Hotel? Nih Ada 4 Tips Mengatasi Insomnia!

tips mengatasi insomnia - yoeplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : kompas

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, pernah gak sih kalian mengalami yang namanya susah tidur? Biasanya ini terjadi saat kalian tidur di ‘tempat baru’ atau sedang traveling dan menginap di hotel. Mau hotelnya nyaman senyaman bintang 7 sekalipun (kalau ada :p), tetap saja kalau Insomnia menyerang, kalian tidak akan bisa terlelap. Hal ini tentu sangat merugikan bagi kalian yang sedang traveling. Kenapa? Karena tentu saja fisik kalian akan terasa gampang lelah dan kalian tidak bisa menikmati jalan-jalan yang seru. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan memberikan kalian tips mengatasi insomnia saat sedang traveling. Jadi, disimak terus ya ulasannya. Pastinya sangat bermanfaat bagi kalian yang memang sering mengalami kejadian seperti ini. Intinya, biar jalan-jalan tetap seru dan menyenangkan deh!

Tips Mengatasi Insomnia

Sebenarnya, penyebab utama insomnia itu adalah stres, kecemasan, dan memang sering begadang. Oleh karena itu, tidak heran jika fungsi tubuh kalian akan menurun. Seperti rendahnya konsentrasi, hingga daya tahan tubuh yang melemah. Tentunya itu sangat merugikan bagi kalian yang memang berencana untuk traveling jauh ke luar kota atau luar negeri. Disaat itu kalian tentu membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan segar, namun karena insomnia jadi berantakan deh semuanya. Sebenarnya, bisa saja memang kalian meminum obat tidur, namun itu kan ada efek sampingnya, jadi berbahaya bagi tubuh kalau keseringan. Meminum obat tidur juga tidak direkomendasikan oleh dokter sebagai pertolongan pertama. Terlebih, obat tidur juga memiliki dosis yang keras dan harus dengan resep dan anjuran dokter. Tidak bisa sembarangan nih sahabat explorer. Jadi lebih baik, kalian melakukan hal ini ya untuk mengatasi insomnia! Langsung simak tipsnya ya!

Baca Juga : Liburan Ekowisata Keluarga ke Langkawi, Keseruan Melihat Elang Coklat.

1. Membaca Buku

tips mengatasi insomnia - yoeplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : klikdokter

Tips mengatasi insomnia yang pertama adalah membaca buku. Jadi, daripada kalian membuka gadget yang justru cahaya birunya malah bikin kalian tambah gak bisa tidur, mendingan baca buku. Setelah kalian mencoba memejamkan mata selama 20 – 30 menit namun tetap tidak bisa tidur, maka kalian coba deh melakukan aktivitas santai ini.

Membaca buku yang jelas tidak ada hubungannya dengan pekerjaan atau kuliah kalian ya sahabat explorer, yang ada malah stres nantinya. Bacalah buku yang menarik, seperti novel, buku puisi, biografi atau buku-buku lainnya yang menyenangkan. Kalau kalian lupa membawa buku, biasanya di hotel itu disediakan koran atau majalah, nah kalian bisa baca itu, lumayan kan daripada diem aja di kasur.

Aktivitas yang satu ini perlahan akan membuat mata kalian lelah, dengan demikian, kalian bisa merasakan mata kalian capek, dan pada akhirnya mengantuk. Saat itulah kalian langsung kembali ke kasur dan mencoba tidur kembali. Semoga berhasil ya sahabat explorer!

2. Minum Susu Hangat atau Jus Ceri Tart

tips mengatasi insomnia - yoeplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : uniqbanget

Tips mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah mengkonsumsi jus ceri tart atau susu hangat 1 jam sebelum mau tidur. Biasanya, meminum susu hangat dapat mengundang rasa ngantuk nih sahabat explorer. Dengan demikian, bagi kalian yang memang belum tau, langsung dicoba deh tar malem misalkan insomnianya kambuh!

Berdasarkan penelitian pada tahun 2018 yang dilansir kompas.com, jus ceri tart dapat meningkatkan waktu tidur selama 84 menit. Namun, itu jika kalian teratur meminumnya ya sahabat explorer, sehari 2x selama 2 minggu. Jika kalian memang berencana traveling dan memiliki insomnia, dari jauh-jauh hari sudah mulai coba mengkonsumsi minuman yang satu ini ya sahabat explorer, cara membuatnya juga gampang kok, dan rasanya juga asam manis seperti buahnya!

Namun, bagi kalian yang sudah keburu traveling dan baru membaca artikel ini, kami sih menyarankan untuk meminum susu hangat saja. Kalian bisa minta di room service hotel, jika tidak ada kalian bisa ke warung terdekat. Beli susu bubuk sachet saja sudah cukup kok, langsung seduh dengan air panas, dan minum sampai habis selagi hangat. Dijamin gak lama kalian bakalan ngantuk deh. Gak percaya? Silahkan dicoba aja dulu sahabat explorer!

3. Olahraga Ringan

tips mengatasi insomnia - yoeplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : senamsehat

Tips mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah olahraga ringan. Bisa jadi kalian memang terkena insomnia tuh karena memang kurang gerak atau olahraga. Dengan demikian, metabolisme dan peredaran darah dalam tubuh itu tidak lancar. Cobalah mulai berolahraga, dengan berolahraga pola tidur kalian akan teratur pastinya.

Kalian bisa melakukan berbagai macam olahraga ringan seperti Jogging, Push Up, Sit Up, dan lain-lainnya hanya untuk merenggangkan tubuh dan melancarkan aliran darah. Kalian bisa melakukan ini di pagi hari, sehingga saat malam kalian akan merasa lebih cepat ngantuk. Kalian juga bisa melakukan kegiatan ini di sore hari, jadi biar abis olahraga kalian bisa mandi dan coba langsung tidur lebih awal deh sahabat explorer!

4. Berenang

tips mengatasi insomnia - yoeplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : go-dok

Tips mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah berenang. Tentu saja aktivitas yang satu ini akan lebih baik jika kalian lakukan di sore atau malam hari untuk menghilangkan insomnia. Memang terasa sangat menyenangkan saat kita berenang, namun efeknya juga sangat baik bagi kesehatan loh sahabat explorer.

Banyak gerakan yang kalian lakukan saat berenang yang secara tidak sadar itu dapat melancarkan aliran darah, mengencangkan otot dan efek positif yang lainnya. Tentunya kegiatan yang satu ini sangat baik bagi pernapasan kalian, dan tentunya dapat membuat pola tidur berubah. Olahraga ini memang tidak ada keringat, wajar saja karena kalian berada di dalam air, namun capeknya setelah itu sangat terasa.

Efek dari kelelahan tersebut lah yang pada akhirnya memancing rasa kantuk, dengan demikian kalian bisa langsung terlelap tidur setelah beberes-beres.

Kalau kalian menginap di hotel, biasanya kan ada kolam renang nih, kalian bisa langsung berenang deh pas sampai di hotel. Dijamin ngantuk malemnya!

Liburan Bersama Keluarga Bebas Insomnia!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa kalian lakukan saat sedang traveling. Karena traveling itu harus cukup tidur, maka jangan biarkan insomnia menghantui kalian ya. Saat sudah mulai terasa tidur kurang maksimal, maka kalian coba salah satu tips yang ada di atas ya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share cerita atau pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar